Apakah membuat rumah dari coran beton lebih murah daripada menggunakan cara pertukangan yang tradisional?

Dilihat 2,99 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ada berbagai macam jenis konstruksi yang pada umumnya digunakan dalam pembangunan rumah. 


Di antaranya ialah konstruksi baja, konstruksi beton, dan kontruksi kayu. Konstruksi beton jauh lebih efisien daripada menggunakan kayu. Tingkat kekuatan coran beton lebih kuat dan tahan lama. Metode pembangunan sekarang banyak menggunakan kontruksi baja yang dipadu dengan coran beton atau yang kita kenal dengan bondek hal ini akan lebih menghemat dana yang di keluarkan. Sistem metode ngedak dengan menggunakan coran beton jauh lebih praktis dan cepat dibandingkan dengan sistem pertukangan biasa yang banyak menggunakan kayu dan membutuhkan tenaga manusia yang banyak jumlahnya.


Bondek adalah sistem metode pengecoran dengan menggunakan rakitan baja yang disusun sedemikian rupa sehingga tinggal melakukan pengecoran. Kekuatan dari bondek tidak diragukan lagi banyak gedung bertingkat menggunakan metode ini. Di samping biayanya murah, bondek juga tidak cepat rapuh atau karatan.



Pembangunan Menggunakan Coran Beton 


Ada banyak bangunan tertinggi di dunia yang menggunakan konstruksi dari coran beton yang dipadu dengan besi baja kelebihan dari coran beton, karena:


  • Bangunan tahan lama karena sistem ini sangat kuat karena melakukan pengecoran yang dilapisi oleh besi baja.
  • Biayanya lebih hemat karena tidak memerlukan tenaga yang banyak dan tidak membutuhkan kayu untuk merakit dan paku untuk menyambung penyanggah.
  • Pembangunan dengan menggunakan sistem coran beton lebih cepat sehingga waktu untuk menyelasaikan cepat selesai.
  • Hasil yang memuaskan karena bangunan akan terlihat kokoh dan kuat berbeda dengan menggunakan pertukangan biasa. Bangunan tertinggi di dunia sekalipun bisa selesai tepat waktu jika menggunakan metode bondek.



gedung tertinggi



Dibandingkan dengan menggunakan pertukangan tradisional, coran beton masih lebih unggul. Pertukangan biasa atau tradisional banyak menggunakan bahan kayu untuk melakukan pengecoran.


Pembangunan dengan menggunakan pertukangan tradional mempunyai kelemahan, antara lain:


  • Banyak menggunakan bahan kayu dan paku yang nantinya tidak dipakai lagi setelah setelah perakitan, kayu dibuang atau hanya dijadikan bahan bakar.
  • Banyak tenaga yang dibutuhkan sehingga biaya yang dikeluarkan banyak.
  • Bangunan tidak tahan lama karena banyak menggunakan bahan kayu yang kadang cepat kropos dimakan rayap.
  • Bangunan tidak sekokoh dengan menggunakan coran beton.


Jika kita melihat bangunan tertinggi di dunia mungkin dalam pembangunannya banyak membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. tapi sekarang teknologi semakin maju pembangunan gedung tinggi pencakar langit bisa dilakukan dengan waktu yang lebih singkat dan tenaga yang dibutuhkan tidak banyak. 


rumah


Cara membangun rumah menggunakan coran beton jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan pertukangan tradisional dan juga waktu pengerjaannya lebih singkat. Dengan menggunakan bondek, harga dari pekerjaannya dihitung per meter. Berbeda dengan pertukangan biasa, harga ditentukan dengan lamanya mengerjakan bangunan tersebut, dihitung perhari dan ditambah uang makan para tukang.  


Rumah dengan konstruksi beton cenderung tidak mudah terbakar karena beton memiliki sifat isolator yang lebih kuat, tentunya rumah dari konstruksi beton akan cenderung lebih dingin pada saat musim panas dan lebih hangat saat musim dingin. Anda dapat menemukan banyak rumah yang dibangun dengan konstruksi kayu terutama pada rumah adat Jepang. 


Di Indonesia sendiri jumlah rumah yang menggunakan konstruksi beton jauh lebih banyak daripada konstruksi kayu, terutama di kota-kota besar. Konstruksi kayu pada umumnya hanya digunakan pada rumah-rumah kuno atau rumah adat.



kontruksi kayu



Sekarang ini beberapa rumah dibangun dengan menggunakan blok-blok yang sudah dicetak sebelumnya, baik itu beton konvensional atau menggunakan jenis beton berbobot ringan atau disebut Autoclaved Aerated Concrete (AAC). Akan tetapi material ini masih jarang digunakan. Sebagian besar insinyur tidak menggunakan material ini dalam membangun konstruksi tempat tinggal untuk satu keluarga.


Bisa disimpulkan bahwa konstruksi menggunakan beton relatif lebih murah dibandingkan konstruksi kayu. Pengerjaannya yang relatif lebih cepat tidak tidak banyak membutuhkan tenaga seperti konstrusi kayu. Namun perlu diingat bahwa konstruksi kayu tentunya memiliki kekuatan yang kurang daripada konstruksi beton. Pilihlah jenis konstruksi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tempat tinggal serta iklim Anda.

 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang