Apakah IDR 11.5 juta itu gajinya sudah termasuk bagus di Jakarta, Indonesia?

Dilihat 264 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Aku akan buat asumsi berdasarkan informasi profilmu: 29 tahun, ditawarkan untuk kerja di perusahaan pemula. Berita bagusnya itu, IDR 11.5 juta itu sudah termasuk jumlah yang bagus kalau kamu single, bahkan di Jakarta. Kamu bisa mendapatkan tempat kos yang bagus di area kota. Mencari tempat kos yang jaraknya dekat dengan kantormu (kalau bisa berjalan kaki aja) untuk meminimalkan biaya transportasi, makan nasi rames di warteg atau masak sendiri, sesekali malam akhir pekan, tidak terlalu banyak Starbuck atau restoran makan malam, kamu akan masih bisa menyimpan 30%-40% gaji bulananmu.

Berita buruknya, aku punya tempat yang merupakan pendiri atau bergabung di perusahaan pemula, dan aku sendiri waktu itu dicari-cari oleh perusahaan pemula. Dari pengalaman ini, aku bisa bilang kalau figurnya itu hanya sedikit dibawah normal penawaran gaji untuk seseorang  dengan pengalaman kerja 3-5 tahun, anggap kalau perusahaan itu pertumbuhanya bagus. Yang kudengar gajinya itu sekitar IDR 15 - 20 juta dengan pengalaman kerja mu. Oke, jadi gajimu itu sedikit dibawah dugaan, mungkin kamu harus pertimbangkan tawarannya? Lagi, gaji itu bukan semuanya, terutama kalau kamu masih hidup nyaman. Kamu mungkin ingin mempertimbangkan hal-hal dibawah ini untuk mengkompesasi gaji:

  • Apakah perusahaan itu bertumbuh secara bertahap? Kamu boleh bertanya pada pendiri perusahaanmu tentang proyeksi pertumbuhan perusahaan
  • Apakah kamu dapat bagian dari pemulaian perusahaan itu?
  • Apakah kamu akan belajar cukup kalau kamu bekerja di perusahaan pemula itu?

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang