Apakah latihan sirkuit merupakan bagian dari latihan senam?

Dilihat 204 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ini adalah pertanyaan yang bagus dan ada banyak kebingungan menganai hal ini karena cara kita menggunakan bahasa dalam komunitas kebugaran. Secara teknik (seperti yang didefinisikan oleh Asosiasi Senam dan Kebugaran Amerika), latihan senam merupakan segala bentuk latihan yang terdiri dari serangkaian aktivitas yang menciptakan kebutuhan yang lebih besar terhadap oksigen pada jangka waktu tertentu. Tapi, biasanya saat kita membicarakan mengenai latihan senam, yang kita maksud adalah gerakan yang berulang - ulang dengan intensitas yang rendah - sedang (60-85% dari denyut jantung maksimal) pada jangka waktu tertentu. Berlari kecil merupakan salah satu contoh dari latihan jenis ini. 


Sebaliknya, latihan sirkuit merupakan serangkaian aktivitas yang berbeda (seringkali merupakan kombinasi dari tubuh secara keseluruhan, bagian bawah, atas, dan tengah) dalam waktu yang singkat dengan intensitas yang tinggi (biasanya sekitar 85% dari denyut jantung maksimal) dibanding program latihan senam. Pada prakteknya, dalam latihan sirkuit, hampir selama ada latihan ketahanan/beban yang terlibat. Tapi latihan senam, kalau cukup intensif, bisa juga digabungkan ke dalam latihan sirkuit.


Kalau kamu pikir program latihan sirkuit pada akhirnya akan dapat didefinisikan sebagai latihan senam, kamu benar, selama latihan tersebut menciptakan kebutuhan akan peningkatan oksigen, maka latihan ini bisa dikategorikan sebagai latihan senam. Hanya saja kita biasanya berusaha untuk memisahkan dua jenis latihan dalam pikiran kita seperti yang saya jelaskan di atas, karena hal ini membantu orang - orang mengerti apakah suatu program merupakan intensitas tinggi/rendah, lebih merupakaan latihan ketahanan, dsb, sehingga mereka memiliki informasi yang cukup untuk memutuskan latihan mana yang paling tepat untuk mereka.


Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang