Apakah mengkonsumsi hanya 2000 kalori sehari dapat membantuku menurunkan berat badan?

Dilihat 1,47 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Penurunan berat badan itu merupakan permainan asupan kalori. Kalau kamu mengkonsumsi lebih sedikit kalori dari yang kamu butuhkan, hal tersebtu akan menciptakan defisit kalori dan berat badanmu akan berkurang. Kenapa? 


Kekurangan kalori akan dipenuhi oleh simpanan lemak yang ada di dalam tubuhmu sehingga berat badanmu akan berkurang. Untuk pemahaman yang lebih baik terkait hal ini, mari kita lihat berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh rata - rata pria dan wanita.


Meskipun sulit untuk menyamaratakannya melalui sebuah rumus yang umum, tapi kita bisa membaginya menjadi tiga kategori.


  • Gaya hidup aktif: Kamu membutuhkan sekitar 2000 - 24000 kalori per hari. Dengan gaya hidup aktif, kamu dapat mempertahankan berat badanmu dengan mengkonsumsi 2000 kalori per hari. Dan ada kemungkinan bahwa beratmu juga bisa sedikit berkurang.
  • Gaya hidup moderat: Dengan gaya hidup moderat, asupan kalori yang kamu butuhkan adalah sebanyak 1800 - 2200 kalori per hari. Kamu dapat mempertahankan berat badanmu dengan mengkonsumsi 2000 kalori per hari.
  • Gaya hidup yang terus - menerus duduk: Pada gaya hidupini, asupan kalori per hari yang kamu butuhkan adalah sebanyak 1600 - 2000. Kalau kamu mengkonsumsi 2000 kalori per hari kamua adpat mempertahankan berat badanmu dan mungkin juga akan mengalami sedikit kenaikan berat badan karena adanya kelebihan kalori dibanding yang kamu butuhkan.

Bagaimana jika kamu kelebihan berat badan? 


Dalam kasus ini, kalori yang kamu butuhkan adalah sekitar 1200 - 1600 kalori per hari. Jadi kalau kamu kelebihan berat badan dan mengkonsumsi 2000 kalori per hari, berat badanmu justru akan bertambah.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang