Apakah operasi sinar laser adalah opsi yang bagus untuk menghilangkan batu ginjal? Adakah efek sampingnya?

Dilihat 371 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ada beragam cara mengobati batu ginjal yakni dengan menggunakan bahan-bahan herbal ada pula yang melalui operasi batu ginjal. Bagi anda yang menderita penyakit batu ginjal, tak perlu khawatir karena banyak alternatif pengobatan yang bisa dilakukan.

Batu ginjal sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Menurut data yang dihimpun Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) pada tahun 2013, diperkirakan prevalensi penderita yang terdiagnosa batu ginjal untuk umur di atas 15 tahun adalah sebesar 0,6 persen dari total penduduk Indonesia. Lima provinsi yang menduduki posisi tertinggi masalah penyakit batu ginjal di antaranya adalah DI Yogyakarta, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.


Biasanya batu ginjal memiliki gejala-gejala seperti mengalami kesulitan saat hendak membuang air kecil, rasa sakit pada bagian punggung belakang, memiliki tekanan darah tinggi, jika sudah parah biasanya air kencing bercampur darah. Dan masih banyak gejala-gejala lainnya.


penyebab penyakit batu ginjal


Dalam mendiagnosis batu ginjal, biasanya pertama-tama dokter akan menanyakan pada pasien mengenai seputar gejala-gejala yang telah dialami. Dokter juga bisa menanyakan apakah pasien pernah menderita batu ginjal sebelumnya, memiliki riwayat keluarga berpenyakit sama, atau apakah pasien sering mengonsumsi makanan atau suplemen yang bisa memicu terbentuknya penyakit batu ginjal. Setelah keterangan dikumpulkan, dokter biasanya akan melakukan sejumlah tes untuk memperkuat bukti. Tes-tes tersebut bisa berupa pemeriksaan urine, pemeriksaan darah, dan pemindaian (misalnya USG, rontgen, CT scan, dan intravenous urogram/IVU).


Beberapa Alternatif Cara Mengobati Batu Ginjal


Sebelum memutuskan mengobati batu ginjal dengan cara operasi sinar laser. Dokter akan mengamati dahulu tingkat keparahan batu ginjal tersebut. Karena  mengobati batu ginjal dilakukan tergantung kepada ukuran dari batu. Jika batu ginjal masih tergolong kecil atau menengah, serta masih dapat melewati saluran kemih tanpa harus dilakukan operasi, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk minum air putih saja sesuai takaran yang disarankan. Dengan adanya aliran cairan secara terus-menerus, diharapkan batu ginjal dapat terdorong keluar dengan sendirinya. Apabila gejala yang dirasakan oleh pasien cukup mengganggu, biasanya dokter cukup meresepkan obat pereda rasa sakit, misalnya acetaminophen, ibuprofen atau obat anti radang non steroid.

Adapun cara mengobati batu ginjal dengan prosedur khusus (misalnya dengan energi laser, ultrasound, atau operasi) biasanya baru akan diterapkan jika batu berukuran lebih besar sehingga menyumbat saluran kemih pasien. Jika batu masih berukuran kecil, sebaiknya menggunakan alternatif pengobatan herbal supaya aman dari efek samping dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar.


cara mengobati batu ginjal

Namun perlu anda ketahui bahwa operasi batu ginjal menggunakan sinar laser bukanlah sebuah opsi yang bagus karena menurut pakar kesehatan yang ahli dalam menangani batu ginjal, hal tersebut memiliki efek samping di antaranya, pendarahan, infeksi, sumbatan pada saluran kemih oleh sisa pecahan batu, pecahan batu terlalu besar sehingga membutuhkan tindakan laser ulang. Dan lain-lain. Maka dari itu, jika batu ginjal masih belum terlalu besar atau sangat menggangu baiknya menggunakan obat herbal saja dan mengurangi makanan-makanan yang dapat meningkatkan resiko batu ginjal serta memperbanyak minum air mineral setiap harinya.


Itulah beberapa alternatif cara mengobati batu ginjal, selain itu baiknya kita membiasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi, mengkonsumi air putih yang cukup dan berolahraga dengan teratur agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.


Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang