Apakah normal kalau tenggorakan saya selalu berdahak?

Dilihat 269 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Mengeluarkan dahak dari tenggorokan dan batuk merupakan hal yang buruk bagi suaramu, jadi sebaiknya kamu berhati - hati. Beberapa menyukai suaranya yang serak, misalnya seperti Tom Waits. Tapi aku rasa sebaiknya kamu melakukan sesuatu untuk mengatasi hal tersebut, jadi kamu dapat berada pada kondisi kesehatan dan stamina yang terbaik.


Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan :

  • Minum air yang cukup. Ada pendapat yang berbeda - beda terkait berapa banyak air yang sesungguhnya dibutuhkan oleh tubuh kita, tapi yang jelas air sangat berguna untuk membersihkan organ - organ tubuhmu. Air juga dapat membantu mengurangi dahakmu.
  • Kunjungi dokter. Alergi merupakan masalah yang cukup sulit untuk ditangani. Kalau pada akhirnya kamu memang harus minum obat - obatan, lihatlah apakah hal tersebut memang dapat membantu meringankan masalahmu.
  • Jagalah kesehatan. Kadang, flu menjelma dalam bentuk infeksi sinus. Hal tersebut berarti kamu mungkin memiliki masalah di tenggorakan dan paru - parumu. Berusahan sebisamu untuk mencegah hal ini terjadi. Selain itu, melakukan olahraga kardio juga memiliki efek positif terhadap suaramu.
  • Hindari berteriak terlalu banyak, misalnya ketika pertandingan olahraga. Hal tersebut tidak akan membuat dahakmu bertambah banyak, tapi kamu akan menjadi kelelahan. Kamu juga harus memperhatikan cara bicaramu sehari - hari. Berbicara sama pentingnya seperti bernyanyi. Coba bayangkan bahwa suaramu datang dari depan (gigi, bibir, hidung), bukan dari belakang tenggorokanmu. 
  • Hindari merokok sebisa mungkin.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang