Apakah kolesterol tinggi menyebabkan masalah jantung?

Dilihat 2,04 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya sudah menderita kolesterol tinggi sejak saya pertama kali mengukur kolesterol saya di usia 30an.  Awalnya kolesterol saya 240 dan setelah bertahun - tahun, yang tadinya 240 sekarang menjadi lebih dari 300 (sekarang usia saya 73 tahun). Saya tidak memiliki ataupun didiganosa terkena penyakit jantung, meskipun ayah saya terkena angina di usia 51 tahun (beliau meninggal pada usia 63 tahun) dan salah satu saudara laki - lakinya meninggal karena penyumbatan pembuluh arteri di otak pada usia 62 tahun.


Masalah lainnya yang saya hadapi dengan menggunakan kolesterol sebagai indikator dari penyakit jantung (di samping memiliki kolesterol tinggi sepanjang hidup saya dan tidak memiliki penyakit jantung) adalah kesimpulan dari nilai dari interpretasi kolesterol berubah. Sekarang diketahui bahwa anda bisa memiliki LDL tinggi, tapi hal tersebtu tergantung dati apakah kepadatan LDL tersebtu rendah atau tinggi. Pemeriksaan tersebtu tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi manapun dan biasanya cukup mahal. 


Tiga puluh tahun yang lalu, seorang dokter merekomendasikan agar saya mengkonsumsi statin. Saya mencobanya selama 3 hari, tapi saya merasakan kram perut yang parah jadi saya berhenti mengkonsumsinya (untunglah saya berhenti karena kemudia diketahui bahwa merk statin tersebut dapat membunuh dan ditarik dari pasaran).


Empat tahun yang lalu, saya mendapatkan rekomendasi yang lama, statin yang berbeda, tapi dengan dosis yang lebih rendah, efek samping yang sama dan hasil yang sama. Saya berhenti mengkonsumsinya dalam hitungan hari. Lalu saya mencoba teori saya sendiri dan mempertaruhkan hidup saya. 


Saya adalah seorang atlet, jadi bukan hal yang sulit bagi saya untuk menciptakan suatu teori seperti itu. Saya berpikir jika saya berolahraga dengan sangat keras, pembuluh darah saya akan melebar dan membuat pembuluh darah lainnya tumbuh di sekitar penyumbatan yang mungkin tercipta. (ini bukan teori prefosional, jadi sebaiknya anda tidak mengikutinya.

Sejauh ini hasilnya cukup baik. Saya rasa sekarang mungkin terdapat penyumbatan pada pembuluh darah saya karena saya tidak dapat berlari secepat sebelumnya, tapi berdasarkan pemeriksaan sebelumnya (kalau hasilnya dapat diandalkan) saya masih tidak didiagnosa terkena masalah jantung apapun, meskipun kolesterol saya sekarang nilainya di atas 300. (sebagai seorang atlet, kolesterol baik saya sekarang nilainya di atas 65. Pada usia 65, ilmu medis menunjukkan bahwa indikator kolesterol tidak lagi terlalu bernilai dan HDL dengan nilai di atas 60 dapat melindungi dari penyakit jantung).


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang