Apakah makna dari sebuah film Korea yang berjudul Old Boy?

Dilihat 511 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jawabannya adalah karena dengan mengamati versi ekstrim yang menarik bagi kita (orang biasanya menyukai balas dendam), kita akan tertarik untuk mempertanyakan mengenai arti yang sebenarnya dan menjadi enggan untuk memberikan jawaban langsung. Film ini memaksa kita untuk merenungkan sebuah kapasitas yang ada pada diri kita, dan kemudia kita akan mendapatkan jawaban untuk pertanyaan kita sendiri atau menghadapi kekurangan kita.


Dengan kata lain, film ini memiliki fungsi sosial yang mengajarkan kita mengenai bagaimana cara menghadapi kebutuhkan untuk balas dendam dengan menunjukkan kepada kita sudut pandang subjektif dari korban dan bayangan tentang dendam yang tidak pernah pasti kapan akan terselesaikan. Hal tersebut akan membuat kita berpikir, "Apa gunanya balas dendam?". 


Walaupun tidak secara terang - terangan, ada pesan yang disampaikan pada film ini. Karakter utama yang pemabuk dan tidak pedulian memang salah tapi begitu juga dengan temannya yang ingin memiliki pengendalian penuh. Merkeka berdua memiliki peran dalam dilema yang dihadapi sampai akhir. Saya bukan seorang ahli agama timur, tapi bagi saya ini terlihat seperti ajaran agama budha. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa kita harus peduli dengan orang lain tapi harus melepaskan ilusi dari pengendalian. 


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang