Apakah mungkin saya bisa membuat kue kering tanpa menggunakan oven dan mixer?

Dilihat 555 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Setiap hari raya lebaran selalu tersaji berbagai macam kue sebagai cemilan untuk menjamu sanak keluarga dan teman yang berkunjung ke rumah. Kue yang identik dengan hari raya adalah kue kering seperti kue nastar, kastangel, putri salju, kue kering coklat, lidah kucing, dan lain-lain. 


Siapa yang tidak tergoda untuk mencicipi kue kering? Rasanya yang manis, asin, gurih, renyah, lembut, membuat siapapun ingin mencicipinya. Tapi mungkin ada beberapa diantara anda yang merasa ingin membuat kue kering tetapi tidak memiliki peralatan untuk membuat kue seperti oven ataupun mixer. Kini anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memberi tahu cara membuat kue kering tanpa oven dan mixer. Saya juga akan memberikan beberapa resep kue kering, salah satunya adalah resep cara membuat kue kering coklat.


Kue kering


Resep Cara Membuat Kue Kering Tanpa Oven dan Mixer


Kue kering adalah kue yang dipanggang di dalam oven, kue kering bertekstur keras, renyah, dan memiliki kadar air yang sangat rendah. Kue kering adalah salah satu jenis kue yang sering disajikan di hari spesial untuk sajian keluarga tercinta. Apalagi jika kue kering dibuat dengan berbagai variasi dan bentuk yang lucu serta disusun dalam toples-toples yang cantik membuat penampilannya makin menarik dan menjadikan kue kering sebagai makanan favorit disaat berkumpul diwaktu luang maupun untuk berbagai acara. Karena prosesnya dipanggang maka kue kering membutuhkan oven sebagai alat pemanggangnya agar kue kering matang sempurna. Oven merupakan peralatan yang penting dalam proses pembuatan kue kering. Selain oven peralatan elektronik yang wajib anda punya adalah mixer. Namun tahukan anda bahwa ada beberapa resep cara membuat kue kering tanpa oven dan mixer yang bisa menjadi jalan alternatif bagi anda yang tidak memiliki peralatan tersebut. Seperti yang kita tahu, terdapat perbedaan pemanggangan kue kering dengan roti, dalam membuat roti kita harus menggunakan oven untuk memanggangnya. Sedangkan dalam pemanggangan kue kering tidak hanya menggunakan oven untuk membuatnya matang. Lalu, bagaimana cara membuat kue kering tanpa oven dan mixer? Mungkin yang terpikir adalah dengan mengukus atau menggorengnya namun ternyata masih banyak cara yang bisa digunakan sebagai cara membuat kue kering tanpa oven dan mixer. Berikut adalah beberapa resep kue kering yang bisa anda coba:


Resep kue kering coklat


1. Resep Kue Kering Coklat

Kue kering coklat ini memiliki rasa yang manis dan renyah. Karena rasanya yang enak membuat kue kering coklat ini banyak digemari. Bagi anda yang ingin membuat sendiri di rumah, sebenarnya tidaklah sulit untuk mencoba membuatnya sendiri karena cara membuat kue kering coklat ini tidak menggunakan oven maupun mixer sebagai pemanggang dan pengembang adonannya. Salah satu cara membuat kue kering coklat lainya tanpa oven dan mixer yaitu dengan menggunakan teflon sebagai pemanggangnya. Berikut adalah resep kue kering coklat yang bisa anda coba:


Kue kering coklat


Bahan yang diperlukan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 150 gram mentega 
  • 1 butir kuning telur  
  • 1 gelas gula halus (bila tidak suka terlalu manis bisa dikurangi) 
  • 1 saset susu kental manis coklat 
  • 1 sdm coklat bubuk 
  • 1 coklat batang warna pink untuk toping 

Cara membuat:

  1. Kocok mentega, gula halus, kuning telur sampai merata. Anda bisa menggunakan alat pengocok telur untuk mengaduknya. 
  2. Masukkan tepung terigu, susu kental manis coklat, tepung maizena, dan aduk sampai rata menggunakan spatula 
  3. Bila adonan sudah bisa dibentuk anda bisa mencetaknya, letakkan di atas teflon yang telah dipanaskan terlebih dahulu. 
  4. Bila sudah matang kemudian diangkat dan dinginkan. 
  5. Bila sudah dingin kemudian dihias dengan tim coklat berwarna pink yang telah dilelehan. Cara membuat tim coklat adalah dengan memasukan coklat ke dalam plastik dan ikat kemudian masukkan kedalam rebusan air, cukup sebentar saja sampai coklat meleleh. 


Kue kastengel tanpa oven


2. Kue Kering Kastengel

Kue kering dengan taburan keju yang memiliki rasa renyah ini bisa kita buat tanpa menggunakan oven dan juga mixer. Sebagai gantinya kita bisa menggunakan panci sebagai alat pemanggangnya dan alat pengocok telur untuk membuat adonannya. Berikut adalah resep kue kering kastengel tanpa oven dan mixer yang bisa anda coba:


Bahan yang diperlukan:

  • 5 sdm margarin 
  • 2 butir kuning telur 
  • 2 sdm gula halus 
  • 200 gram tepung terigu 
  • 80 gram keju cheddar parut 
  • 50 gram keju edam parut 
  • 2 sdm maizena 

Cara membuat:

  1. Aduk rata margarin dan kuning telur menggunakan alat pengocok telur. 
  2. Tambahkan gula halus dan aduk rata kembali.
  3. Campurkan dengan tepung terigu dan aduk lagi hingga rata.
  4. Tambahkan keju cheddar parut dan keju edam ke dalam adonan lalu adik kembali hingga aduk rata. Anda bisa mulai mengaduknya dengan tangan.
  5. Cetak adonan kotak memanjang, oleskan bagian atasnya dengan kuning telur dan taburi dengan parutan keju. 
  6. Siapkan panci tanpa di beri air yang telah dipanaskan terlebih dahulu dan masukkan kastengel di atas saringannya yang telah di olesi dengan margarin agar tidak lengket dan tutup panci selama 30 menit. 
  7. Setelah matang angkat dan dinginkan. 
  8. Kue kastengel siap disajikan.


Tips membuat kue kering tanpa oven


Tips Membuat Kue Kering Tanpa Oven


Dalam membuat kue kering tanpa oven dan mixer ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar kue yang dihasilkan matang, renyah, dan enak. Berikut ini beberapa tipsnya:


  • Gunakan bahan yang tepat sesuai dengan takaran, timbanglah setiap bahan dengan pas jangan mengira-ngira takaran bahan yang akan digunakan supaya hasilnya sempurna.
  • Gunakanlah bahan baku yang berkualitas baik karena bahan baku akan mempengaruhi rasa, aroma, dan penampilan kue kering. Jangan memilih bahan baku yang asal murah tetapi akan membuat kue yang anda buat menjadi tidak enak.
  • Gunakanlah terigu protein rendah, terigu protein rendah lebih cocok untuk membuat kue kering karena pada terigu protein rendah tidak akan membentuk gluten seperti pada terigu protein sedang dan tinggi, sehingga kue menjadi lebih kering dan renyah.
  • Adonan yang di buat jangan terlalu tebal agar kue kering bisa matang secara merata.
  • Sebelum kue kering dipanggang, panaskan wajan atau panci terlebih dahulu, kemudian kecilkan api dengan nyala kecil.
  • Setelah wajan atau panci panas, masukan kue kering dan tutup dengan tutup panci.
  • Karena ini kue kering dipanggang jadi jangan memasukkan air atau minyak kedalamnya.
  • Gunakanlah api yang sangat kecil agar kue kering tidak mudah gosong pada bagian pinggirnya tetapi masih mentah pada bagian dalamnya. Walaupun tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pemanggangannya dibandingkan bila menggunakan oven, tetapi kue akan menghasilkan matang yang sempurna.
  • Untuk jenis kue kering yang tipis anda bisa menggunakan wajan yang bertumpuk atau panci yang biasa anda pakai untuk mengukus.
  • Bila menggunakan teflon supaya hasilnya tidak lengket, caranya adalah panggang adonan di atas teflon yang dialasi dengan kertas minyak sehingga teflon tidak perlu diolesi dengan mentega.
  • Bila kue sudah dingin, segera masukkan ke dalam toples, jangan memasukkan kue yang masih panas ke dalam toples karena akan menyebabkan kue mudah berjamur.

Itulah beberapa cara membuat kue kering tanpa oven dan mixer. Kita bisa menggantikan fungsi oven dengan panci, wajan, atau teflon. Sedangkan fungsi mixer bisa kita gantikan dengan alat pengocok telur yang bisa membantu untuk mengocok adonan kue hingga merata. Kita tetap bisa berkreasi walaupun dengan keterbatasan alat yang kita miliki, bahkan akan menjadi lebih mudah dan praktis. Jadi anda tidak perlu risau lagi untuk membuat kue tanpa memiliki oven dan mixer, anda bisa tetap membuat kue kering dengan resep-resep tersebut. Bahkan tanpa oven dan mixer anda bisa membuat kue kering yang lembut dan juga lezat. Jika anda ingin mendapatkan tips membuat kue kering lainnya, berikut adalah linknya: tips terbaik yang dimiliki koki kue kering. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba!!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang