Apakah mudah untuk mengurangi lemak perut jika saya tak melakukan jogging tapi berolahraga di gym selama satu jam setiap hari?

Dilihat 458 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Itu semua tergantung dari tiga tipe utama bentuk tubuh Anda - ectomorph, mesomorph atau endomorph ( lihat definisi tentang hal ini di google atau wikipedia untuk mencari tahu tipe tubuh Anda ). Masing-masing tipe tubuh ini memiliki metabolisme yang berbeda antara satu dengan yang lain, oleh karena itu setiap tipe tubuh mempunyai cara tersendiri dalam pembentukan otot, menangani lemak dan membentuk komposisi bagian tubuh lainnya. 


Sebagai contoh, saya memiliki bentuk tubuh mesomorph dengan kecenderungan ke arah ectomorph, jadi tubuh saya akan merespon lebih cepat terhadap pelatihan explosive training dan compound heavy lifting (seperti : squat, deadlift,bench press, overhead press), semua latihan tersebut dilakukan selama 2 jam dalam satu minggu ( 1 sesi per jam X 2 hari ). Saya juga melakukan 1 jam latihan HIIT running ( High Intensity Interval Training) dalam satu minggu untuk melatih daya tahan jantung - paru (cardiovascular endurance) dan conditioning training (latihan olah tubuh), latihan tersebut memiliki manfaat untuk menghilangkan lemak. 


Jadi, setelah mengetahui ini semua, dapat disimpulkan bahwa tidak semua latihan fisik yang dilakukan dapat sesuai dengan semua tipe bentuk tubuh. Ada sebagian orang yang berlatih lebih sedikit, namun sebagian yang lain harus berlatih lebih banyak (bahkan mungkin berlatih dengan intensitas tinggi). 


Anda harus mencari banyak informasi tentang aturan kebugaran dasar fisiologi dan menggunakan apa yang telah anda pelajari untuk melatih diri Anda sendiri sesuai dengan tipe  tubuh Anda dan mencari tahu jenis latihan yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Atau Anda dapat membayar seorang pelatih profesional.


 Catatan : Anda juga harus memperhatikan jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi untuk memperlancar dan membantu proses keberhasilan latihan Anda. Apa yang Anda makan, bagaimana makanan tersebut dimasak dan diolah, berapa banyak jumlah asupan makanan yang dikonsumsi, dan juga hal-hal lainnya. Jangan sampai Anda merasa kelaparan hanya karena ingin menurunkan berat badan dalam waktu yang relatif singkat, tubuh kita tidak dirancang untuk bekerja seperti itu. Jika Anda melakukan hal tersebut, berarti Anda memberikan tekanan pada tubuh Anda sehingga dapat memaksa tubuh untuk menumpuk lebih banyak lemak di dalam perut.

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang