Apakah orang dengan ADHD punya kesulitan memainkan lembaran musik?

Dilihat 1,1 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kurasa begitu. Aku pernah memainkan saksofon dan klarinet selama 35 tahun dan membaca sekilat secara efektif hanya selama sekitar 5 tahun terakhir. Walaupun begitu, hal itu tergantung dengan banyak faktor yang tidak selalu dapat dikontrol. Ada banyak kecemasan yang tertanam pada pekerjaan, dan kamu perlu melakukan beberapa hal sekaligus, tanpa sadar, selagi mencoba mengalah rasa cemas dan tidak mengembara secara mental. 

Dapatkan iramanya, dapatkan nadanya dan secara kebetulan tanpa konteks untuk mendengarkannya, mainkan dengan baik jadi kamu terdengar baik pula, dan lihatlah kedepan dimana kamu memainkannya untuk mendapatkan beberapa bar selanjutnya. Bagaimana pikiran ADHD melakukan ini? Hal ini membuat frustrasi karena kamu harus berlatih membaca sekilas dan membiarkan kesalahan terlewati, tidak melakukan lebih dalam bermain atau membaca, dan intinya membenamkan dirimu dalam keadaan cemas terkadang cukup dan cukup lama untuk rasa cemas itu mulai mereda. Misalnya, suatu hal harus menjadi lebih buruk sebelumnya kemudian mulai menjadi lebih baik, dan komorbiditasku (depresi menjadi salah satunya) membuat hal itu menjadi sangat beresiko untuk diambil. Aku akan pandai memainkan musik dengan mendengar dan mengingat nadanya dan harmoni yang datang dari apa yang kudengar.

Namun, profesional menginginkanmu untuk dapat bermain dengan mutakhir, bagian sibuk yang mungkin tidak membuat rasa melodi sendiri, dan melakukannya dari notasi, tanpa pernah mendengar musiknya. Aku hanya perlu menurunkan beberapa pekerjaan berprofil tinggi karena aku hanya punya 2 minggu untuk membaca buku band tentang 100 bagian saksofon. 

Kebanyakan profesional hanya akan duduk dan membacanya secara efisien, tanpa perlu membacanya dengan sulit. Aku tidak dapat mengambil kesempatan itu karena aku akan kehilangan konsentrasiku atau ketenanganku diatas panggung orkes, dan kemungkinannyaannya sangatlah tinggi, jadi akhirnya dibatalkan. Cintaku pada musik benar-benar mempengaruhiku dan sekarang aku telah mencapai umur 50 tahun dan teknik instrumentalku akan membutuhkan banyak waktu untuk dibiasakan lagi, lupakan soal meningkatkan kemampuan. Memainkannya bukanlah petualanganku yang dulu.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang