Apakah manusia purba memotong kuku jari tangan dan kakinya? Jika ya, bagaimana mereka melakukannya?

Dilihat 774 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dunia pernah dibuat gempar dengan teori evolusi manusia yang dikemukakan oleh seorang ilmuwan yang bernama Charles Darwin tentang asal usul manusia, menurut Darwin bahwa manusia berasal dari sejenis kera. Menurutnya bahwa nenek moyang manusia adalah makhluk yang mirip kera yang berevolusi menjadi manusia modern seperti sekarang ini. 


Tapi menurut Harun Yahya, jenis-jenis makhluk hidup tidak bisa berubah, tidak mungkin terjadi perubahan dari satu bentuk makhluk hidup ke bentuk lainnya, misalnya dari ikan menjadi amfibi dan reptil, reptil ke burung, atau mamalia darat ke paus. 


Siapapun yang benar, membicarakan tentang teori evolusi mengingatkan kita kepada kehidupan manusia purba, manusia yang hidup pada jutaan tahun yang lalu. Dan sekarang kalian memikirkan bagaimana cara membersihkan kuku ala manusia purba!


Unik sekali, mari simak jawabannya!


Manusia purba


Kehidupan Manusia Purbakala


Manusia purba adalah jenis manusia yang hidup pada masa lampau, zaman purba, atau pada zaman praaksara (belum mengenal tulisan). Cara mengetahui keberadaan manusia purba bisa kita ketahui dari fosil-fosil yang ditemukan (fosil adalah sisa-sisa tumbuhan, hewan, dan bekas kerangka manusia yang telah membatu), dan dari peninggalan peralatan dan perlengkapan yang digunakan oleh manusia purba sebagai hasil budaya manusia, seperti peralatan rumah tangga, bangunan, perhiasan, atau senjata. 


Manusia purba memiliki ciri-ciri berjalan tegak dengan menggunakan kedua kakinya, memiliki akal dan volume otak yang lebih besar daripada primata lainnya, mengenal bahasa dan dapat bicara, hidup berkelompok dan mengenal pembagian tugas antara laki-laki dan wanita, serta memiliki peradaban. 


Ada beberapa tahap kehidupan manusia purba, yaitu:


Tahapan masa manusia purba


1. Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan


Pada masa ini kehidupan manusia purba tergantung kepada sumber daya alam, untuk memenuhi kebutuhan hidunya mereka mengandalkan yang tersedia di alam yaitu dengan cara berburu dan meramu. Meramu yaitu mengumpulkan dan memilih tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang bisa dimakan dan dilakukan oleh wanita, sedangkan tugas laki-laki adalah berburu hewan liar. 


Mereka juga tinggal secara bergerombol di tempat-tempat yang menyediakan banyak bahan makanan serta air, seperti di gua-gua tepi pantai. Pada masa ini kehidupan mereka bersifat nomaden yaitu berpindah-pindah, hal ini dilakukan karena bahan makanan di tempat yang mereka tinggali sudah habis dan mencari tempat lain yang memiliki sumber makanan baru. 


Senjata dan peralatan yang digunakan terbuat dari tulang dan batu yang masih kasar, seperti kapak perimbas, dan kapak genggam.



2. Masa Bermukim dan Bercocok Tanam


Pada masa ini pola pikir manusia purba mulai berubah, mereka mulai bisa menemukan cara baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka mulai menemukan cara bercocok tanam dan mereka pun mulai hidup menetap, mulai mengenal berladang, juga berternak. Mereka tidak lagi tergantung kepada alam, karena mereka sudah bisa mengusahakan dan menghasilkan makanannya sendiri. Mereka juga sudah mengenal hidup bergotong royong dipimpin oleh kepala suku, dan sudah mengenal perdagangan sistem barter atau bertukar. 


Alat-alat yang digunakan pada masa ini adalah gerabah sebagai peralatan hidup, mata panah untuk berburu, alat alat pemukul dari kayu, perhiasan, dan beberapa alat-alat pertanian yang mereka buat sendiri.


Manusia purba berburu


3. Masa Mengenal Kepercayaan


Pada masa ini manusia purba mulai menyadari bahwa ada kekuatan di luar dirinya dan melebihi dirinya sebagai manusia. Mereka sudah percaya terhadap hal-hal gaib ataupun roh-roh orang yang telah meninggal dunia yang bisa mempengaruhi kehidupan mereka. 


Mulai muncul beberapa kepercayaan seperti animisme dan dinamisme, mereka mulai melakukan upacara-upacara keagamaan. Selain itu, mulai dibangun bangunan-bangunan yang sangat besar untuk digunakan dalam upacara kepercayaan yang mereka percayai seperti upacara pemujaan dan upacara persembahan.



4. Masa Perundagian


Masa perundagian disebut juga zaman logam karena adanya kemampuan masyarakatnya dalam pengelolaan logam serta banyak barang-barang yang digunakan terbuat dari bahan logam. Seperti kapak corong, bejana, dan perhiasan (cincin, gelang, kalung dan bandulnya). Mereka membuat barang-barang logam dengan cara mencetaknya. 


Pada masa ini kehidupan mereka sudah menetap secara permanen dan teratur, mereka juga mulai mengandalkan mata pencaharian dari bertani dan beternak. Mereka juga memiliki kehidupan sosial yang rapih dimana diadakan pembagian kerja yang jelas dan memiliki sistem pemerintahan untuk mengatur wilayah mereka.



Seperti itulah kehidupan manusia purba pada zaman dahulu, beberapa hal tersebut sangat berbeda dengan zaman sekarang. Karena semakin lama peradaban manusia semakin maju dan peralatan yang digunakan pun menjadi semakin canggih. 


Ada beberapa perbedaan antara manusia purba dengan manusia modern yang bisa kita perhatikan. 


Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh manusia purba :


  • Primitif, tinggal di gua-gua, tertutup tidak menerima orang asing, kanibal (memangsa sesama manusia), rendah intelektualnya, mudah tersinggung.
  • Cenderung emosional lebih mudah marah dan egois.
  • Hidup secara bergerombol bersama kelompoknya.
  • Hidup tanpa aturan dan cenderung ganas seperti hewan.
  • Suka membenci
  • Tidak suka mengobrol dan berdiskusi
  • Lebih suka menghabiskan waktu bersenang-senang di hutan bersama kelompoknya.


Hal ini tentunya berbeda dengan manusia modern. Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh manusia modern: 


  • Suka berdialog
  • Berpikir positif
  • Mudah bersahabat
  • Berpikir terbuka
  • Bertanggung jawab
  • Bisa mengelola emosi
  • Konstruktif dalam berpikir
  • Bisa diajak kerjasama


Kebiasaan manusia purba



Kebiasaan Manusia Purba


Manusia purba pun tidak memiliki banyak budaya, budaya mereka lebih cenderung hidup secara berkelompok, lebih banyak menghasilkan mitos-mitos, pakaian yang digunakan pun terbuat dari jerami-jerami, dan manusia purba cenderung hanya memikirkan bagaimana caranya agar bertahan hidup. 


Sedangkan, manusia modern telah berkembang dan memiliki intelektual yang lebih tinggi. Kita memiliki mata pencaharian beragam, berpendidikan sehingga membuat perkembangan teknologi semakin maju, dan masyarakat yang tertata rapi. Manusia modern juga lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan tubuhnya dari mulai rambut, wajah, sampai kuku jari tangan dan kakinya. 


Lantas apakah manusia purba mempedulikan kebersihan tubuh mereka? 


Kuku jari tangan dan kaki manusia purba merupakan organ dari bagian tubuh mereka yang terus tumbuh memanjang seiring waktu. Pada manusia purba di mana seluruh aktivitas mereka langsung dikerjakan (tanpa pelindung tubuh). Nah,  pada saat aktivitas itu, kuku-kuku manusia purba yang telah panjang akan/bisa mengalami patah atau rusak secara tidak sengaja. 


Selain itu, fakta tentang kuku jari manusia purba adalah mereka merapikan atau memotong kukunya dengan menggigitnya menggunakan gigi atau menggunakan alat sesuai yang digunakan pada zaman itu. 


Karena sejatinya jika manusia merasa terganggu dengan pertumbuhan anggota tubuhnya, termasuk kuku, mereka pasti akan memotong atau menyingkirkannya dengan alat yang mereka miliki.


Jadi manusia purba pada saat itu belum memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan kuku, sehingga mereka membersihkan atau memotong kuku mereka hanya dengan tujuan agar tidak mengganggu aktivitas mereka ketika berburu. 


Mereka tetap memotong kuku jari kaki dan tangan mereka hanya dengan alat seadanya. Kemungkinan besar manusia purba tidak mengetahui cara membersihkan kuku, mereka mungkin juga belum menyadari tentang fungsi kuku pada manusia


Berbeda dengan manusia modern di zaman sekarang, kita memotong atau merapikan kuku demi menjaga kesehatan, bahkan bukan demi kesehatan saja tapi demi kecantikan dan keindahan, dan tentunya menggunakan alat-alat yang lebih modern.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang