Apakah makanan tinggi serat bagus untuk mengurangi berat badan?

Dilihat 1,32 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Banyak sekali wanita yang berani melakukan program penurunan berat badan bahkan sampai melakukan diet ekstrem hanya demi tercapainya berat badan impian mereka. 


Tetapi, program menguruskan badan atau dikenal dengan program diet memang tidak mudah bagi banyak orang, apalagi bagi yang memang hobi makan. 


Wanita yang memang hobi mengonsumsi makanan akan merasa sangat tersiksa jika harus menahan rasa laparnya sepanjang hari. Padahal jika dicermati masih banyak program diet yang tidak harus membuat kita menahan lapar dalam waktu yang lama, yaitu dengan banyak mengonsumsi serat setiap anda merasa lapar. 


Serat selalu hadir sebagai bagian dari menu diet yang utama setelah makanan berprotein. Cara mengurangi berat badan dengan makanan berserat ini bisa anda lakukan, tapi sebelumnya mari kita bahas mengenai manfaat makanan berserat untuk menurunkan berat badan. 


Manfaat makanan berserat untuk diet


Manfaat Serat Bagi Tubuh


Serat dalam makanan disebut juga dengan serat diet atau dietary fiber. Pengertian makanan berserat sendiri merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang tidak bisa diserap dan dicerna oleh tubuh. 


Jika sebagian besar karbohidrat akan dipecah menjadi molekul gula di dalam tubuh namun tidak dengan serat, serat akan melewati tubuh tanpa pecah. Serat terbagi atas dua jenis yaitu serat larut dan serat tidak larut. 


Jika seseorang mengonsumsi serat, tubuh tidak akan menyerap apapun dalam serat yang kita konsumsi kecuali vitamin ataupun kandungan lain dari sari makanan berserat itu sendiri. Karena serat tidak bisa dicerna oleh tubuh, maka serat juga tidak bisa menghasilkan kalori dan juga energi bagi tubuh. 


Namun, keberadaan serat dalam tubuh kita akan membantu proses metabolisme dan berkhasiat untuk memperlancar pencernaan kita. Kita bisa menemukan banyak makanan berserat yang berasal dari tumbuhan seperti segala jenis sayuran dan juga buah-buahan. 


Peranan penting serat yang lainnya untuk kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut:


  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah kanker usus
  • Mencegah jantung koroner
  • Makanan yang baik untuk menurunkan berat badan
  • Mencegah sembelit
  • Mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan 
  • Mengurangi resiko hipertensi dan juga stroke

Manfaat makanan berserat


Serat memang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan kita, sehingga kita bisa terhindar dari beberapa penyakit pencernaan bahkan kanker usus yang bisa menyebabkan kematian. 


Maka dari itu, makanan berserat harus ada dalam menu harian anda, bahkan ada batas minimal mengkonsumsi serat sehari-hari. Anjuran konsumsi serat untuk orang dewasa per harinya adalah 25-35 gram sehari. Jika anda tidak mengonsumsi cukup serat setiap harinya, anda akan berisiko terkena sembelit atau bahkan wasir. 


Makanan berserat yang bisa menjadi rekomendasi anda adalah segala jenis buah-buahan, misalnya apel merah, belimbing, alpukat, buah naga, jambu biji merah, leci, nanas, kelengkeng, pepaya, melon, mangga, pir, pisang, semangka, dan masih banyak lagi. 


Sedangkan daftar sayuran yang mengandung banyak serat di antaranya adalah brokoli, wortel, labu kuning, bayam, pare, kubis, kacang panjang, dan masih banyak lagi. 


Manfaat makanan berserat untuk diet



Serat Untuk Diet


Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa serat adalah kandungan makanan yang tidak bisa dicerna ataupun diserap oleh tubuh secara sempurna, hal inilah yang membuat serat akan lebih lama dicerna oleh tubuh walau akhirnya serat dibuang oleh pencernaan kita. 


Inilah mengapa kita selalu merasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsi serat karena memang serat akan lama di cerna di dalam tubuh kita. Serat juga membantu kita untuk mengeluarkan makanan yang tersisa di dinding usus kita sehingga membuat pencernaan kita bersih dan sehat. 


Dengan penjelasan tersebut tidak perlu diragukan lagi bahwa serat memang bisa membantu menurunkan berat badan seseorang karena makanan berserat bisa membuat anda kenyang lebih lama sehingga mencegah anda makan secara berlebihan. 


Untuk itu, tidaklah salah bahwa serat adalah makanan yang terbaik untuk program diet. Memakan banyak makanan yang mengandung serat tidak akan membuat anda gemuk, sehingga anda tidak perlu menahan lapar lebih lama dengan tidak memakan apapun. 


Anda bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi sebagai salah satu cara mengurangi berat badan anda tanpa perlu menahan lapar. 


Beralihlah pada diet sehat tinggi serat yang bisa menurunkan berat badanmu, berikut ini adalah caranya:


Pilihlah makanan beserat kesukaan anda


1. Pilihlah Makanan Berserat yang Anda Sukai


Pilihlah beberapa jenis makanan dari sayuran dan juga buah-buahan yang paling anda suka. Ini akan membuat diet tinggi serat anda tidak akan menjadi beban bagi anda kerena anda telah mengonsumsi makanan yang anda sukai. 


Konsumsilah buah-buahan di pagi hari yang bisa anda makan langsung atau dibuat sebagai jus bebas gula yang segar untuk memulai hari. Makanan berserat juga akan efektif untuk mengganti makanan cemilan anda. Cemilan sehat tinggi serat dari buah-buahan atau sayuran akan sangat bagus dikonsumsi saat anda merasa lapar diluar jam makan anda. 


Sehingga saat jam makan anda tiba, anda tidak akan merasa terlalu lapar karena perut anda telah kenyang oleh makanan berserat. Dengan cara ini dijamin berat badan akan turun dengan cepat.



2. Tetap Konsumsi Makanan Lain 


Jangan pernah menganggap bahwa diet serat artinya anda hanya mengkonsumsi makanan yang berserat sepanjang hari. Hal ini sangat tidak dianjurkan apalagi serat memang bukan asupan makanan berenergi yang bisa menunjang aktivitas anda sehari-hari. 


Serat hanyalah makanan yang baik dikonsumsi bersamaan dengan sumber makanan lainnya seperti karbohidrat, protein, dan vitamin. Jenis dan sumber makanan lain tetap anda butuhkan untuk menunjang anda dalam melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. 


Sumber makanan lain tetap aman untuk anda konsumsi selama tidak berlebihan, anda bisa mengkonsumsi makanan berprotein saat makan siang untuk asupan energi anda. Namun selalu ingat untuk mengkonsumsi serat saja saat anda merasa lapar di luar jam makan anda. 


Saat makan malam anda boleh menggantinya dengan makanan berserat saja agar mencegah penumpukan lemak akibat makanan berkalori saat anda tidur. 


Konsumsilah banyak air putih


3. Konsumsilah Banyak Air Putih


Mengonsumsi banyak air putih perlu dilakukan jika anda sedang menjalankan diet apapun khususnya diet tinggi serat. Apalagi memang terbukti bahwa serat akan bekerja lebih baik jika anda mengonsumsi banyak air. 


Anjuran bagi anda yang sedang melakukan diet adalah anda perlu mengkonsumsi air putih sebanyak 10 gelas per harinya sedangkan untuk seseorang yang sedang tidak menjalankan diet minimal meminumi air putih sebanyak 8 gelas perhari. 


Air putih juga memiliki banyak manfaat untuk membantu menurunkan berat badan seperti mempercepat proses metabolisme tubuh dan juga mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu air putih juga bagus untuk menjaga anda tetap terhidrasi sehingga kestabilan cairan dalam tubuh anda terjaga walaupun anda sedang berdiet.



4. Perhatikan Kesehatan Anda


Dalam melakukan diet tinggi serat anda harus memperhatikan kondisi kesehatan anda. Jika anda memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan diet tinggi serat ini. 


Sebaiknya sebelum anda memakan makanan tinggi serat yang bersifat asam anda harus sudah mengkonsumsi makanan harian anda seperti makanan yang mengandung protein atau karbohidrat. Anda akan tetap bisa melakukan diet ini namun selalu ingat untuk selalu mementingkan kesehatan, makanan berserat juga sebenarnya bagus untuk kesehatan sistem pencernaan anda. Tetapi ada beberapa makanan berserat yang berasa asam yang harus dihindari oleh penderita maag ataupun yang memiliki masalah pada kesehatan lambungnya.


Pentingnya Berolahraga


5. Berolahraga


Berolahraga adalah hal penting jika anda ingin mendapatkan hasil penurunan berat badan yang efektif dan juga cepat. Berkurangnya konsumsi makanan berlemak dan juga karbohidrat akan membuat anda mudah menurunkan berat badan dengan bantuan olahraga. 


Luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga apapun yang menurut anda nyaman. Proses pembakaran lemak akan terjadi pada 20 menit awal saat anda melakukan olahraga jadi jangan berhenti melakukan olahraga sebelum mencapai waktu lebih dari 20 menit. 


Pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga, anda bisa berolahraga di pagi hari ataupun di sore hari untuk mendapatkan hasil pembakaran lemak yang maksimal. 


-


Itulah beberapa tips cara melakukan diet tinggi serat yang merupakan salah satu cara mengurangi berat badan yang efektif untuk anda lakukan. Yang terpenting dalam melakukan program penurunan berat badan adalah mulai mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat salah satunya adalah dengan belajar mencintai makanan berserat tinggi dan mengurangi makanan berlemak. 


Gaya hidup sehat lainnya juga perlu anda lakukan seperti menghindari kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, dan minuman bersoda. Beberapa makanan yang tidak bagus untuk diet juga harus anda hindari seperti junk food, makanan berlemak, makanan instan, dan masih banyak lagi. Anda juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup, jadi pastikan anda tidur setidaknya 6-8 jam per hari. Semoga berhasil!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang