apakah menonton film adalah alternatif yang baik untuk membaca buku?

Dilihat 1,37 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jawabannya tentu tidak, alasan utamanya adalah, ketika Anda membaca sebuah buku, maka Anda akan membayangkan seluruh situasi yang terjadi pada buku tersebut secara utuh. Seperti apa tokoh-tokoh karakter tersebut, dimana mereka tinggal, apa yang mereka rasakan, dan bagaimana pandangan hidup (ideologi) tokoh-tokoh itu - semua itu diungkapkan melalui kata-kata yang dituliskan oleh pengarang. Namun, Anda akan melihat semua ini dengan cara yang sama (melalui sudut pandang orang lain) ketika menonton sebuah film. 


Banyak penelitian mengatakan bahwa dampak dari membaca (sebuah buku) akan berlangsung lebih lama dibandingkan menonton (sebuah film). Anda akan cenderung untuk memikirkan tokoh-tokoh yang ada dalam buku tersebut setelah membacanya. Sedangkan, film hanya dibuat untuk durasi 2 - 2,5 jam saja. Jadi, film tidak dapat menggambarkan peristiwa atau menayangkan seluruh percakapan yang tertulis di dalam buku secara mendetail. Ya, Anda akan kehilangan banyak aspek pada cerita yang ditampilkan di film. Contohnya adalah, ketika kita membandingkan jalan cerita pada buku Harry Potter dan filmnya, juga bandingkanlah jalan cerita antara buku Lord of the Rings dan filmnya. 


Tentu saja, akan ada keuntungan lainnya yang bisa didapatkan ketika membaca sebuah buku, membaca dapat meningkatkan kemampuan grammar Anda dan memperkaya vocabulary (kosa kata). ( Ya memang saya juga berfikir bahwa dengan menonton film dapat membantu Anda dalam cara pengucapan (pronunciation) atau gaya bahasa (accent) Anda, tetapi siapa yang perduli tentang hal ini ketika menonton film. Di sisi lain, ketika membaca buku, Anda akan tertantang untuk mencari tahu apabila ada kata-kata yang tidak Anda ketahui artinya). Namun, jika Anda memang sedang mencari suatu hiburan, menonton film adalah pilihan yang tepat.



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang