Apakah Motor Honda CBR150R cocok untuk pemula?

Dilihat 743 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

honda cbr terbaru


Banyak sekali pilihan merk yang tersedia jika Anda hendak membeli motor dan salah satu yang paling terkenal di Indonesia adalah motor bermerk Honda.

Produsen asal Jepang ini memang merupakan merk terpercaya dan sangat populer di Indonesia karena performanya yang bagus. Selain motor matik dan motor bebek, Honda juga memiliki seri yang terdiri dari berbagai tipe moge (motor gede) atau yang biasa dikenal dengan isilah motor sport, yakni tipe CBR.


Motor Honda CBR terbaru dirilis secara berkala oleh produsen dan selalu memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta motor, terutama motor sport.

Honda CBR terbaru yang dirilis pada tahun 2017 ini salah satunya adalah Honda CBR 150R yang juga memiliki versi MotoGP.


Meski motor Honda CBR merupakan motor yang memiliki harga tinggi, hal ini tidak mengurangi kepopulerannya. Masyarakat memang pada umumnya lebih memilih motor bebek atau motor matik, namun banyak juga komunitas pecinta motor atau anak-anak muda yang memilih mengendarai motor Honda CBR terbaru.


Tak jarang pula orang melakukan modifikasi pada motor Honda CBR mereka. Di zaman modern ini memang masuk akal untuk belajar mengendarai motor. Normalnya pemula akan lebih memilih motor matik atau motor bebek karena mengendarai motor sejenis Honda CBR itu pastinya lebih sulit, terlebih lagi CBR memiliki body yang lebih besar dan lebih berat.


Untuk lebih memahami mengenai motor, di bawah ini saya akan membahas mengenai motor Honda CBR terbaru.


honda cbr terbaru



Motor-Motor Honda CBR Terbaru



Ada berbagai merk motor yang memiliki koleksi motor sport seperti Kawasaki dengan motor Ninja-nya yang terkenal, Honda memiliki seri CBR. Honda CBR terbaru memiliki jenis-jenis sebagai berikut:


  • CBR125R
  • CBR150R
  • CBR250R
  • CBR250RR
  • CBR300R
  • CBR400R
  • CBR500R
  • CBR600R


Selain jenis CBR125R yang memiliki mesin satu katup, jenis lainnya semua memiliki mesin 4 tak dan 4 katup.


Dibanding dengan jenis lainnya yang sudah dirilis sejak lama, CBR250RR baru mulai dijualbelikan pada tahun 2017. Peluncurannya diumumkan pada bulan Juli 2016 kemarin di Jakarta dan baru mulai diproduksi pada bulan November tahun yang sama.


Jenis lainnya memang sudah dirilis dari lama, namun dari setiap jenis ada tipe terbaru yang dirilis secara berkala.


Seperti CBR150R yang dulu hanya hadir dalam versi moto-GP dan racing red, dalam tipe The All New CBR150R kini tersedia dua pilihan baru yakni victory black red dan slick black white. The All New CBR150R ini dibuat berdasarkan hasil evaluasi berulang dari tipe-tipe sebelumnya.


honda cbr terbaru



Honda CBR150R Untuk Pemula


Honda adalah salah satu produsen motor unggulan dan banyak perubahan dilakukan oleh Honda untuk memperbaiki kualitas produksi, misalnya dengan meningkatkan performa mesin termasuk untuk motor Honda CBR terbaru mereka.


Mereka berinovasi dalam keseimbangan kerangka motor yang presisi untuk heading serta maneuver berkendara yang sempurna, dan mengaplikasikan desain yang aerodinamis serta fitur racing yang sesungguhnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengendara kendali penuh dalam berbagai lintasan.


Dilihat dari berbagai konsumen yang mengendarai Honda CBR, tidak semua orang mengendarai motor Honda CBR untuk balapan. Oleh karena itu, The All New CBR150R ini benar-benar didesain agar bisa beradaptasi dengan berbagai lintasan, namun tetap memberikan fitur racing yang bisa dialami rider.

Berat motor CBR150R ini lumayan berat yakni 135 kilogram. Dengan kapasitas 150cc, CBR150R bisa mengeluarkan kapasitas maksimal sebesar 17,1 PS dengan putaran mesin sebesar 9000 RPM.


Sebagai motor Honda CBR terbaru, All New CBR150R ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur pendukung yang membawa kelebihan tersendiri dalam motor sport ini, seperti:


  • Mulai dari bagian depan, motor ini memiliki fitur headlamp menggunakan lampu LED yang memaksimalkan penerangan di bagian depan.
  • Panel speedometer yang telah menggunakan layar digital, sangat berguna untuk menampilkan informasi yang akurat bagi rider saat berkendara.
  • Untuk fitur keselamatan, All New Honda CBR150R ini memiliki sistem brake (rem) yang sukup tangguh dengan rem cakram hidrolik dengan piston ganda untuk sektor depan, sementara untuk bagian belakang, motor ini dilengkapi dengan rem cakram hidrolik dengan piston tunggal.


Dengan fitur pendukung dan fitur keselamatan yang baik, tidak mengherankan jika All New Honda CBR150R ini dibanderol dengan harga lebih dari tiga puluh juta rupiah.


honda cbr terbaru


Dengan harga yang tergolong cukup mahal, sistem kenyamanan All New Honda CBR150r bisa dibilang lebih lengkap daripada motor lainnya karena motor ini dilengkapi ban motor berjenis tubeless dengan ukuran 100/80 – 17 52P untuk roda bagian depan dan 130/70 – 17 62P untuk bagian belakangnya.


Ditambah lagi, sistem rangka yang kuat dan kokoh yang dipasang pada motor sport ini mampu menopang berat dari motor itu sendiri.


Penggunaan kerangka motor berjenis Diamond (truss) yang dipadukan dengan ukuran dimensi motor yang mencapai 1.983 x 694 x 1.080 mm akan memudahkan rider untuk mengendalikan motornya saat melakukan manuver.


Lalu, untuk memaksimalkan kenyamanan motor ini, Honda CBR150R ini juga diberi sistem suspensi berjenis Telaskopik untuk bagian depan dan Suspensi Tunggal dengan Sistem Suspensi Pro-Link untuk bagian belakang.


Bagi seorang pemula, lebih baik Anda membeli motor seken atau bekas daripada beli baru, karena resiko terjadinya kecelakaan lebih besar bagi pemula.


Saran saya kepada orang yang baru belajar naik motor, biasakan naik sepeda dulu. Karena semua orang normalnya pernah bisa mengendarai sepeda, saran naik sepeda itu lumayan efektif.


Memang kemungkinan kecelakaan dan jatuh saat Anda dalam masa pembelajaran selalu ada. Jika Anda menginginkan motor sport, lebih baik Anda membiasakan dulu mengendarai motor bebek.


Ingat bukan motor matik, karena motor sport semua menggunakan mesin manual dengan stang. Terlebih lagi motor sejenis Hondar CBR memiliki body yang besar dan berat, sehingga sulit dikendalikan oleh pemula.


honda cbr terbaru


Hal pertama yang harus dipelajari di awal saat mengendarai motor adalah untuk jalan pelan-pelan, memang pasti akan jatuh sesekali, tidak parah sih, namun siap-siap saja jika tubuh dan juga motor Anda mendapatkan lecet, bonyok, dan sejenisnya.


Ini juga alasan mengapa saya merekomendasikan motor bekas ketika masih latihan. Kan sayang sekali jika motor Honda CBR terbaru yang harganya tidaklah murah harus mengalami kerusakan saat Anda masih belajar. Apalagi harga spare part asli Honda CBR juga cukup mahal.


Memang Anda mungkin bisa memperbaikinya dengan alternatif bengkel non-original di luar, namun tidakkah Anda sayang jika tak lama kemudian motor Anda rusak lagi atau malah mempengaruhi bagian lainnya?


Menurut saya, untuk memperbaiki kendaraan bermotor, lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk spare part asli yang tahan lama dibanding membeli spart part KW yang nantinya malah harus lebih sering diganti.

Selain itu, berkendaralah dengan aman dan dalam batas kecepatan yang wajar. Sekian saran dari saya, semoga bermanfaat dan selamat berkendara!


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang