Apakah Indonesia mirip India?

Dilihat 441 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Indonesia dan India sudah memiliki hubungan yang baik sejak lama. India dan Indonesia adalah negara bertetangga. Kawasan Andaman dan Kepulauan Nikobar India berbatasan langsung dengan wilayah maritim Indonesia di sepanjang Laut Andaman.  Hubungan antara India-Indonesia telah terjalin sejak dahulu kala, selama hampir dua ribu tahun lamanya. 

Tapi, apakah Indonesia dan India itu mirip? Mau tahu jawabannya? Baca terus sampai akhir, ya!




Apakah Indonesia dan India itu Mirip?

Jawaban cepat dan pendek, ya, Indonesia mirip dengan India, bahkan bisa dibilang kalau India dengan Indonesia itu seperti saudara. Balaji dkk mengutarakan kesamaan ekonomi, budaya, dll. Bahkan nama-nama di India mirip dengan Indonesia. Ada kesamaan budaya dan religi yang akan ku jelaskan.
   

Orang India pikir Indonesia adalah negara mayoritas Muslim, India tidak, itulah sebabnya Pakistan pisah. Tapi dosenku bilang begini: "Indonesia didasari dua budaya: India dan Cina. Islam datang setelah mereka, lalu VOC. Sebelum Islam masuk, kenyataannya berbeda seperti sekarang."

Dulu Indonesia didominasi Hindu - Budha (daerah timur animisme). Di pulai Jawa kita bisa melihat masa lalu lewat kakawins atau kisah puisi lewat bahasa jawa kuno. Bahasa yang di ilhami bahasa India adalah bahasa Sansekerta. Di Wiki disebut kalau bahasa Jawa kuno 25% isinya diserap dari Sansekerta. Ini contohnya:
"pūrwaprastuti ning kathā hana sira dwija taruņa suśīla subrata śişyâgastya sira prakāśa karěngö kasutapan ira nora tan wruha khyātîng rāt Tŗņawindu nāma pinakesi ning ujar-ujar ing kadewatan sakweh ning hyang anangśayê hyuna nirângaděha ri pangaděg Surādhipa." 
       

Pada mulanya ada brahmin muda yang bersumpah. Murid Agastya, ahli meditasi. Semua tahu dia dengan nama Trnawindu. Dewa-dewa membicarakannya karena takut dia akan melawan Indra, raja segala dewa. (Kakawin Sumanasantaka 1.3, oleh Mpu Monaguņa). 

Kamu lihat kalau petikan puisi diatas bercerita mengenai masa lalu sebelum Islam. Nama gunung di inspirasi dari India Kakawin Arjunawiwaha, Arjuna bersemedi di kaki gunung Mahameru. Dalam kitab Sutasoma, sumber slogan negara, pangeran Budha meniinggalkan kehidupan untuk mencari pencerahan di kaki gunung Mahameru.

Dalam kosmologi India, Gunung Meru dianggap sebagai pusat dunia fisik, spiritual, metafisika. Kita juga punya gunung Semeru yang merupakan tujuan wisata.

        


Update: aku baru baca Wikipedia tentang Gunung Semeru dan ada cerita lama tentang pulau Jawa yang mengapung lalu di paku oleh dewa supaya tetap diam. Wisnu datang menjadi kura-kura dan Brahma sebagai ular. Mereka meletakkan gunung di sebelah barat tapi pulaunya berputar, lalu mereka mencoba ke timur dan sama saja. Jadilah mereka membelah gunung itu dan meletakkan masing-masing menjadi gunung Pananggungan.

Setiap 8 dan 12 tahun orang Hindu Bali akan menyembah dewa di gua Widodaren. Pada pulau lain ada juga jejak peninggalan India, patung Budha di Amaravati dari abad ke 2-5. Ada pekakas India di desa Ara yang ada di Sulsel, yang menjadi titik pusat perdagangan dari jawa, sumatra, vietnam, sri lanka dan india.

Pagelara wayang menggunakan cerita Mahabharata sebagai pertunjukkan. Saat ini telenovela Kuch Hota Hai, Baalveer, Veera, Kaali Dan Gauri, Anandhi, Ashoka, Uttaran menjadi populer dan disukai di Indonesia.

Baca juga:
Pendapat orang India terhadap orang Indonesia
Alasan orang-orang India lebih kaya dari orang Indonesia
Apa Indonesia bisa menyeimbangi PDB India nantinya?

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang