Apakah infeksi saluran kencing menular?

Dilihat 25,8 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mungkin kamu menanyakan hal ini karena pasanganmu terkena infeksi saluran kencing dan kamu khawatir bahwa kamu juga akan terkena infeksi ini jika berhubungan dengannya. Karena bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kencing hidup di dalam saluran cerna, satu-satunya cara penyebaran dari masalah kesehatan ini memang melalui hubungan seksual. 


Tapi itu bukan berarti bahwa jika pasanganmu terkena infeksi saluran kencing kamu pasti akan tertular. Di sini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini.


Secara definisi, sebuah penyakit dianggap sebagai menular jika penyakit tersebut dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Perpindahan tersebut dapat melalui udara (seperti TB atau virus lainnya), melalui kontak fisik dengan kulit orang yang terinfeksi, air liur, atau cairan tubuh (seperti melalui hubungan seksual), melalui darah (seperti transfusi darah dari orang yang terinfeksi hepatitis - suatu hal yang jarang terjadi karena biasanya darah akan di cek sebelum ditransfusi), dsb.



Gejala Infeksi Saluran Kencing


Infeksi saluran kemih yang juga sering disebut Infeksi saluran kencing merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang terjadi pada bagian saluran kemih. Infeksi saluran kencing disebabkan oleh bakteri E. Coli. Infeksi ini memang dapat menular ke pasangan, sama seperti infeksi-infeksi lain yang disebabkan oleh bakteri.



infeksi saluran kemih


Pada anak-anak dan orang lanjut usia, gejala mungkin tidak terlalu tampak. Gejala infeksi saluran kencing pada anak-anak biasanya hanya berupa gejala demam.  


Pada orang lanjut juga biasanya gejalanya tampak sebagai kelelahan, perubahan keadaan mental, dan inkontinensia (hilangnya kontrol kandung kemih). Bahkan infeksi saluran kencing juga dapat menyebabkan hilang ingatan secara tiba-tiba. 


Sementara itu, gejala infeksi saluran kencing yang umum terlihat pada orang dewasa antara lain desakan untuk buang air kecing atau sering buang air kecil (atau keduanya), perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, nyeri panggul dan demam.



Penularan Infeksi Saluran Kencing


Sehubungan dengan pertanyaanmu, apakah infeksi saluran kencing menular? Mungkin kamu bertanya-tanya, jika kamu berhubungan seksual dengan pasanganmu yang terkena infeksi saluran kencing, apakah kamu juga akan terkena infeksi ini?


Infeksi saluran kemih memang bisa ditularkan melalui hubungan seksual.


Misalnya infeksi saluran kencing bisa menular kepada pasangan, setelah menikah, karena frekuensi berhubungan seksual yang cukup sering. 

Meski demikian, kemungkinannya kecil. Karena bakteri-bakteri tersebut sebagian besar bersarang di dalam saluran kencing dan kandung kemih. 

Ketika pasanganmu buang air kecil atau ejakulasi, mungkin saja bakteri-bakteri tersebut akan terlepas. 


Tapi sangat kecil kemungkinan kamu akan terkena infeksi saluran kencing juga, kecuali kalau bakteri tersebut berada dekat dengan pembukaan saluran kencingmu. Selain itu, kalau kamu langsung buang air kecil setelah berhubungan seks, hal tersebut akan membantu dalam mencegah infeksi saluran kencingWanita lebih rentan terkena infeksi saluran kencing karena saluran uretra wanita lebih pendek.


gejala infeksi saluran kemih

Cara yang paling umum seorang wanita terkena infeksi saluran kencing adalah melalui jalur naik, misalnya bakteri berasal dari vagina atau bahkan anus, dimana tempat tersebut biasanya tidak terkena infeksi, dan kemudian naik ke saluran kencing lalu ke kandung kemih (dimana bakteri dapat menyebabkan infeksi). Bukan air kencing yang menyebabkan infeksi saluran kemih pada pria, melainkan cairan di sekitar vagina yang mungkin akan perpindah ke urethal meatus (bukaan) dan dari situ, naik ke saluran kencing atas lalu ke kandung kemih atau bahkan ke prostat. Ini merupakan cara yang sama seperti infeksi penyakit menular seksual ditularkan.



Diagnosa dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih


Dalam menentukan diagnosa infeksi saluran kemih, biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti tes darah dan urin, pemeriksaan sistokopi, CT scan dan juga USG. Sama seperti penyakit lainnya, infeksi saluran kemih bisa berupa infeksi kronis maupun akut. Infeksi saluran kemih dapat diobati, meskipun hal tersebut tidak berarti bahwa infeksi tidak akan pernah terjadi lagi. 


Penyembuhan infeksi saluran kemih untuk infeksi yang akut dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan antibiotik yang diberikan oleh dokter. Selain itu dokter juga mungkin akan memberikan obat pereda rasa sakit atau penurun panas untuk meredakan gejala-gejala yang timbul. Sedangkan untuk infeksi saluran kemih kronis biasanya akan dilakukan perawatan untuk menghindari munculnya gejala. 


pengobatan infeksi saluran kencing

Jadi jawaban untuk pertanyaanmu adalah infeksi saluran kencing memang bisa menular melalui hubungan seksual tapi kemungkinannya sangat kecil sekali dan frekuensi hubungan seksual yang dilakukan juga turut mempengaruhi hal tersebut. 


Meski demikian, pada wanita yang sudah memasuki masa menopause, hubungan seksual tidak mempengaruhi resiko mereka terkena infeksi saluran kemih.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang