Apakah kacamata memperburuk penglihatan?

Dilihat 2,55 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mata adalah salah satu organ penting dalam kehidupan manusia. Dari mata kita bisa melihat sesuatu dari pantulkan cahaya kepada benda yang kita lihat. Mata disebut juga sebagai indra vital yang keberadaannya sangat berarti bagi manusia. 


Di samping itu, mata juga sangat sensitif akan beberapa faktor yang datang dari luar tubuh ataupun dari dalam tubuh. Kita mengenal beberapa gangguan mata yang bisa diakibatkan oleh manusia sendiri. 


Gangguan mata lebih sering diakibatkan oleh beberapa faktor kebiasaan buruk manusia seperti sering berada di depan komputer, sering menonton televisi dengan jarak yang dekat, atau membaca di tempat yang minim cahaya. 


Untuk itu, penting sekali untuk mengetahui cara merawat mata yang tepat agar kesehatan mata kita selalu terjaga. Beberapa permasalahan mata yang dialami oleh banyak orang seperti rabun jauh, rabun dekat, astigmatisma, dan masih banyak lagi. 


Terkadang kelainan pada mata ini membuat kita kerepotan, karena pengelihatan yang kurang jelas membuat kita tidak fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari.


Pentingnya kesehatan mata


Pengertian Mata Minus


Mata minus (miopi) adalah salah satu gangguan mata yang merupakan sebuah kondisi pengelihatan yang tidak jelas ketika melihat objek yang jauh, sedangkan untuk melihat benda yang dekat mata masih bisa melihat secara normal. 


Mata minus juga merupakan gangguan mata yang dikenal sebagai rabun jauh dimana penderitanya kesulitan untuk melihat objek jauh secara jelas. Perkembangan mata minus bisa saja terjadi secara perlahan namun bisa juga terjadi dengan cepat. Biasanya kita sering menjumpai beberapa orang yang terus bertambah ukuran minus pada matanya. 


Bisa saja minus mata bertambah parah bila diderita oleh anak-anak yang matanya masih dalam tahap pertumbuhan sehingga semakin bertambah umurnya biasanya ukuran minus matanya akan semakin bertambah juga. 


Sedangkan pada seseorang dengan usia 18-40 tahun perkembangan mata minus cenderung lebih stabil. 


Mata minus

Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh orang yang menderita mata minus seperti tidak bisa melihat benda jauh secara jelas, biasanya diikuti oleh sakit kepala karena memaksakan mata untuk melihat benda jauh, tidak kuat melihat benda yang terang seperti lampu atau cahaya matahari, dan masih banyak lagi gejala lainnya. 


Jika anda merasakan gejala tersebut namun anda masih belum mempunyai kacamata segeralah periksakan mata anda ke dokter mata untuk melihat seberapa besar minus mata yang anda alami. Hal ini untuk mencegah mata minus anda bertambah parah karena gangguan mata akan bertambah parah jika tidak memakai kacamata


Ya, salah satu solusi untuk membantu seseorang yang memiliki mata minus adalah menggunakan alat bantu pengelihatan berupa kacamata. Kacamata memang selalu menjadi andalan yang membantu para penderita gangguan pengelihatan untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari seperti membaca ataupun bekerja. 


Fungsi kacamata


Apakah Kacamata Memperburuk Pengelihatan?


Kacamata terdiri dari lensa tipis yang berguna untuk menormalkan atau untuk mempertajam pengelihatan pemakainya. 


Beberapa gangguan mata yang dapat menggunakan kacamata adalah gangguan rabun jauh atau mata minus, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau rabun tua, dan juga penderita astigmatisma atau silinder. Tentu saja penggunaan jenis kacamata akan berbeda pada setiap jenis gangguan mata tersebut. 


Namun ada anggapan bahwa penggunaan kacamata bisa memperburuk pengelihatan, apakah itu benar? 


Jawabannya adalah, anggapan itu salah. 


Kacamata adalah alat bantu pengelihatan bagi penderita gangguan pengelihatan untuk dapat melihat dengan jelas. Pengelihatan anda hanya akan bertambah buruk jika menggunakan kacamata dengan resep yang salah, untuk itu pastikan bahwa anda memeriksakan mata anda ke dokter mata yang ahli. 


Penggunaan kacamata pada mata minus adalah salah satu cara merawat mata dari pertambahan minus yang lebih parah lagi. Hal ini terjadi karena penggunaan kacamata yang sesuai bisa membantu meringankan beban otot mata kita agar terhindar dari mata lelah. 


Namun, perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan kacamata juga tidak bisa menyembuhkan mata, misalnya penggunaan kacamata minus tidak bisa menyembuhkan atau mengurangi minus mata anda. 


Jadi fungsi kacamata hanyalah sebagai alat bantu agar kita dapat melihat dengan jelas.


Mengkonsumsi makanan yang bagus untuk mata



Merawat Mata Agar Tetap Sehat


Jika sudah menyadari bahwa kacamata nyatanya memang tidak bisa menyembuhkan pengelihatan anda, maka anda harus mencari bebera cara merawat mata agar mata anda selalu sehat dan membuat gangguan pengelihatan anda berkurang. 


Bagi anda yang ingin mengetahui cara mengurangi mata minus yang anda derita, ada beberapa cara merawat mata yang bisa anda lakukan, di antaranya:

1. Mengonsumsi Makanan yang Bagus untuk Mata


Sering tidak kita sadari bahwa ternyata makanan yang sering kita jumpai mempunyai manfaat yang besar dalam memberikan nutrisi untuk mata kita. Seperti yang kita tahu bahwa wortel sangat bagus untuk mata kita karena kandungan vitamin A di dalamnya yang dianggap mampu mengurangi mata minus. 


Namun ternyata beberapa makanan lainnya juga dapat memberikan khasiat yang serupa seperti wortel diantaranya ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, tomat, dan jamur tiram. Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin A, beta carotene, omega 3, lutein, zeaxanthin, vitamin c, dan kandungan berkhasiat lainnya untuk kesehatan mata kita. 


Jadi utamakan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut setiap hari untuk mengurangi mata minus anda.



2. Melatih Mata 


Salah satu cara untuk mengurangi mata minus anda adalah dengan melatih mata. Beberapa latihan mata ini akan membuat otot mata anda terlatih untuk membiasakan diri melihat beberapa objek tertentu agar penyembuhan mata minus bisa terjadi. 


Latihan yang bisa anda lakukan seperti seringlah mengganti objek pandangan anda. Jika anda bekerja dengan komputer usahakan untuk tidak terus terpaku di depan komputer terlalu lama, untuk beberapa menit anda bisa mengalihkan perhatian mata anda pada objek lainnya. 


Latihan mata lainnya adalah anda bisa melepas kacamata anda dan melatih mata anda untuk berusaha melihat objek yang jaraknya jauh. Anda bisa melakukan hal ini dengan pergi ke puncak gunung dan melihat objek jauh dari atas agar mata terlatih untuk melihat benda jauh.


Terapi mata bagus untuk kesehatan mata


3. Melakukan Terapi Mata Selesai Beraktivitas


Usaha yang bisa anda lakukan selanjutnya untuk mengurangi minus mata anda adalah dengan melakukan terapi mata. Terapi mata ini sebaiknya dilakukan setelah anda melakukan banyak aktivitas yang berkenaan dengan mata anda. 


Selain dapat bermanfaat untuk mengurangi minus mata anda, terapi mata juga berguna untuk membuat mata anda lebih rileks. Salah satu cara terapi mata yang bisa anda lakukan adalah dengan mengompres mata anda menggunakan air hangat. 


Anda bisa mengompres mata anda dengan handuk yang telah dicelupkan pada air hangat dan tempelkan pada kelopak mata yang tertutup sampai anda merasakan rasa hangat dari handuk dan membuat mata anda rileks. 



4. Berolahraga


Cara mengurangi mata minus selanjutnya adalah dengan berolahraga. Jangan menyangka bahwa olahraga tidak bisa berpengaruh pada kesehatan mata. Ternyata olahraga juga bisa memberikan dampak bagus untuk kesehatan mata anda. 


Olahraga bisa membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga nutrisi dalam tubuh bisa tersalurkan dengan baik ke semua organ tubuh termasuk mata. 


Hal ini dapat membantu mengurangi minus mata anda karena kondisi peredaran darah yang lancar dan juga kondisi tubuh yang sehat akan membuat mata anda menjadi sehat juga.


-


Itulah penjelasan tentang keuntungan memakai kacamata yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk menjaga mata kita dari semakin memburuknya kondisi gangguan pada mata. 


Ada beberapa cara mengobati mata minus yang bisa anda lakukan. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan latihan mata untuk melatih otot mata anda. 


Selain itu, memperhatikan pola hidup sehat juga bisa mengurangi mata minus anda dengan cepat. Selamat mencoba!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang