Apakah boleh asam salisilat ditambahkan pada bentonit, masker wajah tanah liat untuk mengatasi jerawat?

Dilihat 2,04 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Permasalahan pada kulit wajah terkadang bisa membuat kita merasa kurang percaya diri. Kulit wajah akan sangat mempengaruhi penampilan kita karena wajah adalah penampilan pertama yang dilihat orang lain. 


Salah satu permasalahan kulit yang sering kali merepotkan kita adalah jerawat. Seperti yang kita tahu, jerawat bisa timbul karena faktor hormonal yang terjadi dalam tubuh kita, terutama saat reaksi masa pubertas ataupun menstruasi pada wanita. 


Jika jerawat sudah terlanjur muncul di permukaan kulit wajah, anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali perawatan alami yang bisa anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat. Salah satu perawatan tersebut adalah mengaplikasikan masker untuk jerawat yang terbuat dari bentonit


Untuk lebih jelasnya mari simak manfaat dan kelebihan bentonit!


Masker bentonit


Masker Bentonit untuk Jerawat


Bentonit merupakan kelompok besar dari tanah lempung atau tanah liat. Nama bentonit sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1890 untuk mengidentifikasi mineral yang bersifat plastis yang ditemukan di Amerika Serikat. 


Tanah ini sangat berkhasiat sebagai masker untuk jerawat karena memiliki kandungan debu vulkanik, kaya mineral, dan mengandung silika sebanyak 61,4 persen. 


Sejak dulu, lempung bentonit memang dipercaya untuk menghilangkan jerawat dan digunakan sebagai masker wajah. Khasiat bentonit untuk menghilangkan jerawat adalah salah satu dari keuntungan menggunakan masker tanah liat


Selain itu, kandungan mineral yang tinggi dan sifat detoksifikasi dalam lempung bentonit dapat membuat kulit lebih sehat dan juga cantik. 


Mengatasi Jerawat


Beberapa manfaat bentonit untuk perawatan kulit wajah adalah sebagai berikut:


1. Mengobati Jerawat


Jerawat disebabkan oleh kelebihan produksi sebum (aktivitas kelenjar minyak) pada kulit. Jika sebum terlalu banyak menumpuk pada, pori-pori kulit menjadi tersumbat dan jerawat akan muncul. 


Faktanya, orang yang memiliki banyak jerawat di wajahnya memiliki sebum tiga kali lebih banyak dari pada orang yang memiliki kulit wajah yang mulus. Dari hal ini kita bisa menyimpulkan bahwa jerawat ternyata akan beresiko semakin meluas jika tidak diobati dengan benar. 


Lempung bentonit sangat bagus sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat. Masker lempung bentonit bisa menyerap sebum yang berlebihan pada permukaan kulit.



2. Mengobati Infeksi Kulit Akibat Jamur


Selain dapat mengobati jerawat dengan cara mengurangi produksi sebum di kulit wajah, masker bentonit juga berkhasiat untuk mengobati gejala infeksi akibat jamur. 

Beberapa permasalahan infeksi kulit akibat jamur di antaranya seperti gejala eksim dan juga psoriasis. 


Berdasarkan penelitian dalam Journal of General Microbiology menyatakan bahwa jamur akibat infeksi memiliki muatan positif sedangkan bentonit bermuatan negatif sehingga bentonit sangat cocok untuk menyembuhkan infeksi jamur dengan cara menyerap jamur penyebab infeksi.


Menghaluskan Kulit Wajah

3. Melembutkan Kulit


Jika anda secara rutin melakukan perawatan dengan menggunakan masker bentonit, dijamin kulit anda akan lembut dan juga halus. Lempung bentonit memang memiliki khasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit. 


Selain itu, kandungan silika dalam bentonit juga berperan untuk mengembalikan keremajaan kulit anda. Silika adalah mineral yang memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa membuat kulit anda lebih lembut dan lebih elastis.



4. Mencerahkan Kulit 


Salah satu kelebihan yang dimiliki bentonit adalah dapat mencerahkan kulit. Selain dapat menghilangkan jerawat di kulit wajah anda, masker bentonit juga dapat membuat kulit anda lebih bersinar. 


Hal ini disebabkan karena bentonit berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit. Saat anda menggunakan bentonit sirkulasi darah terutama di bagian wajah akan menjadi lebih lancar sehingga dapat membuat kulit wajah anda lebih cerah berseri.



5. Mengecilkan Pori-pori


Membesarnya pori-pori pada kulit akan menjadi penyebab munculnya beberapa permasalahan kulit, karena pori-pori yang terbuka lebar adalah peluang bagi kotoran dan kuman masuk ke dalam kulit dengan mudah. 


Selain itu, masker bentonit juga bisa mengencangkan permukaan kulit sehingga kulit terasa lebih kenyal, segar, dan elastis. 


Namun walaupun bentonit sangat bagus untuk kesehatan kulit, anda tetap harus memperhatikan pemakaian masker wajah yang baik, salah satunya adalah tidak menggunakannya terlalu sering.


Membuat obat jerawat sendiri


Selain bentonit yang dikenal sebagai zat ampuh untuk mengobati jerawat adalah asam salisilat (salicylic acid). 


Asam salisilat memang banyak terkandung dalam produk-produk perawatan wajah karena manfaatnya yang bagus terutama untuk mengatasi permasalahan jerawat. 


Tetapi bagaimana jika kita melakukan pencampuran antara asam salisilat dengan bentonit? 


Hal ini belum bisa dikatakan sebagai ide yang bagus walau mungkin menurut logika bisa mangatasi jerawat lebih cepat. 


Tetapi hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, diperlukan dukungan para ahli untuk melakukan penelitian mengenai penggabungan kedua bahan tersebut.


-


Itulah beberapa manfaat dari bentonit yang sangat berkhasiat untuk mengatasi jerawat di kulit wajah. Bentonit merupakan masker wajah terbaik yang berkhasiat untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit dan bisa mengembalikan keremajaan kulit. 


Selain bentonit, kita juga mengenal asam salisilat yang sama ampuhnya untuk mengatasi jerawat dengan cepat. Meskipun demikian, jangan digabungkan sembarangan karena belum ada pembuktian bahwa bahan-bahan tersebut dapat digunakan sebagai masker untuk jerawat yang aman. 


Jika anda memiliki jerawat berlebih dan masih ragu-ragu, sebaiknya hubungi dokter spesialis kulit anda terlebih dahulu sebelum melakukan langkah yang selanjutnya. Semoga berhasil!

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang