Apakah krim pemutih wajah benar-benar bekerja?

Dilihat 815 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Banyak wanita yang mendambakan wajah cantik putih berseri karena baginya wajah putih sangatlah identik dengan kecantikan dan juga kesempurnaan seorang wanita. 


Hal ini terjadi karena pengaruh beberapa iklan kosmetik yang banyak menampilkan wanita-wanita cantik berkulit putih sehingga banyak wanita yang berpendapat bahwa berkulit putih itu cantik. 


Inilah yang membuat krim ataupun obat pemutih wajah di Indonesia sangat diminati para wanita yang ingin memutihkan wajahnya. 

Bahkan mereka rela mengeluarkan banyak biaya untuk membeli beberapa produk pemutih wajah sebagai cara memutihkan wajah dengan cepat


Tapi, apakah krim-krim pemutih ini benar bisa bekerja seperti yang mereka katakan di iklan?


Wajah putih impian semua wanita


Manfaat Krim Pemutih Wajah


Biasanya produk obat pemutih wajah sangat digandrungi oleh para wanita yang menginginkan wajahnya lebih putih dan cerah. 


Seperti yang kita ketahui bahwa produk pemutih wajah saat ini sangat beragam macamnya mulai dari krim pemutih, serum pemutih, kapsul pemutih, ataupun minuman pemutih. 


Banyaknya produk pemutih wajah saat ini diakibatkan oleh banyak wanita khususnya di Indonesia yang memang menginginkan wajah mereka putih berseri, padahal kulit asli orang Indonesia adalah sawo matang. 


Cara kerja krim pemutih wajah tidak banyak diketahui oleh banyak orang termasuk para pemakainya, padahal pengetahuan ini sangat bermanfaat untuk diketahui sebelum anda memilih produk obat pemutih wajah yang sesuai dengan kulit anda. 


Namun harus anda pahami bahwa tidak semua produk pemutih wajah itu aman, beberapa produk terbuat dari bahan kimia yang berbahaya dalam jangka panjang. Bukan hanya berbahaya pada kulit tetapi produk pemutih wajah yang berbahaya juga bisa berdampak bagi kesehatan tubuh kita. 


Untuk itu anda harus cermat dalam memilih produk pemutih wajah yang aman. Sebelum kita mambahas tentang produk pemutih wajah, kita pelajari dulu cara kerja produk pemutih kulit yang bekerja pada kulit wajah kita. 


Cara kerja produk pemutih wajah


Sebenarnya setiap orang sudah memiliki wajah putih dan cerah namun proses pigmentasi kulit oleh melanin dalam jaringan kulit menyebabkan kulit menjadi kusam dan terlihat gelap. 


Perlu diketahui bahwa melanin adalah pigmen berwarna coklat yang akan menentukan warna kulit anda. Semakin banyak melanin dalam kulit anda akan semakin gelap kulit anda. 


Salah satu penyebab terbentuknya melanin di permukaan kulit adalah akibat paparan sinar matahari. Sinar matahari memang bisa menyebabkan efek yang berbahaya pada kulit sehingga untuk melindunginya, kulit akan mengeluarkan pigmen melanin yang akan melindung kulit dari radiasi sinar ultraviolet dari cahaya matahari. 


Tetapi banyaknya melanin di permukaan kulit akan berdampak para perubahan warna kulit kita. Untuk itu cara kerja produk pemutih wajah terbagi dalam dua cara, yaitu menghancurkan melanin dalam jaringan kulit atau mengurangi produksi melanin sehingga pigmentasi pada kulit akan memudar dengan cepat. 


Sebenarnya tanpa produk pemutih wajah, pigmentasi pada kulit akan memudar dengan sendirinya dalam kurun waktu tertentu tetapi untuk pembentukan flek tidak bisa memudar dengan sendirinya.


Produk pemutih wajah yang aman


Untuk mengurangi melanin di permukaan kulit wajah, penggunaan produk pemutih wajah merupakan salah satu cara memutihkan wajah dengan cepat


Tetapi ada sebagian orang yang tidak mempercayai keampuhan dari beberapa produk pemutih wajah, mereka juga khawatir akan beberapa kandungan bahan kimia berbahaya yang biasanya terdapat dalam produk pemutih wajah. 


Memang beberapa jenis produk pemutih wajah bersifat instan dan produk tersebut menjanjikan bisa memutihkan wajah dalam waktu yang cepat. 


Tapi pada dasarnya pemutih wajah yang aman tidaklah bersifat instan, jika memang bisa terbukti memutihkan wajah dalam waktu singkat, produk pemutih wajah tersebut patut anda curigai. 


Beberapa kandungan berbahaya yang biasanya terdapat dalam produk pemutih instan adalah merkuri, hydeoquinone, tretunoin, steroid, dan masih banyak zat berbahaya lainnya. 


Cara memilih krim pemutih wajah yang aman


Cara Memilih Krim Pemutih Wajah


Selain pemilihan komposisi dalam produk pemutih yang patut diperhatikan, anda juga harus menyesuaikan jenis kulit anda dengan produk pemutih yang akan anda gunakan.


Apakah krim pemutih bisa memutihkan kulit wajah? 


Ya, produk krim pemutih bisa bekerja melakukan tugasnya dengan tepat asalkan anda tahu bagaimana cara memilih produk yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit anda. 


Ada beberapa cara memilih produk krim pemutih wajah yang bagus dan aman agar anda bisa mendapatkan kulit wajah yang putih tanpa perlu khawatir akan efeknya, yaitu:


Cara memilih produk krim pemutih wajah yang aman


1. Perhatikan Merek dan Komposisi 


Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih produk pemutih wajah adalah memperhatikan merek dan juga komposisi di dalamnya. Beberapa produk pemutih wajah yang sudah terkenal di televisi ataupun majalah biasanya adalah produk yang sudah lulus dalam pengujian yang dilakukan BPOM jadi sudah terbukti dari segi kemanan produk dan juga khasiatnya. 


Untuk itu, produk krim pemutih yang paling bagus biasanya memiliki harga yang sangat mahal karena terjamin dari segi kualitas dan bahan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, anda juga harus memperhatikan komposisi produk pemutih yang akan anda pilih. 


Beberapa produk pemutih yang baik biasanya mengandung beberapa bahan pemutih kulit wajah yang aman seperti seperti arbutin, kojic acid, AHA, atau gluthaion. Jadi cermatlah dalam memilih produk pemutih yang anda pakai dan jangan tergiur dengan khasiat putih dalam waktu yang singkat.



2. Pilih Produk yang Sesuai Jenis Kulit


Langkah selanjutnya adalah dengan memilih produk pemutih yang cocok dengan jenis kulit anda. Misalnya anda memiliki jenis kulit berminyak maka pilihlah produk pemutih yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda untuk kulit berminyak. 


Pemilihan jenis produk sesuai dengan karakter kulit wajah anda akan sangat berpengaruh pada hasil yang akan anda dapatkan. Selain itu, gunakan krim pemutih yang sesuai dengan kulit anda karena ada beberapa produk yang tidak cocok pada sebagian individu. 


Kecocokan produk pemutih wajah pada setiap individu memang berbeda-beda jadi anda harus teliti saat memilih krim pemutih wajah yang tepat. Untuk mengetahui jenis kulit anda, anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit dan bertanya tentang rekomendasi krim pemutih wajah yang tepat untuk jenis kulit anda. 


Cara memilih produk krim pemutih wajah yang aman


3. Perhatikan Harganya


Jangan tergiur dengan harga murah dan juga janji akan mendapatkan hasil dengan cepat, malah anda harus mencurigai produk pemutih seperti itu. 


Biasanya produk pemutih yang aman akan memiliki harga yang lebih mahal karena memang komposisi untuk membuat produk tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas baik dan tentunya mahal. Produk pemutih murah dan produk yang terbukti cepat untuk memutihkan wajah harus anda waspadai karena biasanya terbuat dari komposisi bahan berbahaya. 


Beberapa bahan berbahaya dari produk pemutih bukan hanya bisa merusak kulit namun juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Tentunya anda tidak ingin mengorbankan kesehatan tubuh anda hanya karena ingin mendapatkan wajah putih secara instan.



4. Perawatan Rutin


Mendapatkan wajah putih memang membutuhkan waktu dan juga pengorbanan untuk mendapatkannya. 


Misalnya, anda harus mengorbankan biaya yang lebih mahal, mengorbankan waktu untuk melakukan perawatan, dan menghilangkan rasa malas untuk merawat diri. Anda tentunya tidak akan mendapatkan wajah putih bersih jika anda malas untuk melakukan perawatan wajah setiap harinya. 


Bagaimana wajah anda akan menunjukkan perubahan jika anda bahkan malas untuk membersihkan wajah setiap harinya. Untuk itu perawatan menggunakan krim siang, krim malam, dan beberapa produk perawatan lainnya harus anda gunakan secara rutin agar hasilnya lebih cepat terlihat. 


Selain itu, penting sekali untuk memakai produk sunscreen yang mengandung SPF saat anda akan bepergian keluar rumah agar anda terlindung dari efek buruk paparan sinar matahari.


-


Itulah beberapa cara memilih produk krim pemutih wajah yang aman. Di zaman sekarang anda harus lebih teliti dalam memilih produk pemutih yang aman dan juga berkualitas, jangan pernah tergiur dengan harga murah dan juga hasil instan yang biasanya mengandung zat berbahaya. 


Produk pemutih bisa menjadi salah satu cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman asalkan anda mengetahui bagaimana cara memilih produk yang aman dengan tepat. Untuk itu carilah produk krim pemutih yang paling bagus dan paling sesuai untuk anda. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang