Apakah lari jarak jauh bisa menyebabkan diare?

Dilihat 1,07 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Olahraga adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh. Salah satu cabang olahraga yang cukup dikenal dan sedikit lebih mudah untuk dilakukan ialah lari jarak jauh.  Hal terpenting dalam teknik dasar lari yaitu mengatur pernafasan anda. Jika ditanya mengenai olahraga, pada umumnya orang akan menjabarkan manfaat dan seberapa pentingnya kita melakukan itu. 


Namun, jarang ada yang membahas dampak buruk dari terlalu banyak berolahraga. Satu di antara dampak buruk tersebut yakni, olahraga dapat menjadi penyebab diare.


Mengapa demikian? Mari simak penjelasan berikut.


lari jarak jauh


Dampak Buruk Olahraga Berlebihan


Melakukan olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Wajarnya olahraga dilakukan dalam satu sesi saja per harinya. Akan tetapi apabila dilakukan secara berlebihan akan mengakibatkan beberapa hal buruk, di antaranya:


  • Gagal Jantung

Rasa lelah yang anda rasakan setelah olahraga memberi efek pada jantung, sehingga bis mengakibatkan jantung menjadi lemah serta resiko terjadinya kerusakan pada jantung meningkat. Oleh karena itu, antara olahraga yang anda lakukan dengan nutrisi yang diperlukan tubuh anda haru seimbang.


  • Cedera Tubuh

Kemungkinan anda mengalami cedera akan lebih besar jika anda memaksakan tubuh anda tetap berolahraga saat mengalami kelelahan. Cedera yang biasa terjadi adalah keseleo, nyeri otot, atau bahkan patah tulang. Sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk berolahraga saat kondisi tubuh sedang tidak fit.


  • Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur bisa membantu anda untuk memulihkan tubuh anda dari kelelahan secara otomatis. Namun, jika anda terlalu banyak berolahraga atau bahkan kecanduan, hal itu akan membuat anda kelelahan sehingga tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Kemudian, sistem kekebalan tubuh anda melemah, dengan mudah penyakit akan menyerang anda.


  • Susah untuk Tidur

Apabila waktu olahraga anda dalam jumlah yang cukup, hal itu akan membantu anda tidur lebih nyenyak. Sebaliknya, apabila anda berolahraga secara berlebihan, anda akan mengalami insomnia atau sulit untuk tidur. Berolahraga membuat tubuh anda merasa stress dan menyebabkan pengeluaran kortisol, yang membuat anda tidak mengantuk dan sulit merasa rileks, apalagi tidur.


  • Gangguan Menstruasi

Kelebihan berolahraga akan membuat anda kehilangan banyak lemak tubuh. Kehilangan terlalu banyak lemak bagi wanita, dapat menyebabkan gangguan menstruasi, misalnya terlambat atau bahkan tidak menstruasi. Bila hal ini berlangsung dalam waktu lama, maka dapat menyebabkan kemandulan.


penyebab diare


  • Depresi

Apabila anda adalah orang yang sangat menyukai melakukan kegiatan dan gila kerja, maka olahraga bisa menjadi obat untuk hal itu.  Anda akan memiliki ketergantungan akan olahraga agar bisa melakukan pekerjaan anda dengan sebaik mungkin. Mood anda akan menjadi buruk atau bahkan sampai mengalami depresi saat anda tidak melakukan olahraga.


  • Mempercepat Botaknya Kepala

Sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa melakukan olahraga berat dengan tidak diseimbangin nutrisi yang cukup akan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan rambut, contohnya membuat rambut mudah rontok tak terkontrol. Hasil dari studi ilmiah yang dilakukan oleh American Hair Loss Association mengatakan bahwa terlalu banyak berolahraga dalam kurun aktu yang lama akan mengakibatkan stres hingga tingkat kronis. Hal tersebut membuat rambut memiliki resiko tinggi mengalami kerontokan yang lebih banyak dibandingkan dengan rambut yang tumbuh. Selain kerontokan pada rambut, penumpukan keringat yang berlebih akan membuat rambut anda kusam meskipun kemungkinan itu terjadi tak sebesar kerontokan.


  • Anemia

Melakukan olahraga berlebihan akan meningkatkan kemungkinan terserang anemia. Dampak dari anemia itu sendiri adalah rasa lemas, mudah lelah, dan lesu. 


Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Eating Disorder mengatakan bahwa penyebab anoreksia setengah dari 336 wanita disebabkan karena olahraga yang berlebihan. Dibandingkan dengan pria, wanita biasanya lebih rentan mengalami anoreksia, karena lebih obsesif saat melakukan olahraga. Bahkan mereka bisa berolahraga selama enam jam di setiap harinya.


akibat terlalu banyak olahraga



Apakah lari jarak jauh menyebabkan diare?


Diare merupakan penyakit dimana si penderita mengalami rangsangan buang air besar yang tiada henti dengan fases yang memiliki kandungan air berlebihan. Tak hanya itu, diare adalah salah satu gangguan perut yang paling sering terjadi, tak hanya pada manusia, hewan juga bisa terserang diare. Seringkali diare akan muncul sebagai akibat dari terlalu banyak makan pedas dan tidak higienis. Parasit dan juga kuman pun bisa menjadi salah satu penyebab diare. Jika diare menyerang bayi, hal itu lebih berbahaya lagi. 


Olahraga berlebihan akan menyebakan tubuh menjadi pegal-pegal ataupun terkena cedera otot dan terlebih lagi akan memicu penyebab diare. Itu disebabkan karena olahraga terlalu berat akan menyebabkan suplai darah pada saluran pencernaan dan otot akan berkurang, kemudian akan muncul kram. Tak hanya bisa menyebabkan diare, bahkan bisa menyebabkan pendarahan saat buang air besar.


Jadi, olahraga apapun dan tak hanya lari jarak jauh saja, memiliki potensi menjadi penyebab diare. 


Orang sering berkata, diare itu disebabkan karena kebanyakan air di sistem pencernaan. Namun, menurut saya ini bukanlah faktor utama masalah pencernaan. Tapi diare bisa juga disebabkan karena kekhawatiran dan kepanikan. Dan olahraga ini bisa memicu kedua hal itu bisa terjadi. Ini sudah dikonfirmasi oleh banyak penelitian bahwa setiap sifat ini telah dihubungkan dengan setiap pergerakan usus dan anus, yang pasti mengakibatkan diare atau aktivitas perut lain. 


Jadi pokoknya, ya,olahraga mengakibatkan diare. Tapi bukan karena sebab yang biasa orang percaya yaitu kebanyakan air yang ada di dalam sistem pencernaan manusia.


bahaya lari jarak jauh


Demikian informasi yang bisa saya berikan atas pertanyaan anda. Jadi, baik lari jarak jauh maupun olahraga lainnya dapat menyebabkan diare apabila dilakukan secara berlebihan. Tidak hanya diare, namun dampak buruk lain juga bisa terjadi saat anda terlalu banyak melakukan olahraga. 


Alangkah baiknya jika anda berolahraga mengikuti prosedur para ahli. Olahraga memang baik untuk tubuh, tetapi melakukannya secara berlebihan bisa membahayakan tubuh anda, seperti yang telah saya jabarkan di atas. Oleh karena itu, lakukan olahraga sesuai dengan kapasitas tubuh anda dan sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Jika sedang terserang diare, ada beberapa cara menyembuhkannya secara alami atau pergilah berobat ke dokter.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang