Apakah mengunjungi Indonesia (Jawa) saat Ramadan adalah waktu yang tepat?

Dilihat 247 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya berasumsi maksud anda adalah sebagai seorang turis? Jika benar demikian, anda perlu mengingat beberapa hal berikut ini:

  • Berbagai hal terkesan melambat selama bulan Ramadan karena mayoritas orang-orang berpuasa. Anda perlu mengecek apakah aktifitas yang ingin anda lakukan itu masih tersedia atau tidak. Sisi sebaliknya adalah kesannya menjadi lebih sepi, jadi anda tak akan mengalami keramaian seperti jika anda melakukannya di lain waktu.
  • Restoran sangat ramai di sore hari karena orang-orang Muslim berbuka puasa. Sebenarnya cukup menyenangkan berada di restoran saat semua orang sedang berbuka puasa---jika anda bisa mendapatkan meja.
  • Banyak pedagang tidak menyediakan alkohol selama Ramadan (kecuali hotel-hotel internasional). Anda harus fleksibel dengan pemandu wisata dll dan mengijinkan mereka untuk beribadah, berbuka puasa, dll di saat yang tepat. Sebenarnya, ini berulang setiap tahun, tapi anda perlu ekstra sensitif selama Ramadan. Itu Bulan Suci.

Menurut saya silahkan saja anda berkunjung ke Jawa selama Ramadan, tapi waspadalah karena itu adalah waktu yang istimewa dalam satu tahun.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang