Apakah kamu menjadi lebih kuat dengan melakukan latihan reps rendah dengan baban berat atau reps tinggi dengan beban ringan?

Dilihat 683 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hal ini tergantung dari berapa lama kamu sudah melakukan latihan ketahanan. Kalau kamu baru mulai, reps seperti apapun akan membuatmu mengalami peningkatan ukuran dan kekuatan otot. Ini adalah keuntungan dari jarang berlatih: latihan apapun akan membuatmu lebih kuat .


Setelah sekitar satu tahun berlatih secara konsisten, kamu akan melihat bahwa perkembanganmu tidak lagi sama. Dengan kata lain, kamu akan sampai di titik dimana hasil yang kamu rasakan dalam hal perkembangan kekuatan akan mengalami penurunan. Ini adalah saat dimana memecah latihanmu menjadi lebih intensif (reps rendah dengan beban berat) dan volume (reps tinggi dengan beban ringan) dibutuhkan.

Latihan intensitas pada dasarnya berfokus kepada kekuatan. Hal tersebut melihatkan reps rendah, periode istirahat yang panjang dan menekankan pada teknik mengangkat beban dengan beban yang mendekati berat maksimalmu. Pada dasarnay kamu mendorong tubuhmu untuk memproduksi tekanan yang mendekati atau bahkan melewati zona nyamanmu untuk menstimulasi adaptasi yang akan memicu kekuatan yang lebih besar.

Salah satu panduan yang baik untuk latihan ketahanan adalah grafik Prilepin. Persentase maksimal dibuat berdasarkan rekor pribadi dalam 1 kali mengangkat beban. MIsalnya, kalau beban maksimal yang bisa kamu angkat saat melakukan deadlift adalah 100 kg, maka kamu akan mengetahui berapa banyak set dan reps yang harus kamu lakukan pada persentase yang lebih rendah untuk mencapai perkembangan kekuatan. Kamu akan melihat bahwa skema set/reps ini masih jauh dari reps yang dilakukan oleh para body builder.

Program sebelumnya dirancang untuk memicu adaptasi dalam efisiensi neuromuskular untuk mengembangkan tenaga, yang terakhir dirancang memaksimalkan penggunaan otot yang akan berujung pada hipertrofi. Kenapa tidak melakukan sebanyyak yang kamu bisa pada setiap sesi? Singkatnya, kamu tidak bisa melakukan hal yang sama untuk membangun kekuatan ketika kamu sudah terbiasa berlatih.


Tubuhmu tidak menyesuaikan dengan tekanan yang sama secara dramatis seperti ketiak kamu jarang berlatih. Yang perlu kamu pertimbangkan pada titik ini adalah sebuah bentuk periodisasi, yang merupakan topik yang cukup panjang. Tapi kalau kamu benar - benar tertarik ingin menggali lebih banyak mengenai kekuatan, sebaiknya kamu mencari tahutentang hal itu.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang