Apakah kelebihan dan kekurangan dari bayi tabung?

Dilihat 656 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Dapat melahirkan dari rahim sendiri adalah dambaan seorang wanita yang sudah berkeluarga, tapi kadang ada sebagian orang yang tidak bisa melakukannya karena adanya gangguan pada alat reproduksi. Sering kali orang melakukan berbagai macam cara untuk bisa hamil dari mulai cara tradisonal maupun cara medis.  Kini sudah ada cara untuk bisa mengatasi pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan atau pasangan yang kurang subur. 

In Vitro Fertilization-(IVF) atau bayi tabung adalah pengobatan medis yang membantu pasangan tidak subur untuk memiliki bayi. In Vitro Fertilization adalah suatau metode yang melibatkan ekstraksi telur dari donor perempuan dan di fertilisasi  dengan sperma dari donor laki-laki yang menghasilkan embrio yang ditanam di rahim perempuan (atau pengganti) rahim. Apakah Kelebihan dan kekurangan dari bayi tabung?Tentunya In Vitro Fertilization atau dikenal dengan bayi tabung mempunyai segi negatif dan segi positif.


bayi tabung


Kelebihan Dan Keuntungan Bayi Tabung

Proses In Vitro Fertilization atau bayi tabung mempunyai serangkaian tes yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri apakah memenuhi syarat atau tidak dilakukannya program bayi tabung. metode yang dipakai adalah dengan cara mengambil ovum dari wanita dan sperma dari pria kemudian ditampung dalam sebuat tabung dalam jangka waktu yang ditentukan. setelah embrio terbentuk akan dimasukkan lagi ke dalam rahim ibu sampai saatnya melahirkan. Arti dari In Vitro Fertilization adalah sel didalam kaca atau bisa dikatakan pembuahan didalam kaca atau wadah.


kelebihan bayi tabung                      


Proses bayi tabung atau tahapan yang harus dilakukan untuk program IVT atau bayi tabung adalah:

  • kesepakatan pasangan suami istri dan siap dalam menjalani berbagai macam tes.
  • Menjaga kesehatan tubuh sehingga keseimbangan hormon akan stabil.
  • Stimulasi atau rangsangan sel telur, hal ini akan membantu dari banyaknya sel telur mana yang akan dipilh untuk dijadikan embrio biasanya satu atau lebih.
  • Pemantauan dari pertumbuhan folikel (folikel merupakan cairan yang sel telur dari indung telur dan melalui ultrasonografi tujuannya adalah apakah ada sel telur yang cukup matang untuk kemudian dilakukan inseminasi.
  • Mematangkan sel telur, penyuntikan obat agar siap dipanen atau siap diinsemnasi.
  • Pengambilan sel sperma suami diambil dari hari yang sama. Jika memang tidak ada masalah maka pengambilan dilakukan melalui proses masturbasi dan jika terdapat masalah maka pengambilan dilakukan pada buah zakar melalui operasi.
  • Penunjang dari fase luteal dengan tujuan mempertahankan dinding rahim biasanya dokter akan memberikan obat untuk mempertahankan dinding rahim.
  • Tahapan terakhir adalah proses simpan beku embrio, jika ada embrio yang lebih maka akan disimpan untuk proses kehamilan selanjutnya ini bisa bertahan selama 30 tahun.

Proses bayi tabung biasanya dilakukan dengan waktu yang cukup lama karena melalui beberapa tahap sebagaimana disebutkan di atas hal ini perlu adanya kesabaran dari pasangan yang ingin melakukan program bayi tabung.

embrio bayi tabung

Keuntungan atau kelebihan dari IVF atau bayi tabung adalah: 

1. Ini membatu pasangan tidak subur untuk memiliki bayi mereka sendiri (dengan telur mereka sendiri dan sperma). 

2. Kecuali telur atau sperma dari donor donor digunakan, DNA ini adalah hanya ditujukan oleh orang tua saja. 

3. Bisa menentukan jenis kelamin hal in memungkinkan karena akan dipilih sperma yang memiliki kromosom tertentu yang sesuai dengan jenis kelamin manusia.

4. Bagi pasangan yang ingin memilki bayi kembar berpeluang besar untuk bisa mempunyai anak kembar.


cara membua bayi tabung

Kekurangan IVF atau bayi tabung adalah: 

  1.  IVF atau bayi tabung dapat mengakibatkan kelahiran kembar yang tidak diinginkan yaitu pengiriman lebih dari 1 bayi. Hal ini lebih mungkin dalam perawatan IVF daripada secara alami karena klinik dan dokter cenderung untuk mentransfer lebih dari 1 embrio dalam rahim sehingga peluang keberhasilan pengiriman lebih tinggi. 
  2.  IVF atau bayi tabung dapat mengakibatkan Overian Hyperstimulation Syndrom. Dalam IVF, ovarium ibu dimaksudkan (donor telur) yang dirangsang untuk menghasilkan lebih dari 1 telur berkualitas tinggi. Horman dan obat yang digunakan untuk merangsang ovarium, dapat memiliki efek samping yang mengarah ke kondisi yang disebut Overian Sindrom Hiperstimulasi. 
  3.  Kehamilan ektopik: IVF dapat menyebabkan kehamilan ektopik dimana kehamilan terjadi di luar rahim
  4.  IVF atau bayi tabung tingkat keberhasilan yang jauh lebih rendah dari 100%. Tingkat keberhasilan IVF tergantung pada berbagai faktor seperti usia perempuan, kualitas telur, kualitas sperma, kualitas rahim, dll. Tingkat keberhasilan penurunan dengan usia pasangan wanita. Tingkat keberhasilan rata-rata 25 sampai 30%
  5.  Nyeri akibat obat-obatan dan hormon yang digunakan selama prosedur IVF dapat menyakitkan
  6. Mahalnya: pengobatan IVF dapat menjadi urusan mahal. Sejak tingkat keberhasilan rendah, pasangan biasanya diperlukan untuk pergi melalui beberapa siklus (atau beberapa upaya) menambah biaya pengobatan. 

kekurangan bayi tabung

In Vitro Fertilization adalah salah satu keberhasilan team medis terutama dokter kandungan yang berhasil memecahkan persoalan bagi para pasangan yang kurang subur atau ingin memilki anak. Kebahagian seorang ibu adalah bisa melahirkan seorang anak yang merupakan anugerah terbesar yang diberikan Tuhan.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang