Apakah makan mie instan memang sangat buruk untuk kesehatan?

Dilihat 1,8 rb • Ditanyakan hampir 3 tahun lalu
1 Jawaban 1

Makanan cepat saji dalam kemasan sebenarnya kurang baik bagi kesehatan. Dengan kemasan yang tahan beberapa bulan dan bisa disajikan dengan beberapa menit, tentunya makanan ini mengandung banyak bahan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan. Penambahan MSG atau apapun yang terlalu melebihi batas pasti akan sangat merugikan kesehatan konsumen. Kalau ada yang mengatakan bahwa Maggi itu sehat, itu adalah sebuah anggapan yang salah. 


Tidak hanya Maggi, tapi juga Top Ramen, Sunfeast Pasta, Knorr, dan makanan instan lainnya. Semua itu merupakan makanan olahan. Makanan tersebut adalah makanan kemasan, yang artinya ada sifat preservatifnya. Apakah makan Maggi itu buruk untuk kesehatan? Sebenarnya pertanyaan bisa dijawab langsung tapi untuk memperjelasnya, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan kemasan di antaranya Maggi.



bahaya mie instan



Dampak Mengonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan


Bahan mie instan yang terkandung dalam mie instan di antaranya:


  • Mengandung karbohidrat dengan olahan tinggi
  • Mengandung sirup jagung fruktosa yang tinggi (yang merupakan bahan pokok untuk makanan olahan). 
  • Makanan tersebut mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi, tiga bahan makanan yang adiktif ini membuat kita ingin terus memakannya bahkan walaupun kita tidak lapar. 
  • Terutama mienya mengandung lemak  Mengandung triliunan bahan kimia buatan seperti pewarna dan perasa (dalam makanan) dan pemberi tekstur (dalam mie) karena makanan olahan tidak memiliki rasa alami. 
  • Untuk memperpanjang waktu penyimpanannya, komponen dari mie instan itu diolah dan diisolasikan, nutrisi penting serta seratnya dihilangkan. Cara ini tidak hanya memperpanjang waktu penyimpanan mie instan di rumahmu, tapi juga membuatmu kurang kenyang setelah mengonsumsinya dan akhirnya kamu akan memakannya terus menerus. 


akibat terlalu banyak makan mie instan

Pembuatan mie instan dilakukan dengan pengeringan karena bentuknya panjang maka prosesnya bisa dilipat, digoreng, dan dioven hal ini perlu minyak sayur dan margarin untuk mempermudah, dan tentu saja ini akan menambah lemak dalam mie tersebut. 


Bahan mie instan sendiri di samping mengandung karbohidrat yang tinggi, juga terdapat bahan-bahan lain seperti minyak sayur, garam, natrium polifosfat, (penstabil dan pengental), natrium karbonat dan kalium karbonat (keduanya mengatur keasaman) tartrazine (pewarna kuning). kadang ditambah dengan bahan lain seperti zat besi, nabati, asam malat, dan ribotide yang fungsinya tidak jelas.


Kesehatan itu penting dalam tubuh tapi kadang orang suka menganggap remeh tentang kesehatan dengan mengonsumsi mie instan sebenarnya menghilangkan nutrisi penting. Hal ini akan memberimu kalori kosong, kamu hanya perlu energi sedikit untuk mengunyah dan menelannya, dan kamu hanya membakar sedikit setelahnya saat dalam proses pencernaan karena makanannya sudah hampir rusak ketika mereka memasuki sistemmu. 


bahan mie instan


Bahan mie instan kalau bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang mengandung vitamin, serat, dan zat lain yang diperlukan tubuh dengan takaran yang pas mungkin tidak membahayakan tubuh. Tapi kenyataannya mengkonsumsi mie ataupun Maggi tidak baik untuk kesehatan hal ini tentu saja terjadi karena banyaknya kasus dan dilakukan dengan riset yang panjang.



Faktor Yang Menyebabkan Obesitas 


Banyak orang yang menyukai produk olahan kemasan (seperti mie instan ataupun Maggi) penyababnya antara lain:


  • Harga yang terjangkau sehingga bisa dikonsumsi oleh siapa saja.
  • Produk olahan yang praktis dibuat sehingga tidak memakan waktu lama cuma 5 menit sudah siap saji.
  • Bisa meredakan rasa lapar sehabis beraktifitas.
  • Rasa yang enak membuat orang terasa ketagihan dan mengonsumsinya bisa beberapa kali dalam sehari.
  • Bagi orang yang sibuk, solusi untuk mengatasi rasa lapar biasanya mengonsumsi mie instan. 

Mie instan sebenarnya bisa menjadi faktor penyebab obesitas jika mengonsumsinya terlalu berlebihan dan mengonsumsi setiap hari. Ditambah lagi, seperti yang orang lain katakan, Maggi itu sangat tidak mahal dan bisa dibuat hanya dalam 2 menit. Bagaimana mungkin makanan ini bisa sehat? kalau cara memasaknyapun cepat sehingga tidak akan matang dengan sempurna. Mie instan ini banyak disukai oleh tua maupun muda berbagai merek terpajang di supermarket atau warung-warung terdekat sehingga orang mudah untuk mendapatkannya. 


mie instan yang enak

Satu bungkus mie instan mengandung kalori sebesar 350 sebanding dengan 4 lembar roti tawar kupas, sebanding dengan 7 buah pisang ukuran besar, dan sebanding dengan nasi 5-6 sendok nasi beserta lauk pauknya jadi tidak heran kalau mengonsumsi mie instan bisa menjadi gemuk tak salah kalau banyak pakar kesehatan mengatakan kalau penyebab obesitas adalah makan mie instan setiap hari.


Untuk menjaga kesehatan sebaiknya hindari mengkonsumsi mie instan karena dapat merusak kesehatan, sebaiknya makan makanan dari bahan-bahan yang segar jauh lebih sehat untuk tubuh. Jagalah kesehatan selagi kamu sehat kerena akan mudah mengatasinya, ingat bahwa sehat itu indah.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang