Apakah Indonesia benar-benar sebuah negara demokrasi meski ada larangan untuk partai-partai tertentu?

Dilihat 404 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Tentu saja Indonesia merupakan negara demokrasi. Tapi kalau pertanyaan kamu adalah apakah Indonesia sudah memberikan jalan bagi kebebasan, jawaban saya adalah belum. Demokrasi merupakan sebuah sistem pemeritahan dimana orang - orang yang tidak memiliki pengalam khusus dalam pemerintahan dapat memberikan suara dan mempengaruhi diskusi. Seringkali terdapat batasan mengenai siapa saja yang dapat memberikan suara, pihak mana yang dapat berpartisipasi, meskipun begitu kita tetap menganggap hal ini sebagai demokrasi kecuali jika terdapat sejumlah besar rakyat yang diabaikan.


Memang bisa dikatakan bahwa garis pembatasnya agak kabur. Kita ambil contoh saja di Spanyol yang sering dianggap sebagai pemerintahan yang demokratis meskipun sebenarnya bentuk kepemerintahannya adalah monarki. Di Spanyol, banyak pihak - pihak yang dibatasi partisipasinya dalam politik, misalnya golongan komunis dan regional. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. 


Indonesia masih sering menghadapi masalah dalam hal toleransi dan budaya politiknya juga masih menyedihkan. Karena itulah pada Indeks Demokrasi, Indonesia digolongkan sebagai negara dengan demokrasi yang cacat. Pemilihan umu memang diadakan dan bisa dibilang berlangsung cukup adil, tapi masih banyak rakyat yang tidak peduli pada arah dari pemerintahan, merasa tidak mampu untuk melakukan perubahan apa - apa, atau bahkan tidak percaya dengan yang namanya demokrasi. Jadi masalah sebenarnya adalah rakyat yang pasif dan tidak berpengalaman dalam hal demokrasi.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang