Apakah kafein bisa meningkatkan tekanan darah?

Dilihat 835 • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kafein bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah sesaat, namun drastis, bahkan jika anda tak memiliki tekanan darah tinggi. Belum jelas apa yang menyebabkan lonjakan ini pada tekanan darah. Sebagian peneliti percaya bahwa kafein mampu menghambat hormon, sehingga membantu supaya arteri anda tetap lebar. Yang lain berpikir bahwa kafein menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan lebih banyak adrenalin, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah.


Sebagian orang yang minum minuman berkafein secara rutin memiliki rata-rata tekanan darah lebih tinggi daripada yang tidak minum sama sekali. Mereka yang rutin minum juga lebih toleran terhadap kafein. Akibatnya, kafein tidak memiliki efek jangka panjang pada tekanan darah mereka. Tampaknya kafein memiliki efek meningkatkan tekanan darah yang lebih kuat pada pria berusia lebih dari 70 tahun atau mereka yang overweight.


Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, coba tanyakan pada dokter anda apakah anda perlu membatasi atau berhenti meminum minuman berkafein. Jika anda khawatir dengan efek kafein pada tekanan darah anda, coba batasi jumlah kafein yang anda minum hingga 200 miligram per hari -- jumlah yang kira-kira sama dengan dua cangkir 12 ons (355ml) kopi.


Ingatlah bahwa jumlah kafein dalam kopi dan minuman lainnya bervariasi menurut merknya. Juga, hindari kafein saat sebelum aktifitas yang memang meningkatkan tekanan darah anda, seperti olahraga, angkat beban atau pekerjaan yang membutuhkan tenaga fisik. Untuk melihat apakah kafein mungkin meningkatkan tekanan darah anda, cek tekanan darah anda setelah 30 hingga 120 menit meminum secangkir kopi atau minuman berkafein lainnya. Jika tekanan darah anda meningkat 5 hingga 10 poin, mungkin anda sensitif terhadap efek peningkatan tekanan darah dari kafein. Jika anda berencana untuk benar-benar menghindari kafein, lakukan secara bertahap selama beberapa hari hingga seminggu untuk menghindari sakit kepala.

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang