Apakah memakai contact lenses (lensa kontak) itu aman?

Dilihat 521 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jika digunakan secara benar, lensa kontak sebenarnya sangat aman. Bagaimanapun juga segala sesuatu yang kita gunakan itu tergantung pada bagaimana cara kita menggunakannya dan merawatnya. Lensa kontak mempunyai  petunjuk khusus bagaimana cara merawat dan memelihara nya. Saya sampai sekarang memakai lensa kontak yang perlu dibersihkan tiap malam dan harus diganti setiap dua minggu. Saya selalu merawat lensa kontak saya dengan mengikuti saran dari dokter mata saya - saran mereka adalah sebagai berikut :

  • Selalu ganti lensa kontak sesuai batas waktu yang dianjurkan. Dalam kasus saya, saya harus menggantinya setiap dua minggu. Jika saya terus memakainya, lensa dan permukaannya mulai rusak, lalu mengambil protein dari mata, dan bakteri yang ada di kelopak mata dapat menyebabkan infeksi atau kerusakan mata.  Jadi, selama saya mengikuti anjuran pemakaian, saya akan baik-baik saja.
  • Selalu lepaskan lensa kontak sebelum tidur. Hal ini dimaksudkan agar mata anda beristirahat dan pulih kembali . lebih baik lagi lepaskan lensa kontak tersebut beberapa jam sebelum tidur karena berarti anda mempunyai banyak waktu untuk memulihkan mata anda dari stress akibat pemakaian "benda plastik" tersebut di kornea anda. Melepaskan lensa kemudian tidur tidaklah cukup. Anda harus melakukan hal ini setiap malam . Terkadang saya juga lupa, tetapi saya melakukan yang terbaik untuk selalu dapat mengingatnya.
  • Beristirahatlah sehari dalam seminggu dari penggunaan lensa kontak. Dokter mata saya tidak pernah menjelaskan sepenuhnya hal ini kepada saya, tetapi dengan melakukan hal ini saya merasakan suatu keuntungan besar lebih yang mana mata saya menjadi lebih relax.  jadi seminggu sekali saya hanya memakai kacamata yang telah di resepkan oleh dokter mata saya. 
  • Kemudian yang paling penting, anda harus membersihkan dan merawat lensa kontak anda sebaik-baiknya. Dokter mata saya merekomendasikan untuk mengggunakan larutan berbahan dasar Hidrogen Peroksida untuk membersihkan  lensa kontak yang mana saya telah menggunakannya  selama enam tahun  dan saya tidak pernah mempunyai masalah mengenai infeksi mata ataupun masalah yang berhubungan dengan lensa kontak saya.  Dan lagi, ada petunjuk khusus yang harus di ikuti bagaimana cara membersihkan lensa kontak dengan benar.  Tanyalah kepada dokter mata anda merk pembersih yang direkomendasikan dan lakukan penelitian anda untuk memastikan bahwa merk tersebut memang bagus.  

Saya memahami  bahwa ada cerita mengerikan akibat pemakaian lensa kontak, dan itu dapat mempengaruhi keputusan kita.  Tetapi anda harus ingat bahwa berita-berita tersebut adalah sebagian kecil dari hal-hal yang sebenarnya terjadi. Tidak setiap berita di tabloid ( dimana berita di Dailymail cenderung berlebihan)  harus diambil sebagai suatu kebenaran yang mutlak yang berlaku untuk semua orang. Saya sangat menghargai anda jika anda  benar-benar mencari kebenaran. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang