Apakah obesitas salah satu penyebab hipertensi?

Dilihat 273 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Tidak ada bukti bahwa obesitas merupakan penyebab hipertensi. Terdapat bukti bahwa ada hubungan antara obesitas dan hipertensi, tapi hubungan belum tentu merupakan penyebab. Lebih mudah membuktikan bahwa obesitar tidak menyebabkan hipertensi, hanya dengan melakukan analisa teknis.


Obesitas didefinisikan secara matematis. Misalnya, Berat badan dan lemak dalam tubuhmu bertambah, dan pada titik tertentu kamu 

bisa didiagnosa menderita obesitas. Tapi sebelum melewati titik tersebut, kamu tidak obesitas.


Pergeseran dari tidak obesitas menjadi obesitas tidak dapat dijadikan penyebab dari penyakit apapun melainkan merupakan hasil dari pengukuran matematis dan rumus matematika untuk sebuah diagnosis. Mungkin jawaban ini terdengar lucu, tapi sebenarnya tidak begitu.


Sama seperti penyakit - penyakit lainnya, obesitas tidak terlihat. Yang bisa kita lihat hanya gejalanya - lemak yang berlebih pada tubuh.Tapi kelebihan lemah bukan obesitas. Penyakit yang sebenarnya tidak terlihat. Secara teknis, obesitas itu datang dan pergi ketika berat badan seseorang bertambah dan berkurang.

Meskipun obesitas tidak bisa disembuhkan, tapi obesitas bisa hilang. Sebagai usaha untuk memiliki pemahaman yang lebih mendalam, kita bisa mengubah pertanyaan ini menjadi, "Apakah kelebihan berat badan merupakan penyebab hipertensi?". Ketika kita mengecek pertanyaan ini, kita bisa melihat beberapa hal dengan lebih jelas. Apa yang menyebabkan seseorang kelebihan berat badan?

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang kelebihan berat badan. Jika hipertensi berhubungan dengan kelebihan berat badan, mungkin kelebihan berat merupakan penyebab hipertensi, atau dipertensi disebabkan oleh penyebab dari kelebihan berat badan? Cukup masuk akal kalau kita menyimpulkan bahwa hal - hal yang menyebabkan kelebihan berat badan juga bisa menjadi penyebab hipertensi.


Kelebihan berat badan disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau kurangnya aktifitas fisik. Hipertensi juga disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktifitas fisik. Tapi pada kedua kasus, obesitas dan hipertensi, sistem kesehatan kita tidak mencari penyebab untuk setiap individu. Yang dilakukan oleh sistem kesehatan adalah melakukan diagnosa lalu memberi pengobatan - tanpa mencari penyebab yang spefisik untuk setiap kasus. Para peneliti mempelajari kasus yang umum dan akhirnya menentukan penyebab secara statistik serta pengobatan secara statistik.


Tidak ada "obat" untuk obesitas karena kita tidak melihat kasus dari masing - masing individu. Kalau kita ingin menyembuhkan suatu penyakit, apapun penyakitnya, termasuk obesitas dan hipertensi, kita harus menemukan penyebab individual dan menemukan solusi untuk penyebab tersebut. Jika hal itu bisa dilakukan, kita akan melihat bahwa hipertensi memiliki penyebab yang sebenarnya dan hal itu bukan obesitas.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang