Apakah lemak hati bisa mentoleransi dosis tinggi dari vitamin C? Apakah vitamin C diproses oleh hati?

Dilihat 368 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Dalam dunia medis, lemak hati dikenal dengan nama steatohepatitis. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal yang dapat ditandai dengan masalah hati lainnya seperti sirosis alkoholik. Kamu perlu memahami bahwa tidak semua bentuk lemak hati memiliki penyebab atau respon yang sama terhadap pengobatan. 


Penyakit lemak hati yang tidak disebabkan oleh alkohol dikenal dengan NASH atau steatohepatitis non-alkoholik. Vitamin C diserap dengan berbagai tingkatan dari usus selama proses pencernaan yang disirkulasikan dalam aliran darah, diambil oleh sel - sel jaringan sesuai dengan kebutuhan mereka, sedangkan sisanya dikeluarkan melalui ginjal 


Jaringan yang memiliki tingkat vitamin C yang lebih tinggi dibanding konsentrasi plasma termasuk di antaranya kelenjar - kelanjar dan organ - organ, misalnya hati. Vitamin C disimpan di dalam hati dan bisa mempengaruhi tingkat enzim hati tapi diproses di ginjal.


Ada beberapa penelitian yang sudah dilakuakn terkait dengan penggunaan vitamin C, baik sendiri maupun dikombinasikan dengan zat lainnya seperti vitamin E. Hasilnya menggembirakan tapi tidak pasti. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa vitamin E memiliki manfaat pengobatan melebihi vitamin C, tapi vitamin C bermanfaat dalam membatasi kerusakan dari peradangan yang disebabkan oleh stress oksidatif. Kalau kamu didiagnosa memiliki penyakit lemak hati, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perubahan pada pola makan atau mengkonsumsi suplemen.

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang