Apakah Leonardo da Vinci seorang gay (homo) ?

Dilihat 321 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Mayoritas akademis pada umumnya percaya bahwa Leonardo mungkin seorang gay atau setidaknya seorang bi sexual. Dan inilah beberapa alasan yang "mendukung" dan "menentang" argumen tersebut :


Alasan yang mendukung: 


  • Dia tidak pernah menikah
  • Cara dia menggambar orang laki-laki  dalam lukisan-lukisannya sangat feminin.
  • Dia terus mempekerjakan Salai yang dia perlakukan dengan kasih sayang meskipun dia artis yang kurang berbakat. Salai terus tinggal di rumah Leonardo selama bertahun-tahun. 
  • Dalam kehidupan selanjutnya,  Leonardo mempunyai murid lain, seorang bangsawan, yaitu Francesco Melzi yang digambarkan sebagai "Pria Italia yang tinggal dengan pelukis ulung Leonardo"
  • Dia dituduh melakukan sodomi pada tahun 1467, tuduhan itu diberhentikan dan tidak ada tuduhan yang lebih lanjut terhadap dia yang diajukan.
  • Kota Florence (dan Italia pada umumnya) selama awal dan berkembangnya zaman Renaisans , agak terbuka untuk kegiatan homoseksual. Ya, anda bisa dituntut karena sodomi dan ya itu dianggap dosa di gereja katolik , tetapi ada banyak catatan dari orang-orang (bangsawan, bahkan pemuka agama, bahkan paus) terlibat dalam kegiatan homoseksual, mencintai sesama laki-laki dan semacamnya dan masyarakat umum tampaknya OK saja dengan hal itu selama anda tidak melewati batas.  Marsilio Ficino, seorang filsuf hebat dari Akedemi Platonik yang Da Vincy ,~ tidak diragukan lagi~ , temui dalam lingkaran Lorenzo il Magnifico adalah seorang pria gay dan seorang iman yang menulis surat cinta kepada muridnya. Hubungan homoseksual platonik nya dengan mahasiswa  bukanlah rahasia, meskipun begitu dia tidak pernah dituntut,  mungkin karena dapat perlindungan dari Medici serta reputasi murninya. Saya membayangkan Da Vinci, menjadi seorang pemuda tampan di masa mudanya, yang tinggal di Florence, mungkin setidaknya telah bereksperimen dengan kegiatan homoseksual dan bahkan mungkin mempunyai beberapa hubungan. 

Alasan yang menentang :


  • Banyak artis lainnya yang tidak pernah menikah, itu bukan berarti mereka gay. Botticelli tidak pernah menikah (tetapi dia dikabarkan juga seorang gay)
  • Ya, dia melukis agak feminin untuk  karakter laki-laki, tetapi gaya seni pribadinya tidak berarti apa-apa dalam orientasi seksual.
  • Kebaikan hatinya terhadap Salai dan mengambil murid lain bisa merupakan kasih sayang seorang ayah/atau seorang tokoh  terhadap anak/adik . Mungkin tidak ada hubungan seksual antara mereka
  • Sodomi sering digunakan sebagai "bentuk" tuduhan jika anda ingin memfitnah seseorang. Banyak orang yang dituduh melakukan sodomi pada saat itu dan tidak semua dari mereka adalah benar. 
  • Kota Florence relatif terbuka untuk homoseksualitas pada saat itu, bukan berarti Leonardo benar-benar melakukannya juga.

Jadi, ada bukti yang mendukung untuk kedua pendapat tersebut, dan seperti misteri sejarah lainnya, anda yang hanya harus menilainya sendiri. 


Ini adalah menurut pendapat saya : Leonardo adalah seorang gay. Karakter laki-laki itu cukup banyak meneriakkan "gay!!!" untuk saya. Dia dan Michelangelo keduanya adalah gay atau setidaknya bi sexual.  Dia memiliki hubungan dengan Salai, dan Salai mengambil keuntungan dari dia. Dia kemudian mungkin mempunyai hubungan lain dengan Melzi. Dia dituduh sodomi karena dia mungkin mengeksplor seksualitasnya  di pesta pora yang mana banyak orang yang tidak tahu dan dilaporkan oleh teman-teman muda lainnya. 


Catatan : Jadi saya benar-benar tidak memiliki data untuk mendukung klaim saya dari "mayoritas akademis". Tetapi dari apa yang saya baca, ketika saya sedang belajar sejarah seni, tampaknya sebagian besar profesor saya(yang saya banyak mengobrol dengan mereka), sebagian besar buku yang sudah saya baca, semua menerima kemungkinan bahwa Leonardo adalah benar-benar seorang gay.  Jadi penilaian nya adalah "ya, mungkin...tetapi kita tidak tahu pasti, ada implikasi yang kuat, tetapi ,kita tidak tahu pasti, ... jika anda ingin percaya bahwa dia bukan seorang gay, bertemulah dengan saya, tetapi saya pikir dia mungkin seorang gay",  begitulah kira-kira.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang