Apakah mengunyak permen karet baik untuk gusi?

Dilihat 1,46 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Permen karent merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer. Permen karet berasal dari Amerika, terbuat dari getah pohon atau solusi resin dari gliserin yang ditambahkan gula, peperminm dan bahan lainnya, lalu diaduk dan diperas. Baiklah, mari kita lihat adap manfaat dan kerugian dari permen karet?


Manfaat permen karet:

  • Menyegarkan nafas yang baru, terutama bagi mereka yang menyukai makanan yang berbau tajam seperti bawang putih dan bawang bombay. Permen karet sangat efektif untuk menetralkan bau mulut.
  • Permen karet dapat sangat melekat, sehingga dapat membantu membersihkan sisa - sisa makan pada permukaan gigi. Seringkali mengunyah permen karet meningkatkan produksi air lir yang dapat membersihkan rongga gigi, sehingga kemungkinan terbentuknya plak gigi dapat berkurang.
  • Ketika mengunyah permen karet, rongga gigi melakukan gerakan menggigit berkali - kali, hal tersebut meningkatkan aliran darah pada wajah dan juga melatih otot untuk mengunyah dan menggigit. Hasil penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa mengunyah permen karet 15 menit setiap harinya berdampak positif bagi kencantikan.
Kerugian dari permen karet:

  • Ketika kamu mengunyah permen karet, gula tinggal di dalam rongga gigi untuk waktu yang lama, lalu bakteri yang ada di rongga gigi akan mengubah gula menjadi asam yang akan menghancurkan kalsium pada gigi (email gigi) yang menyebabkan kerusakan gigi. Para ahli merekomendasikan untuk memilih permen karet xylitol sebagai pengganti gula, karena xylitol memiliki rasa dan nilai nutrisi yang mirip seperti gula, tapi tidak akan diubah menjadi asam sehingga aman bagi gigi.
  • Penelitian yang dilaukan di Swiss menunjukkan, seringkali permen karet dapat merusak bahan tambal gigi. Karena itu, bagi orang - orang yang pernah melakukan tambal gigi dengan bahan merkuri sebaiknya tidak mengunyah permen karet. Karena mengunyah permen karet dapat menguraikan senyawa merkuri sehingga dapat meningkatkan jumlah meskuri di dalam darah dan urin. Jumlah yang berlebihan dari senyawa tersebut dapat berbahaya bagi otak, sistem pusat saraf dan ginjal.
  • Anak kecil yang suka mengunyak permen karet akan memiliki kebiasaan menggertakkan gigi ketika tidur karena otot yang ada di mulai dalam kondisi tegang dan hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka. Para ahli menyarankan agar anak - anak tidak mengunyah permen karet lebih dari 3 - 4 kali sehari dan tidak melebihi 10 - 15 menit.
  • Seringkali mengunyah permen karet pada remaja dapat menyebabkan bentuk wajah menjadi persegi panjang, karena  otot rahang akan sangat terlatih dan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang