Apakah minyak ikan omega 3 benar-benar bagus untuk kesehatan?

Dilihat 747 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Berkat kemajuan teknologi di dunia kesehatan, saat ini kita bisa mendapatkan omega 3, yang salah satunya diperoleh dari ikan, dengan mudah. 


Omega 3 sendiri merupakan salah satu lemak tak jenuh. Para ilmuwan telah menemukan bahwa jenis lemak ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai keadaan. Tetapi tubuh manusia tidak dapat memproduksi jenis lemak ini, oleh karena itu lemak omega 3 hanya bisa didapatkan dari asupan makanan, baik sayuran maupun lauk-pauk, serta juga dari minyak ikan.


Telah menjadi rahasia umum sekarang ini bahwa minyak ikan dengan kandungan omega 3 memang memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Omega 3 sendiri mengandung berbagai zat penting bagi tubuh, antara lain DHA (Docosahexaenoic acid), EPA (Eicosapentaenoic acid), serta LNA (Linolenic acid). Zat DHA serta EPA paling banyak ditemukan pada beragam jenis ikan. Sedangkan untuk LNA lebih banyak ditemukan pada tumbuhan atau sayuran hijau.


Tiap zat ini memiliki fungsi berbeda untuk tubuh. Zat DHA berfungsi sebagai jaringan pembungkus saraf. Jaringan ini memiliki perang untuk melancarkan perintah saraf serta mengantar rangsangan dari saraf ke otak. 


Sedangkan zat EPA fungsinya membantu pembentukan sel darah dan jantung, melancarkan sistem peredahan darah atau sirkulasi darah. Lalu zat LNA fungsinya untuk menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi, yang kemudian diangkut ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan.


minyak ikan omega 3



Apa Saja Manfaat Dari Omega 3?


Telah banyak pihak yang menyatakan bahwa kandungan omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dijelaskan di atas, omega 3 ini adalah zat yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel otak, organ pengelihatan serta tulang, dan menjaga sel darah dan jantung agar tetap sehat. 


Bahkan, 40% asam lemak yang terdapat di otak tersusun atas lemak omega 3 ini.


Oleh karena itu, seringkali dokter kandungan memberikan resep vitamin plus DHA, karena kandungan omega 3 ini sangat penting dan dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang sel saraf otak pada janin hingga anak berusia sekitar 5 tahun. 


Kekurangan omega 3 dalam otak dapat mengganggu kerja saraf otak karena kurangnya energi yang dibutuhkan. Hal ini dapat mengakibatkan menurunnya daya ingat serta fungsi otak lainnya.


Selain itu, kandungan omega 3 juga sangat dibutuhkan untuk organ penglihatan dan tulang Anda. Kurang lebih 60% retina mata kita ini dibentuk dari zat omega 3. Sehingga, kekurangan zat ini dapat membuat pandangan mata menjadi kabur. Kalsium juga terkandung dalam omega 3, sehingga cukup baik untuk pembentukan dan kesehatan tulang kita. 


Dan juga, omega 3 dapat digunakan untuk membantu para lansia mengatasi penyakit radang persendian. Kandungan zat ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit tubuh kita.


lemak omega 3



Sumber Makanan yang Kaya Omega 3



Terdapat beberapa sumber makanan yang kaya akan kandungan omega 3. Sebagian dari sumber makanan ini bisa kita dapatkan dengan mudah dan murah. Salah satunya adalah sayuran bayam. Menurut sejumlah penelitian, sayuran bayam memiliki kandungan omega 4 yang cukup tinggi. Anda dapat dengan mudah mendapatkan atau membeli sayuran bayam ini, bisa dengan membelinya di pasar atau supermarket di dekat rumah. 


Selain bayam, sumber makanan yang kaya omega 3 dan bisa diperoleh dengan mudah dan murah adalah ikan air tawar. Berbagai ikan air tawar telah diketahui memiliki kandungan tinggi zat ini. Bagi masyarakat di pedalaman yang jauh dari pantai, maka alternatif sumber makanan yang kaya omega 3 adalah sejumlah ikan air tawar.


Berikut ini beberapa sumber makanan yang kaya lemak omega 3


  • Ikan salmon 
  • Ikan tuna 
  • Ikan air tawar 
  • Ikan makarel 
  • Ikan tenggiri 
  • Ikan hering 
  • Ikan lemuru (ikan sarden) 
  • Kacang kenari 
  • Kacang walnuts 
  • Buah alpukat 
  • Sayur bayam 
  • Minyak canola 
  • Kacang kedelai 


minyak ikan



Selain dari sejumlah sumber makanan di atas, Anda juga bisa mendapatkan omega 3 dari minyak ikan yang telah banyak dijual di berbagai apotek. Banyak produsen yang memproduksi minyak ikan dari hasil ekstrak hati ikan. Produk ini biasanya dijual dalam bentuk kapsul ataupun sirup.


Seperti yang diterangkan di atas, minyak ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pada sejumlah penelitian ilmiah, diperoleh banyak bukti yang menunjukkan bahwa kandungan omega 3 dalam minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh. 


Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, juga ada manfaat suplemen minyak ikan untuk tekanan darah tinggi.


Menurut hasil uji klinis dari American Heart Association atau AHA, terbukti bahwa omega 3, yang juga dapat diperoleh dari minyak ikan, cukup efektif dalam mengurangi penyakit yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular (CVD). 


Kandungan omega 3 dalam minyak ikan dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat, serta menaikkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh kita. Zat ini mampu mencegah akumulasi trigliserida serta mengurangi trigliserida yang berlebih. 


Sehingga pada akhirnya, konsumsi omega 3 secara teratur dapat mengurangi risiko terjadinya sakit jantung dan aritmia jantung.


omega tiga


Bahkan, masih berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa zat ini dapat dipakai untuk mencegah terjadinya aterosklerosis pada pasien pengidap jantung koroner. 


Oleh karena itu, minyak ikan beserta kandungan omega 3-nya cukup efektif dalam mengatasi terjadinya stroke dan sakit jantung. Mengonsumsi suplemen minyak ikan secara rutin setiap hari akan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita, terutama dari serangan jantung serta stroke.


Jika di daftar, setidaknya terdapat 8 manfaat minyak ikan omega 3 untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin setiap hari. 


Beberapa manfaat tersebut antara lain:


  1. Menurunkan kolesterol tinggi 
  2. Mencegah strok dan sakit jantung 
  3. Membantu mengatasi gangguan mata 
  4. Meningkatkan konsentrasi 
  5. Menjaga kesehatan kulit dan tulang 
  6. Mencegah peradangan persendian 
  7. Membantu program diet penurunan berat badan 
  8. Membantu tumbuh kembang saraf janin dan anak-anak, dll. 

suplemen



Jadi, minyak ikan beserta kandungan omega 3-nya memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 


Namun, dalam mengonsumsi produk minyak ikan sebaiknya Anda lakukan dengan teliti. Karena ada beberapa produsen yang berupaya meningkatkan kandungan omega 3 dari produk minyak ikan yang dijualnya, tetapi hal ini malah mencemari serta mengontaminasi minyak ikan dengan sejumlah zat yang apabila dikonsumsi dalam jumlah besar dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 


Mengonsumsi sumber makanan alami guna mendapatkan omega 3 merupakan cara yang aman dan terbaik. Namun jika dalam keadaan terpaksa atau tidak ada waktu, Anda dapat mengonsumsi produk suplemen minyak ikan omega 3 yang telah terbukti secara klinis, bukan hanya karena iklan. Sehingga Anda dapat benar-benar merasakan mafaat dari minyak ikan beserta kandungan omega 3-nya tersebut.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang