Apakah mungkin untuk mengatasi gangguan obsesif kompulsif hanya dengan kehendak kita, tanpa pengobatan atau psikoterapi?

Dilihat 529 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Jika anda menerapkan tekad anda dengan fokus, menahan diri terhadap kompulsi anda, anda bisa belajar dengan berlatih untuk mentolerir datangnya kecemasan akibat menahannya, dan kecemasan itu sebagaimana kompulsinya bisa pudar; ini adalah bagian dari psikoterapi. Obsesi lebih sulit untuk diubah, tapi jika anda menerapkan tekad anda untuk TIDAK mencoba mengejar pikiran mental dan kebiasaan obsesif (yang dengan mudahnya akan menciptakan suatu lingkaran pikiran menuju dan beralih dari obsesi dan kembali lagi), alih-alih mengarahkan perhatian dan kebiasaan mental anda ke tempat lain, mengabaikan obsesinya ketimbang mencoba menghentikannya, anda mungkin akan berhasil seiring berjalannya waktu; setidaknya gejala itu bisa berkurang dalam mengganggu anda dibanding jika anda mencoba melawannya.


Pada otak beberapa orang dan hewan, ada suatu kesalahan mental, masalah pengkabelan, yang membuat obsesi dan kompulsi terjadi pada tingkat yang lebih dalam, tingkat neurologis. Untuk kasus itu, kekuatan tekad bisa membantu anda mentolerir gejalanya dan tidak diatur olehnya namun anda tak bisa menghilangkan gejala itu. Disitulah muncul SSRI, mereka tampaknya membuat kekuatan tekad jauh lebih efektif, terutama setelah beberapa minggu ketika SSRI dan obat-obatan yang terkait (Proza, Luvox, Effexor, Paxil) tak hanya meningkatkan kadar serotonin (mengaktifkan beberapa jalur-jalur otak untuk berkomunikasi lebih efektif) namun menstimulasi neurogenesis di dalam hippocampus, membantu anda dalam memiliki sel-sel otak untuk mengelola pikiran anda tanpa mudah terjebak dalam lingkaran pikiran dan tindakan yang berulang.


Dalam pekerjaan saya dengan klien-klien, saya seseorang yang selalu menjadi penggemar dalam mencoba kekuatan tekad terlebih dulu, tapi itu untuk beralih ke tahap lainnya saat pendekatan itu lebih banyak mengakibatkan frustrasi. Semoga berhasil!

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang