Mengapa jumlah film action sekarang ini lebih sedikit dari jumlah film action tahun 1980-1990an?

Dilihat 922 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Film action merupakan genre film paling populer. Sejak dulu genre satu ini tidak pernah habisnya menyuguhkan berbagai macam film action, terutama film barat yang bagus. Film action barat yang kita ketahui memiliki sederet daftar film bagus, selalu memanjakan penggemarnya dengan berbagai macam film action yang menggugah penonton dengan jalan cerita yang menarik dan seru, tak lupa juga dengan efek yang ditampilkan.


Kita selalu tahu tentang daftar film bagus yang dirilis beberapa tahun terakhir ini, namun bagaimana tentang film action tahun '80-'90-an? Berbicara tentang film action tahun '80 atau '90-an, tentu saja banyak perbedaan dari film-film action baru yang kita pernah tonton beberapa tahun belakangan ini, terutama dari segi efek yang ditampilkan. Jika menyinggung tentang efek, tentu saja hal ini merupakan pembeda yang paling menonjol mengingat perbedaan teknologi antara waktu itu dan sekarang.


Kalau kita perhatikan lagi, jumlah film barat yang bagus antara tahun '80-'90an dengan film barat sekarang ini, anda bisa lebih banyak menemukan film action tahun '90an daripada film action sekarang ini


Anda pasti bingung dan bertanya-tanya kenapa bisa demikian? Di bawah ini, saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda tentang hal ini, simak hingga akhir ya.



Alasan Dari Jumlah Film Barat yang Bagus Tahun '80-'90an


Menurut pendapat saya pribadi, melihat perkembangan film sekarang ini dengan film zaman-zaman sebelumnya tentu saja banyak sekali perbedaannya, terutama pada bagian efek visual mengingat perbedaan teknologi yang begitu signifikan sehingga jika kita berbicara tentang perkembangan dibidang ini hal tersebut terlihat dengan sangat jelas. 


Namun bukan berarti kualitas film action barat sekarang ini lebih buruk daripada film action tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja tidak.


Jika kita perhatikan lagi, ada banyak film action baru-baru ini yang levelnya tidak setara dengan film-film tahun sebelumnya, ada beberapa film yang bisa dikatakan bagus walaupun tidak bisa dibilang semua film dari tahun-tahun ini dikatakan bagus, namun bukan berarti saya membenarkan pandangan bahwa film action classic tahun '80an-'90an jauh lebih baik.


Hal ini kembali lagi mengenai pendapat kita tentang bagaimana kriteria film action yang bagus itu seperti apa. Setiap periode film yang ditayangkan memiliki kriteria yang berbeda pula. Contohnya, dialog dan narasi film action tahun '80an dan '90an sudah sangat bagus, namun efek yang diberikan dari film tersebut bisa dibilang buruk untuk standar film masa kini. Jadi jika kita menilai dari ukuran efek visual, jelas film modern lah yang lebih unggul.


Untuk beberapa hal seperti hal-hal yang berbau science dalam film modern terkesan sangat luar biasa karena perkembangan teknologi lah yang membuat semua itu terjadi. Adegannya secara visual terlihat lebih menarik, tapi hal ini juga membuat beberapa adegan terkesan kurang natural daripada film action tahun sebelumnya saat belum menggunakan CGI. Karena kita telah memiliki kemajuan dalam bidang teknologi yang fantastis pada VFX, sutradara film pada umumnya tampak mengandalkan teknologi itu ketimbang menciptakan film dengan substansi nyata (oleh karena itu alasannya orang-orang komplain tentang film-film dengan efek visual). 


Akan tetapi, efek visual telah membuat cara yang luar biasa untuk meningkatkan pendapatan pada film-film action yang tak pernah mungkin dilakukan sebelumnya.


Ada juga masalah dari banyaknya aktor-aktor tahun 80an dan 90an sekarang ini usianya sudah lebih dari 50 tahun. Kami tidak pernah memiliki aktor yang benar-benar bagus (setidaknya di Amerika) yang bisa menggantikan tempat mereka....menurut opini saya. Namun di satu sisi, film asing sepertinya tidak mengalami kelangkaan itu. Beberapa film action yang baru-baru ini datang dari Eropa dan Asia sudah mampu mengatasi kelangkaan yang kita alami di negara ini. 


Beberapa yang mungkin bisa anda lihat pada bagian film asing antara lain:



  • The Man From Nowhere (2010)

    galena film action the man from nowhere

The Man From Nowhere merupakan sebuah film laga thriller dari Korea yang saya tonton beberapa saat yang lalu. Film ini merupakan film laga sukses dan populer di tahun perilisannya. Bercerita seputar seorang agen khusus, Taesik (Wonbin) yang sedang memulai kehidupan barunya dengan membuka sebuah usaha pegadaian. 


Tapi ia terpanggil kembali untuk melakukan pekerjaannya saat seorang gadis kecil yang merupakan sahabat dekatnya diculik oleh komplotan mafia dan komplotan mafia yang telah menyiksa sang ibu dari gadis, Hyejeong, sampai merenggut nyawa sang ibu. Diketahui bahwa Hyejeong adalah seorang pecandu narkoba yang berurusan dengan komplotan mafia tersebut karena kedapatan mencuri narkoba dari komplotan tersebut. Untuk menyelamatkan Somi, Taesik harus mencari dan melawan anggota komplotan mafia tersebut. 


  • The Returner (2002) 
galena film action the returner

Film ini merupakan sebuah film bergenre action/sci-fi dari Jepang yang bagus dan menarik untuk anda saksikan. Kisah The Returner ini berawal dari tahun 2084 dimana umat manusia berada diambang kepunahan karena kehadiran bangsa alien yang dikenal dengan nama 'Daggra'. 


Milly, seorang gadis yang berangkat ke masa lalu dengan satu misi yaitu untuk mengubah masa depan dengan cara menyingkirkan keberadaan Daggra. Milly tiba di tahun 2002, bertemu dengan seorang hitman bernama Miyamoto yang saat itu sedang menangkap seorang ketua mafia, Mizoguchi namun kabur setelah kedatangan Milly. Miyamoto membawa Milly bersamanya karena mengira sang gadis terluka akibat tak sengaja tertembak. 


Namun Miyamoto malah berakhir diancam oleh Milly untuk membantu misinya mencari pesawat alien dan mengancamnya adengan menempelkan sebuah bom kecil di lehernya. Akhirnya mereka berdua pun saling bekerja sama membantu satu sama lain yaitu menemukan pesawat alien yang merupakan sasaran dari target Miyamoto, yaitu Mizoguchi beserta anggota komplotannya. 


  • District 13 (2004)


District 13 merupakan film asal Prancis yang mengembalikan unsur action pada film-film action. Film ini terkenal akan unsur parkour dalam beberapa adegan laga yang dilakukan tanpa menggunakan tali ataupun unsur efek komputer. David Belle yang dikenal sebagai penemu parkour bermain sebagai Leïto, salah satu tokoh utama protagonis film ini. Kisah film ini bercerita tentang seorang pria yang terjebak dalam sebuah sektor dari kota yang tanpa hukum yang dinamakan District 13. Seorang polisi diutus untuk menyamar agar menyelamatkan District 13 dari ancaman, tapi ternyata ia memiliki tujuan tersendiri di district tersebut.



  • Cell 211 (2009) 
galena film action cell 211

Film ini merupakan film asal Spanyol yang dirilis pada tahun 2009. Tanpa disangka film ini mendapat berbagai respon positif dari para penontonnya. Bahkan mendapatkan sebagian penghargaan besar dari program penghargaan film di Spanyol. 


Cell 211 ini mengisahkan tentang seseorang bernama Juan Oliver yang mendapatkan pekerjaan sebagai petugas penjara dan ingin membuat kesan yang baik di tempat kerjanya tersebut, bahkan rela meninggalkan Elena―istrinya yang sedang mengandung sendirian di rumah. Insiden mulai terjadi ketika ia kehilangan kesadarannya saat sedang melakukan tur keliling penjara. Ia kemudian di buru-buru dibawa ke sebuah bagian penjara yang kosong dan terlihat angker yang disebut dengan Cell 211. 


Setelah pengalihan tersebut berhasil, para narapidana tersebut mengambil alih penjara tersebut dan kabur dari sana. Sadar akan keributan yang tengah terjadi, para petugas penjara yang lainnya kabur dan meninggalkan Juan yang tengah tak sadarkan diri ditengah-tengah kerusuhan tersebut. Saat Juan sadarkan diri, ia langsung mengerti situasi yang tengah terjadi, dan satu-satunya cara ia bisa lolos dari keributan tersebut adalah dengan pura-pura menjadi salah satu narapidana di sana.


-


Itulah beberapa alasan dari banyaknya jumlah film action tahun '80an dan '90an. Sebagian dari kita mungkin sedikit sulit untuk menerima bagaimana jumlah kualitas film action tahun '80an bisa lebih banyak daripada film yang rilis beberapa tahun belakangan ini. Namun jika anda menyaksikan beberapa film tahun '80an dan '90an mungkin anda bisa sedikit mengerti mengapa film era tersebut memiliki feel action yang tidak dimiliki film action zaman sekarang. Semoga informasi ini dapat membantu anda ^^


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang