Ada banyak aplikasi cari jodoh selain Tinder, tapi kenapa Tinder paling terkenal?

Dilihat 3,2 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aplikasi yang digunakan banyak orang untuk mendapatkan teman baru atau pun sebagai ajang mancari pasangan di dunia maya sudah cukup banyak saat ini dan diperkirakan akan semakin bertambah. Tinder merupakan salah satu aplikasi cari jodoh bagi mereka yang ingin mencari pasangan lewat dunia maya. Tapi ada juga yang menggunakan tinder sebagai aplikasi cari teman. Bahkan tidak sedikit yang mendapat teman baru atau jodoh mereka dari luar negeri.

 

Beberapa tahun ke belakang banyak muncul aplikasi-aplikasi yang memungkinkan kita menemukan orang-orang baru di dunia maya dan kebanyakan aplikasi-aplikasi tersebut berkembang menjadi aplikasi untuk mencari teman kencan. 


Tapi dari semua aplikasi tersebut, Tinder-lah yang paling sering kita dengar. Kenapa aplikasi ini sangat populer?



tinder

Aplikasi Mencari Teman Kencan, Tinder

 

Tinder disebut-sebut aplikasi cari jodoh paling mudah dan populer di Indonesia untuk mencari teman kencan atau pasangan hidup. Tinder bukan hanya populer di Indonesia saja melainkan di dunia.

 

Diluncurkan pada tahun 2012 oleh Sean Rad, Jonathan Badeen, Justin Mateen, Joe Munoz, Dinesh Moorjani, Chris Gylczynski, dan Whitney Wolfe, yang kemudian membuat Tinder untuk memulai Bumble. Ada juga yang mengklaim bahwa pendiri Tinder dibatasi untuk Mateen, Rad, dan Badeen yang juga adalah penemu aplikasi Tinder, meskipun hal ini sudah diperdebatkan sejak lama.


Awalnya Rad dan Mateen telah mengenal satu sama lain sejak keduanya masih berusia empat belas tahun. Selanjutnya mereka menghadiri USC dan masuk dunia internet dalam bidang kewirausahaan bersama-sama. 


Rad menyatakan bahwa aplikasi Tinder yang membantu menghubungkan seseorang dengan orang asing, bukan untuk menghubungkan pengguna dengan orang-orang yang sebelumnya mereka sudah tahu atau sudah kenal. Kemudian Tinder menjadi unggulan di berbagai kampus. 


Aplikasi ini pernah memenangkan penghargaan TechCrunch's untuk Teknologi baru terbaik pada tahun 2013. Dan pada Maret 2013 saat aplikasi ini masih digunakan pada daerah tertentu saja, direktur media sosial Alexa Mateen mengatakan bahwa aplikasi cari jodoh online ini dimaksudkan untuk menjadi kesempatan bertemu dengan orang-orang yang biasanya kita tidak temui. 


Selanjutnya pada bulan Mei 2013, Tinder menjadi salah satu dari top 25 aplikasi jejaring sosial yang tersedia di web didasarkan pada frekuensi penggunaan dan jumlah penggunanya. 


Tinder menjadi aplikasi baru pertama layanan kencan online dan menjadi salah satu dari lima yang memanfaatkan layanan di web dalam waktu sekitar 10 tahun. Tinder menjadi aplikasi nomor 1 yang paling digandrungi oleh kalangan yang mencari teman kencan lewat dunia maya. 


Aplikasi cari jodoh ini sudah banyak terbukti mampu membantu seseorang menemukan jodohnya. Aplikasi ini adalah aplikasi yang paling ampuh untuk bertemu seseorang yang baru yang kita inginkan untuk menjadi pasangan hidup kita. 


Dan selain itu, Tinder dapat memperluas hidup sosial penggunanya. Jika kita ingin terhubung dengan seseorang kita cukup tekan bintang biru atau swipe ke atas untuk mengirim Like Super. Kita juga bisa upgrade Tinder plus untuk mendapatkan fitur premium yang d iantaranya paspor untuk terhubung dengan siapapun di seluruh dunia, dan rewind.


tinder



Cara Menggunakan dan Membuat AplikasiTinder


Tinder merupakan aplikasi cari jodoh yang dirancang untuk tujuan pertemanan atau istilah yang lebih keren kencan buta. Aplikasi ini dibuat untuk memasangkan orang-orang yang saling menyukai satu sama lain tanpa adanya pemaksaan sehingga tidak ada penolakan. 


Ada juga yang memanfaatkan tinder sebagai pencari teman Dengan melihat gambar orang-orang dan menjelajahi lokasi yang berada dekat dengan penggunanya sehingga saling tertarik satu sama lain. Apabila orang tersebut menyukai anda dan anda pun membalas respon tersebut maka terjadi percakapan ini merupakan langkah awal dari sebuah pertemanan. 


Adapun cara menggunakan dan membuat aplikasi Tinder antara lain:


1. Membuat Akun

Anda mulai dengan mendownload aplikasi Tinder, hal ini bisa dilakukan dengan cara gratis bisa dari Apple App Store, Google Play Store, dan bisa secara langsung dengan menggunakan situs web Tinder.


2. Masuk dengan Menggunakan Sistem Akun Facebook

Tinder membutuhkan profil Facebook untuk  membuat akun, akun Facebook anda harus akurat dan harus memiliki akun Facebook terbaru yang dapat dipasang diperalatan sehingga anda dapat menggunakan Tinder.


3. Memperbarui Profil Facebook

Anda harus memperbarui profil pada Facebook karena Tinder menggunakan data Facebook anda. Sebaiknya anda memperbaikinya profil secara keseluruhan antara lain:


  • Memperbarui umur, lokasi, teman-teman, keterangan singkat tentang kamu, dan juga minat.
  • Usia anda harus dicantumkan.
  • Foto atau gambar yang anda gunakan dari akun Facebook harus dapat dilihat oleh teman-teman. 

tinder


4. Mengatur Profil dan Menggunakan Foto

Untuk memilih gambar yang akan anda gunakan, sebaiknya pilih foto yang paling bagus sehingga membuat orang tertarik untuk melihatnya. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menentukan foto profil adalah sebagai berikut:


  • Jangan menggunakan foto yang sedang berdua dengan lawan jenis hal ini akan menimbulkan prasangka yang lain dari orang yang melihatnya. Sebaiknya gunakan foto yang sedang sendiri. 
  • Gambar sebaiknya sedang melakukan aktivitas dari hobi anda misal naik gunung atau sedang travelling.
  • Gambar asli tidak dibuat-buat.
  • Gambar atau foto dalam tingkat yang sopan sehingga tidak menimbulkan persepsi buruk.

Demikianlah cara singkat untuk dapat menggunkan aplikasi Tinder, anda tinggal mengunggahnya sendiri dan mulai menghubungkannya dengan akun facebook anda. Dalam Tinder tak jarang kadang orang tersebut sudah mulai menyukainya dan tiba-tiba menghilang atau tidak merespon lagi hal tersebut biasa dan anda tidak perlu kecewa.


Tips menggunakan aplikasi Tinder



Tips-tips dalam Menggunakan Tinder


Untuk mencari pertemanan dengan menggunakan aplikasi Tinder dengan aman, sebaiknya anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:


  • Sebaiknya anda harus berhati-hati karena banyak sekali penipuan yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini.
  • Selidiki terlebih dahulu apabila anda akan melakukan pertemuan secara langsung data-data orang tersebut akurat atau hanya rekayasa.
  • Sebaiknya apabila melakukan pertemuan harus ditemani oleh teman atau anggota keluarga misalnya minta bantuan kakak atau adik. 
  • Sebaiknya pertemuan lokasinya jangan terlalu jauh dari tempat tinggal anda sehingga anda bisa dengan mudah menghubungi pihak keluarga bila terjadi hal-hal buruk. 
  • Lokasi pertemuan harus ramai jangan di tempat yang sepi sehingg anda bisa minta tolong orang lain jika terjadi hal buruk. 

Tips di atas merupakan cara mencegahan agar anda tidak dengan mudah diperdaya oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengatas namakan pertemanan.


Aplikasi Beetalk


Apakah Ada Aplikasi Lain Selain Tinder?


Ada beberapa aplikasi pertemanan selain Tinder yang bisa anda coba, di antaranya:


1. BeeTalk


Aplikasi ini cukup populer di Indonesia dan termasuk yang paling banyak digunakan oleh remaja Indonesia yang ingin mencari teman kencan atau pacar. Pada tahun 2015 aplikasi ini berhasil menggaet artis-artis remaja populer seperti Al Ghazali dan Ariel Tatum. 


Meski aplikasi cari teman ini memiliki banyak kemiripan dengan Tinder, namun perbedaan keduanya terletak pada cara bertemannya. Pada aplikasi ini kita bisa langsung berteman tanpa menunggu persetujuan dari pengguna lain. Saat ini BeeTalk semakin digemari dengan tambahan fitur-fitur yang tentunya menarik.



2. Badoo


Badoo diluncurkan pada bulan november 2006 oleh pengusaha Rusia, Andrey Andreev. Sejak kehadirannya pertama kali, aplikasi ini telah menjadi salah satu aplikasi biro jodoh online yang paling populer di dunia dan beroperasi di 180 negara dan yang paling populer di Amerika Latin, Italia, Perancis, dan Spanyol. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian berdasarkan lokasi yang membuat aplikasi ini semakin menarik. 


Untuk anda yang merasa belum juga menemukan pasangan yang tepat, Badoo bisa jadi jawabannya. Badoo merupakan layanan aplikasi biro jodoh yang paling populer dan disebut-sebut berada pada jajaran situs paling terpopuler di dunia. Dengan lebih dari 308 juta anggota di seluruh dunia, Badoo menjadi pilihan tepat bagi kamu yang sampai saat ini belum juga mendapatkan pasangan. Badoo tersedia untuk platform iOS, Android, dan Windows Phone.



3. OkCupid


Bagi kalian yang sampai saat ini belum menemukan jodoh yang tepat, mungkin aplikasi yang satu ini cocok untuk kalian. OkCupid adalah suatu aplikasi yang mefasilitasi pengguna untuk saling berkenalan satu sama lain ke jenjang yang lebih serius. Kita akan diminta untuk mengisi serangkaian pertanyaan pribadi dan pandangan hidup serta menambahkan foto terbaru kita sebagai foto identitas pribadi yang ditampilkan. 


Aplikasi cari jodoh ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mengirim pesan kepada seseorang yang baru kita kenal. OkCupid bisa kita download secara gratis di Google Play Store, hanya saja perangkat yang kita gunakan harus OS Android 4.0 ke atas. Dan bagi kamu yang ingin mendownload OkCupid di iPhone, atau iPad pastikan perangkat kamu sudah menggunakan iOS 7.1 ke atas.


tinder

4. WeChat


WeChat diluncurkan pada tahun 2012 dan telah mengklaim memiliki kurang lebih 549 juta pengguna di seluruh dunia. Banyak yang menilai bahwa aplikasi WeChat inilah yang memprakarsai pencarian teman Friend Radar dan selanjutnya ditiru oleh aplikasi chatting lainnya. 


WeChat merupakan aplikasi layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler buatan cina yang dikembangkan oleh Tencent. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa sistem operasi seperti iPhone, Android, Windows Phone, BlackBerry, dan platform Symbian. WeChat juga didukung pada WiFi, 3G dan data 4G.



5. Meow Chat 


Aplikasi ini merupakan sebuah platform yang diciptakan untuk mencari teman 

baru atau jodoh. Aplikasi garapan MINUS ini sanggup mempertemukan kita dengan teman-teman baru dari berbagai negara di dunia. Kita juga bisa berbincang secara pribadi dengan orang yang sudah kita kenal terlebih dahulu atau orang yang betul-betul asing. Kita diwajibkan terhubung terlebih dahulu dengan akun Facebook untuk masuk dan selanjutnya kita harus menambah teman berdasarkan kontak ponsel kita dan Facebook. 


Fitur utama dari aplikasi ini adalah chatting dan yang lebih menarik, tersedia dua macam chat di aplikasi ini. Yang pertama, kita dapat melakukan Private Chat dengan teman yang sudah kita dahulu tambahkan dan kedua kita juga bisa chat dengan orang lain yang kita tambahkan. Kita hanya perlu membuka opsi Random Chat dan aplikasi ini akan dengan secara acak mencarikan seorang teman chatting untuk kita. 


-


Intinya aplikasi Tinder dapat mencari orang yang anda inginkan dengan kriteria yang anda inginkan juga. Dengan kata lain Tinder bisa mencari orang tertentu yang cocok dengan apa yang pengguna sukai. Tapi sebaiknya berhati-hati dalam mencari pertemanan secara online karena banyak yang menyalahgunakan bahkan untuk tindak kriminal. 


Sebaiknya dalam menggunakan aplikasi-aplikasi ini anda harus berhati-hati dalam memilih teman dan jangan bersedia dengan mudah untuk bertemu dengan orang baru secara langsung. Ingatlah untuk bijak dalam menggunakan aplikasi dunia online dalam jenis apapun. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang