Apakah kanker menular?

Dilihat 651 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Semua kanker bermula dari sel yaitu unit dasar kehidupan. Tubuh terdiri dari banyak jenis sel. Sel-sel ini tumbuh dan membelah dengan cara yang terkontrol. Ketika sel-sel menjadi tua atau rusak, mereka akan mati dan diganti dengan sel-sel baru. Namun, terkadang proses yang teratur ini berjalan salah.  DNA  dari sel dapat menjadi rusak atau berubah, menghasilkan mutasi yang mempengaruhi pertumbuhan sel normal dan pembelahan. Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi  2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas.

Pertanyaan yang terkadang muncul adalah "Apakah kanker menular ?" dan "Apakah penyebab kanker dan bagaimanakah cara mencegah kanker ?"   Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, yuk, kita simak terus artikel di bawah ini.




Apakah yang menyebabkan kanker?


Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

  • Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal) 
  • Menyerang jaringan biologis di dekatnya. 
  • Bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis. 


Pada dasarnya penyebab kanker adalah sama yaitu faktor genetik (keturunan) dan linkungan.


  1. Faktor keturunan. Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar.
  2. Faktor Lingkungan. Faktor lingkungan diyakini menyumbang 90-95% dari keseluruhan timbulnya kanker. 

Untuk faktor lingkungan yang sangat berberan dalam kaitannya penyebaran kanker meliputi beberapa hal, di antaranya adalah:


  • Gaya Hidup

Gaya hidup yang dimaksud di sini adalah gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minuman alkohol. Di samping itu perilaku seksual bebas dan berhubungan intim di usia dini serta sering berganti-ganti pasangan juga tidak kalah besarnya sebagai faktor penyebab seseorang terjangkit penyakit kanker.

Merokok meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih.


Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah:

  1. Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan   resiko  terjadinya kanker lambung
  2. Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.
  3. Zat pewarna makanan
  4. Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti kerang, ikan dan sebagainay .
  5. Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.

  • Virus dan Bakteri       

Beberapa penyakit kanker terjangkit karana infeksi virus atau bakteri. Bahkan virus diyakini berperan hingga 20% terhadap terjangkitnya kanker pada manusia di seluruh dunia. Misalnya virus papilloma pada kanker serviks, virus polioma pada tumor otak, virus hepatitis B dan C pada kanker hati dan lain sebagainya

Polusi dan Radikal Bebas. Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber-sumber radikal bebas yaitu :

  1. Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme.
  2. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari.
  3. Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fisik, psikologis,maupun biologis.


Mencegah Kanker


Karena jenis kanker dan pengobatannya bervariasi, maka mendiagnosis adanya kanker dan menentukan jenisnya merupakan hal yang sangat penting. Hal ini hampir selalu memerlukan pengambilan contoh jaringan kanker untuk diperiksa dibawah mikroskop. Sejumlah tes khusus terhadap contoh jaringan kanker mungkin diperlukan untuk menggambarkan lebih jauh mengenai kanker yang ditemukan. Banyak sekali berbagai macam jenis penyakit kanker didunia ini, misalnya kanker ginjal, kanker hati, kanker kandung kemih, kanker kulit melanoma, kanker lambung, kanker lidah, kanker vagina, dan masih banyak yang lainnya lagi. 

Cara terbaik mencegah kanker yaitu dengan cara merubah kebiasaan yang tidak sehat, seperti:


  • Kanker kulit dapat dicegah dengan mengurangi paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama seperti berada di tempat teduh, melindungi diri dengan topi dan kemeja ketika di bawah sinar matahari, dan bisa juga dengan menggunakan tabir surya
  • Diet, ini juga merupakan cara mencegah kanker karena apa yang kita makan berkaitan erat dengan penyakit bukan hanya kanker termasuk beberapa jenis penyakit lain seperti  diabetes, hypertensi dan lain sebagainya.
  • Vaksinasi juga merupakan salah satu cara mencegah kanker. Vaksin ini bersifat pencegahan, bukan untuk pengobatan. Bila semua wanita dapat divaksinasi, maka ada potensi bahwa jumlah kematian akibat kanker serviks diseluruh dunia dapat turun sebanyak dua pertiganya.


Apakah kanker menular?


Apapun jenisnya, kanker sangat membahayakan. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker adalah pembunuh terbesar perempuan kedua setelah gangguan jantung. Pada dasarnya kanker bukan penyakit menular, Tidak ada bukti penularan saat seseorang melakukan kontak seperti berhubungan seksual, ciuman, sentuhan, saling berbagi makanan, atau percikan melalui udara. Orang yang sehat mempunyai sistem pertahanan tubuh yang akan mengenali sel asing dan menghancurkannya, termasuk sel kanker.

Meski kanker sama sekali tidak menular, tetapi ada faktor penyebab yang dapat ditularkan, misalnya virus hepatitis B dan C. Kedua virus tersebut menular dan diketahui bisa menyebabkan kanker hati. Beberapa tipe kanker juga dapat diturunkan karena adanya mutasi dari gen spesifik yang akan diturunkan dari orang tua kepada anaknya.  Kejadian tersebut bisa terlihat pada beberapa penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker kolon dan melanoma. Adanya mutasi dari dua gen yang spesifik pada kanker payudara, yaitu BRCA-1 dan BRCA-2, dapat dicari pada DNA darah manusia.  Dari test ini dapat diketahui adanya kemungkinan seorang perempuan bisa terkena kanker payudara pada usia yang lebih dini, yaitu sebelum berumur 40 tahun.


Dulu orang sebenarnya mati setelah menusuk kulit dengan pisau yang digunakan untuk membedah yang infeksi - tapi itu tidak dimengerti saat itu - mayat selama autopsi atau pelajaran bedah anatomi dikenal dengan nama Prancis piqure anatomique: Ignaz Semmelweis yang terkenal (1818-1865) - yang kita tahu sebagai dokter yang mengetahui kalau muridnya menyentuh mayat sebelumnya tanpa membersihkan tangan merawat perempuan yang melahirkan di Vienna menghasilkan 30% kematian karena demam karena kelahiran sebalik dari biasanya hanya 1-2% kematian jadi dia mendekritkan kalau semua murid medis harus mendesinfek tangannya sebelum proses persalinan - kehilangan rekan dan teman nya profesor anatomi Jacob Kolletschka yang meninggal karena kecelakaan tertusuk oleh seorang murid dengan skapel yang digunakan untuk autopsi mayat perempuan yang mati karena demam melahirkan.



Terdapat berbagai macam jenis pengobatan medis untuk menyembuhkan penyakit kanker, salah satu pengobatan yang dilakukan adalah radioterapi atau terapi radiasi dengan memanfaatkan sinar sebagai energi intensif membunuh sel kanker. Tapi tidak semua orang bisa merasakan pengobatan kanker dengan radioterapi, hal itu dikarenakan pengobatan kanker dengan cara seperti itu pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Intinya lebih baik mencegah daripada mengobati. semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat mengenai kanker sehingga membuat anda lebih waspada terhadap kanker.


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang