Apakah ikan Koi dapat dimakan?

Dilihat 2,62 rb • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ikan koi termasuk salah satu ikan yang paling banyak dibudidayakan. Ikan koi ini juga termasuk salah satu ikan dengan harga jual yang cukup stabil. Banyak orang yang memilih untuk membudidayakan ikan koi atau yang sering juga kita sebut dengan ikan mas koi karena animo pembeli terhadap jenis ikan ini  masih besar. Bahkan harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah. Wow! (Baca juga: Harga ikan koi 7 juta rupiah)




Jika kamu termasuk salah satu yang memelihara ikan koi, pasti pernah mengalami ikan koi atau ikan mas koi yang kita pelihara mati. Padahal umur hidup ikan koi atau ikan mas koi ini tergolong cukup panjang, yaitu rata-rata 70 tahun. Sehingga dengan perawatan yang benar, ikan ini bahkan bisa jadi teman seumur hidup kita


Kematian ikan koi atau ikan mas koi ini bisa saja terjadi karena beberapa hal, antara lain:


1. Pestisida, hal ini bisa terjadi terutama ketika air yang digunakan untuk budidaya berasal dari selokan, atau air hujan yang melewati atap yang mengandung racun berbahaya.


2. Karena kurangnya perawatan terhadap kolam sehingga kolam menjadi kekurangan oksigen.


3. Parasit dan penyakit yang menyerang ikan koi atau ikan mas koi. (Lihat: Penyakit pada ikan koi), dan beberapa penyebab lainnya. 


Lalu, jika ikan koi peliharaan kita mati, apa bisa kita makan seperti ikan lainnya?


Bisa saja, karena ikan koi atau ikan mas koi tetap layak dimakan bila diolah dengan benar. Tentu saja bagi beberapa orang, memakan ikan peliharaan sendiri rasanya pasti tidak tega. Beberapa orang yang pernah mengolah masakan dari ikan koi ini mengatakan bahwa daging ikan koi kurang begitu lezat, tidak seperti ikan lainnya. Maklum saja, ikan koi memang tujuan awalnya bukan untuk dikonsumsi. (Baca disini untuk resep masakan ikan koi)


Jadi jika ikan koi peliharaan kamu ada yang mati, kamu bisa memanfaatkan dagingnya menjadi bahan masakan. Tapi, apa kamu tega memakannya?

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang