Apakah kecanduan alkohol itu penyakit atau pilihan gaya hidup? Bagaimana menolong seseorang yang memiliki masalah ini?

Dilihat 360 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Kamu selalu bisa memilih apakah kamu mau minum alkohol atau tidak, tapi dorongan yang begitu besar dapat membuat seolah - olah kamu tidak punya pilihan. Mendefinitasikan kecanduan alkohol sebagai sebuah penyakit (atau bukan) tidak mengubah kenyataan bahwa hal tersebut merupakan masalah yang serius yang berdampak pada kehidupan. Sayangnya, selain dengan melakukan campur tangan paksa, kamu tidak akan bisa menolong orang yang memiliki masalah kecuali mereka mengakui bahwa hal tersebut adalah masalah.


Untuk pertanyaan lainnya "Bagaimana kamu mengetahui ketika kamu menyalahgunakan obat?".  Bagi banyak orang, otak kita mencegah kita melihat hal yang jelas terlalu lama. Jika kamu berpikir kamu mungkin menyalahgunakan suatu obat, mungkin kenyataannya memang demikian. Uji teori ini melalu pembatasan-diri selama sebulan. Jiak kamu bisa melewatinya tanpa masalah, maka kemungkinan besar kamu tidak menyalahgunakannya. 


Bagi kebanyakan dari kita, pengujian yang paling mudah adalah dengan bertanya kepada teman - teman dan keluarga yang kita percaya - seseorang yang mengenal kita dengan baik. Pastikan kamu memberitahu kepada mereka bahwa kamu bertanya dengan serius dan akan mempertimbangkan saran mereka.

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang