Apakah mendengarkan banyak percakapan dalam Bahasa Inggris akan membantu untuk meningkatkan kemampuan saya?

Dilihat 774 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan di seluruh dunia. Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang akan anda peroleh dengan belajar Bahasa Ingris. Saat ini Bahasa Inggris sudah sangat mendominasi semua aspek . Hampir semua electronic devices menggunakan Bahasa Inggris dan sebagian besar negara-negara di Asia juga menggunakan Bahasa Inggris sebagai ’Medium of Instruction’ ataupun menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sesudah bahasa nasional mereka. Sebut saja Filipina, Singapura, dan Malaysia, di mana banyak penduduknya yang melakukan percakapan b. Inggris dalam aktivitas sehari-hari. Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang paling sering digunakan oleh dunia. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang  sulit untuk dipelajari, namun anda harus tahu, menguasai Bahasa Inggris merupakan hal yang penting. 

Nah dalam artikel berikut, akan dipaparkan mengapa anda harus menguasai Bahasa Inggris serta bagaimana cara meningkatkan kemampuan percakapan b. ing anda. Semoga artikel ini dapat memotivasi dan merangsang minat anda untuk terus belajar Bahasa Inggris.


Mafaat Mempelajari Bahasa Inggris

  • Academic Purpose (Tujuan Akademis)
cara menguasai bahasa inggris

Manfaat belajar bahasa Inggris di era globalisasi salah satunya  adalah untuk keperluan  akademis. Saat ini, setiap siswa diwajibkan untuk mempelajari Bahasa Inggris mulai dari tingkat SD bahkan sampai jenjang kuliah, karena mata pelajaran yang jadi momok itu telah mendapat perhatian khusus dalam kurikulum pendidikan. Nilai ujian akhir pun ditentukan oleh nilai Bahasa Inggris. Beberapa universitas juga mewajibkan para mahasiswa untuk mempelajari buku atau modul dalam bahasa Inggris walupun mereka bukan mahasiswa jurusan Sastra Inggris. Selain itu,  seseorang yang menginginkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2 ataupun S3 di perguruan tinggi terkemuka, terdapat syarat yang mematok agar mereka memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Syarat ini biasanya dilihat pada nilai TOEFL di atas 500.

Maka, mengacu pada syarat tersebut, ada baiknya Bahasa Inggris dipelajari agar kelak bagi mereka yang memiliki cita-cita untuk menjadi doktor atau professor dapat tercapai dengan lebih mudah

  • Pengembangan Karier
cara belajar bahasa inggris yang ampuh


Manfaat belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi selanjutnya adalah memudahkan karir dalam dunia kerja.  Dunia kerja akan tergiur oleh orang-orang yang pandai berbahasa Inggris.  Kecakapan berbahasa Inggris tentunya juga akan memberikan nilai lebih bagi calon pelamar kerja. Mereka yang pandai berbahasa Inggris akan disegani oleh orang-orang sekitar. Hal itu dikarenakan memang banyak orang yang mengakui bahwa mempelajari dan menguasai bahasa Inggris bukanlah suatu  hal yang mudah. Dalam ruang lingkup tempat kerja, mereka yang pandai berbahasa Inggris akan dianggap sebagai karyawan  yang peranannya sangat  penting dalam menjalin hubungan dengan mitra-mitra asing. Mereka akan lebih dipandang atau dihargai  dalam kompetisi dunia kerja. Mengagumkan bukan?

  • Kesempatan Emas Untuk Belajar ke Luar Negeri

beasiswa luar negeri


Sekolah di luar negeri siapa yang tidak mau ? Beasiswa ke luar negeri saat ini sangat banyak di Indonesia. Banyak sekali lembaga yang memberikan beasiswa belajar ke luar negeri kepada para pelajar Indonesia. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah lulus tes TOEFL. Tes ini mengukur seberapa kemampuan anda dalam berbahasa Inggris. Mulai sekarang berusahalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anda karena hal ini merupakan salah satu cara  yang melancarkan urusan anda  untuk mendapatkan beasiswa sekolah ke luar negeri.

  • Memperluas Pergaulan
pergaulan di luar negeri

Manfaat selanjutnya belajar Bahasa Inggris  adalah memudahkan diri anda untuk bergaul. Di atas sudah disinggung bahwa saat ini dunia  telah memasuki era global, dunia yang universal, dunia menjadi satu bangsa dalam keanekaragaman budaya.  Dengan menguasai Bahasa Inggris akan membuat seseorang  memahami perbedaan  kultur suatu bangsa. Dengan begitu seseorang akan semakin berhati-hati dan pandai dalam bertutur kata, ini membuat lawan bicara senang dengan keberadaan anda.

  • Menaklukkan Internet
belajar melalui internet

Anda mungkin berpikir bahwa banyak situs yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tetapi kenyataannya, 80% informasi elektronik hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Sedangkan 20% bagian lainnya, tidak semuanya didominasi oleh bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing non-Inggris lain, seperti bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan sebagainya.  Mungkin hal ini memang dianggap sepele oleh banyak orang. Namun, pada kenyataannya, hal ini sering membuat seseorang  bingung akan ketidakpahaman mengenai teknologi tersebut. Dengan menguasai bahasa Inggris, tentu akan sangat  membantu seseorang untuk mengetahui bagaimana cara mengoperasikan suatu teknologi seperti komputer, smartphone, internet, software dan juga teknologi-teknologi lainnya. Tidak ada yang merugikan dari mempelajari bahasa Inggris kan ?


Cara meningkatkan Kemampuan Bahasa Ingris

Terdapat banyak  cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, seperti perubahan metode belajar, diikuti penggunaan media dan perangkat modern serta mencari seorang teman belajar merupakan langkah awal yang baik ddan patut andda lakukan, simak penjelasan berikut :

  • Metode belajar

Pendekatan pembelajaran yang berbeda seperti penggunaan beragam media berupa film,  buku novel hingga musik untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda dapat memberikan hasil yang jauh lebih signifikan ketimbang anda bertahan menggunakan metode belajar yang lama.

  • Penggunaan media dan perangkat modern

Berbagai perangkat media seperti tablet, smartphone, dan notebook dapat anda gunakan dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda.  Waktu yang terbatas, bukan lagi sebuah alasan. Selain pendekatan ini mampu memberikan ragam pilihan materi yang menarik, perangkat yang menampung berbagai macam bahan tersebut sangat ringan dan praktis. Melalui  perangkat tersebut, anda dapat mengakses kamus elektronik, e-book, film dan acara TV Inggris di manapun dan kapanpun anda berada.

  • Sparring Partner

Dengan adanya teman belajar, anda dapat saling memotivasi dan mengukur sejauh mana perkembangan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Berkumpul bersama untuk membaca buku berbahasa Inggris, menonton acara TV tanpa subtitle dan hal sederhana lainnya, jika dilakukan bersama teman belajar, maka akan mempermudah proses belajar.

  • Perbanyak kosakata

Anda dapat saja akan tersesat ketika memulai perbincangan karena anda kehilangan kata-kata. Jadi untuk mencegahnya coba untuk terus menambah perbendahaaran kata Anda. Jangan ragu untuk banyak menonton film, serial, berita, liputan, mendengarkan radio, music, talkshow dan sebagainya dalam bahasa inggris. Dari sini Anda bisa menambah perbendaharaan kata sambil mengetahui cara pengucapan yang tepat, dan penggunaan kata tersebut dalam kalimat dengan cara yang tepat.

  • Gunakan model point of view story

Ini cara yang mudah untuk memahami grammar. Hanya saja model ini kadang kurang populer. Konsepnya adalah menyampaikan sebuah cerita pendek dalam dua waktu. Jadi anda dapat mendengarkan cerita dengan waktu sekarang yang artinya menggunakan present tense dalam penyampaiannya dan mendengarkan cerita yang sama namun dengan waktu lampau, artinya dengan menggunakan past tenses.  Ini membantu anda membedakan dua sisi waktu dan memudahkan anda memahami grammar percakapan dengan sederhana.

  • Jangan terlalu terikat dengan buku materi

Terlalu terikat dengan materi dalam buku pelajaran akan membuat anda terlalu kaku dalam melakukan percakapan. Selain itu kadang materi di dalamnya terlalu berat untuk percakapan. Coba gunakan buku ringan seperti majalah, novel, atau temukan fanfiction di internet. Ini membantu anda lebih mudah memahami inggris dalam bahasa keseharian.  Tulisan ini akan mengimbangi anda dalam belajar bicara.


Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris  Dengan Cara Mendengar


Keterampilan mendengar bahasa Inggris biasanya berkembang bersamaan dengan keterampilan berbicara. Misalnya, dalam kelas percakapan b. inggris, mau tak mau anda harus mengasah keterampilan mendengar bahasa Inggris agar anda  dapat melakukan percakapan dengan orang lain. Mendengarkan memang menjadi permasalahan yang banyak dihadapi para English learners terutama bagi para pemula. Ini disebabkan karena memang telinga kita tidak familiar dengan bahasa tersebut.

Lalu Bagaimana cara belajar mendengar bahasa Inggris yang baik dan benar?

Satu-satu nya cara untuk dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris kita yaitu dengan memperbanyak melatih mendengarkan penutur asli berbicara. Banyak English learners mengeluh karena mereka sama sekali tidak mengerti ketika penutur asli bahasa Inggris berbicara apalagi pada saat menonton film action yang ada di televisi. Anda tak perlu khawatir, teruslah belajar memperbanyak mendengarkan, karena setiap kali anda mendengarkan percakapan b. ing paling sedikit  30 menit dalam sehari, dalam waktu 6 bulan dan dilakukan secara rutin, pendengaran Bahasa Inggris anda akan mengalami kemajuan yang pesat.

Mendengar percakapan b. inggris dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya :

  • Dengan menonton film bahasa Inggris dan juga dengan mendengar lagu atau siaran radio bahasa Inggris. 
  • Manfaatkan kaset “listening and following”.

Anda dapat belajar cara pengucapan yang tepat dari kaset macam ini. Sebenarnya kaset ini termasuk dalam paket belajar TOEFL. Dari sini anda dapat memperbaiki kemampuan pengucapan anda secara perlahan. Luangkan setidaknya 20 menit sehari selama setidaknya 3 minggu untuk dapat menunjukan hasil.

  • Manfaatkan kaset “ listening and answer”.

Pada tahap lanjut setelah anda mulai nyaman dengan cara pengucapan bahasa inggris, coba gunakan kaset kedua ini. Di sini anda akan mendengarkan pernyataan, kemudian mendengar pertanyaan terkait pernyataan tadi dan menjawabnya. Ini memberi Anda kemampuan untuk menyusun sendiri kata-kata anda. Latihan ini akan memberikan peningkatan yang baik dalam kemampuan anda melakukan percakapan b. ing sederhana.

Jika anda melakukan hal  ini secara rutin, maka keterampilan mendengar bahasa Inggris pun akan semakin terasah dan meningkat.


manfaat menguasai bahasa inggris

Nah, itulah manfaat mempelajari Bahasa Inggris dan pentingnya kemampuan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris lebih giat lagi guna mencapai kesuksesan.

Sudah mendengarkan, sudah mencoba bicara sendiri dan sudah mempersenjatai diri dengan kosakata yang lengkap, namun tanpa mencoba mempraktekannya

Bahasa Inggris anda tetap tidak akan berkembang sampai kapanpun. Jangan ragu untuk menemukan lawan  yang bersedia menjadi rekan bicara anda. Misalkan dengan mengajak adik atau kakak untuk berjanji untuk melakukan percakapan b. inggris selama 2 minggu. Walaupun anda dan saudara anda belum mampu bicara dengan baik, itu bukan masalah selama anda berdua dapat saling memahami kalimat lawan bicara. Dengan mencoba menjalankan cara-cara belajar Bahasa Inggris yang telah disebutkan di atas selama setidaknya 3 bulan, percayalah kemampuan berbahasa Inggris anda akan meningkat dengan pesat. Siapa bilang Bahasa Inggris sulit ?




Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang