Apakah merokok pada saat-saat tertentu saja lebih berbahaya daripada rutin merokok?

Dilihat 18,8 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seperti kita ketahui merokok adalah salah satu bagian dari kegiatan sehari-hari dari mayoritas masyarakat Indonesia. sebagian besar perokok tahu bahaya merokok tetapi mereka tidak pernah mencoba untuk berhenti merokok. Karena itu, kita sebagai generasi muda harus diyakinkan bahwa merokok adalah kebiasaan buruk dalam hidup. 

Ada 2 jenis perokok, yaitu perokok aktif dan perokok pasif. Dimana, perokok aktif merupakan orang yang merokok dan perokok pasif merupakan orang-orang yang tidak merokok, tapi mencium bau rokok dari perokok aktif.

Perokok aktif ini juga ada jenis nya, ada yang rutin merokok dan ada yang sekali-kali saja untuk melepas stress. Nah, masalahnya..apakah merokok secara rutin dan merokok pada saat-saat tertentu memiliki pengaruh bahaya rokok yang berbeda? 

Ayo, simak terus artikel ini sampai akhir dan ketahuilah fakta-fakta merokok! :)


bahaya merokok


Bahaya Merokok Rutin vs Sesekali

Banyaknya rokok yang dihisap entah itu hanya pada saat tertentu ataupun rutin dihitung dari jumlah rokoknya. Jadi dengan demikian rasanya sudah jelas bahwa merokok di saat-saat tertentu mungkin lebih aman ketimbang merokok rutin. 

Tapi merokok menyebabkan COPD dan menurunkan sirkulasi darah disamping juga menyebabkan kanker. Tergantung apa jenis penyakitnya, jumlah rokok menjadi penting. Contohnya kanker yang disebabkan paparan asap yang terus menerus (jadi merokok rutin lebih berbahaya daripada hanya pada saat tertentu meski jumlah rokoknya sama), ganggren yang disebabkan rendahnya sirkulasi darah tidak bergantung pada jumlah rokoknya, apapun rokok yang dihisap bisa menyebabkan ganggren (jadi mungkin jika anda rutin merokok tubuh menjadi terbiasa dan serangan ganggren akut mungkin tidak akan terjadi pada perokok rutin dibanding perokok di saat-saat tertentu saja). 

Dan COPD diperparah dengan tiap rokok yang dihisap tak peduli jeda waktu antar rokoknya. Dalam kasus ini murni bergantung pada jumlah rokok yang dihisap. Merokok di saat tertentu dan rutin keduanya membuat kerusakan yang sama per satuan rokoknya. Jadi kesimpulannya saya akan mengatakan bahwa pada kasus kanker, merokok yang tidak rutin lebih aman daripada yang rutin. Dalam kasus ganggren, yang tidak rutin lebih berbahaya daripada yang rutin. COPD tidak peduli apakah anda menunggu 2 jam atau 15 tahun untuk merokok yang kedua kalinya. Sekarang COPD terjadi pada usia yang relatif lebih muda daripada kanker (bisa dibilang pada usia 50an hingga 60an jika dibandingkan kanker pada usia 60an hingga 70an). 

Kanker membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga saatnya itu terjadi. Ganggren akibat merokok adalah fenomena yang sangat langka. Karena COPD adalah serangan yang paling awal, tak peduli apakah anda adalah perokok rutin atau seorang perokok di saat-saat tertentu saja. Risiko dan kerusakannya sama.


akibat merokok


Nah, sekarang sudah tahu kan apa bedanya bahaya merokok secara rutin dan merokok sesekali saja? Masih banyak bahaya-bahaya merokok yang mungkin anda belum ketahui dan fakta-fakta merokok lainnya.

Apakah anda tahu, kalau ada cara untuk mengurangi dampak dari merokok? Ada kok caranya. Walaupun begitu, tetap saja...berhenti merokok sebelum hal buruk terjadi adalah cara terbaiknya! Merokok dapat membunuhmu! :(

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang