Apakah rasa alkohol memang enak atau orang minum untuk mabuk?

Dilihat 1,97 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Anda tertarik untuk mencobanya?   


Bagi sebagian orang, minuman beralkohol memang telah menjadi bagian penting dari kehidupan mereka sehari-hari. Selain dapat membantu menenangkan pikiran setelah seharian penat bekerja, alkohol juga seringkali menjadi media untuk mengakrabkan diri dengan orang lain dan teman-teman baru.


Di negara yang terkenal dengan minuman alkoholnya seperti Jerman dan Rusia, minuman beralkohol tinggi seperti vodka telah menjadi bagian dari kebudayaan mereka, dan mereka meminumnya dengan mudah seperti menenggak air mineral saja. Jadi, kebanyakan dari mereka memang meminumnya karena kebiasaan dan kebutuhan, bukan karena ingin mabuk saja.


Namun, apa ada kemungkinan bahwa orang meminum alkohol karena menyukai rasanya? Bagaimana bisa, bukankah alkohol rasanya pahit?


Hal itu karena memang ada beberapa alkohol yang diracik dengan tambahan cita rasa yang segar, manis, dan menarik. Bahkan ada beberapa jenis racikan minuman yang disebut-sebut sebagai minuman alkohol paling enak.


Anda penasaran? Mari lihat daftar dan penjelasannya di bawah ini!



minuman beralkohol tinggi



Minuman Beralkohol Paling Enak



Jika Anda adalah seorang pemula dalam hal ini, maka ada baiknya jika Anda memulainya dengan mencoba beberapa racikan minuman dengan kadar alkohol yang lebih rendah agar tidak terkejut dengan rasanya yang cukup 'nendang'.


Kecuali jika Anda minum untuk tujuan mabuk, maka silahkan langsung pilih minuman dengan alkohol yang lebih tinggi dan tanpa tambahan apapun. Kalau Anda minum bersama teman-teman untuk bersantai, sebaiknya pilih racikan yang santai agar Anda tidak mabuk terlalu cepat.


Jenis alkohol ada bermacam-macam, dari bir yang sangat terkenal hingga rum yang banyak dijadikan campuran bahan kue. 

Bermacam-macam jenis alkohol tersebut rasanya akan menjadi lebih enak apabila divariasikan menjadi minuman seperti di bawah ini:



minuman alkohol paling enak

1. Radler Beer


Minuman alkohol paling enak yang pertama adalah Radler Beer. Bir ini disebut juga Cyclist karena banyak pesepeda yang gemar meminumnya. Terbuat dari campuran jus lemon dan sedikit bir, Anda tidak akan menemukan rasa pahit bir dari minuman ini. Jumlah alkohol dari minuman ini hanya sekitar 2.5%, jadi cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba minuman beralkohol.


2. Baileys Irish Cream


Minuman yang sangat lembut ini terbuat dari krim dan whisky Irlandia. Karena rasa krimnya yang lebih dominan, tidak jarang ahli alkohol yang menjadikannya sebagai minuman penutup dan para pemula pun sangat menyukainya.


3. Apple Cider


Apple Cider adalah minuman yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia dan kadar alkoholnya pun beragam di setiap negara, namun berkisar dari 1% hingga 10%. Alkohol di apple cider didapatkan dari proses fermentasi jus apel itu sendiri, namun ada juga soft apple cider yang tidak mengandung alkohol namun memiliki rasa yang sama.


minuman alkohol paling enak


4. Rum and Coke


Minuman yang termasuk ke dalam jenis koktail ini dikenal juga dengan Cuba Libre dan merupakan campuran dari rum, coke (coca-cola), dan perasan jeruk lemon. Rum and Coke ini biasanya disajikan dengan es batu dan termasuk ke dalam salah satu minuman beralkohol paling populer di dunia karena cara penyajiannya yang cukup mudah.


minuman alkohol paling enak


5. Margarita


Margarita terkenal sebagai salah satu minuman alkohol paling enak dan populer di kalangan para wanita. Margarita adalah jenis koktail yang terbuat dari campuran tequila, triple sec, dan jus lemon. Biasanya margarita disajikan dengan taburan garam atau gula di sekeliling mulut gelas. Margarita dapat disajikan dengan 3 cara, yaitu tanpa es, dengan es batu, atau frozen (diblender seperti smoothie). Untuk pemula disarankan untuk menikmatinya dengan cara diblender.


6. Schnapps


Walaupun kandungan alkoholnya mencapai 42%, namun rasa buah minuman ini pasti akan disukai oleh orang yang bukan peminum sekalipun. Penyajian yang direkomendasikan adalah dengan dicampur sparkling water dan es batu. Dengan rasa-rasa buahnya yang segar dan beragam, minuman ini sangat cocok untuk musim panas.


7. Tequila Rose


Dengan kadar alkohol 17%, Tequila Rose terbuat dari campuran likeur krim stroberi dan tequila. Banyak yang menggunakannya sebagai minuman pembuka sebelum makan karena rasanya yang lembut dan sangat segar dapat merangsang nafsu makan Anda. Dijamin Anda akan menyukainya!


minuman alkohol paling enak


8. Sex on The Beach


Minuman ini terbuat dari campuran vodka, Schnapps persik, jus jeruk, dan jus kranberi. Meskipun kadar alkoholnya cukup tinggi, Sex on The Beach rasanya sangat segar karena campuran jus buahnya. Biasanya minuman ini disajikan di gelas tinggi, namun kadang-kadang bartender juga menyajikannya dalam gelas kecil sekali tenggak (shooter).


9. Midori


Minuman hijau ini memiliki kandungan alkohol 20%-21% dengan cita rasa melon yang manis. Karena rasanya yang manis ini, biasanya Midori tidak diminum begitu saja, melainkan digunakan sebagai campuran koktail seperti Japanese Slipper. Namun banyak juga orang yang meminumnya langsung dan dicap sebagai minuman alkohol paling enak untuk perempuan.



minuman alkohol paling enak


10. Pina Colada


Sama seperti margarita, pina colada termasuk ke dalam jenis koktail yang manis rasanya. Terbuat dari campuran rum, santan, dan jus nanas, minuman ini sudah dinyatakan sebagai minuman nasional Puerto Rico sejak tahun 1978. Tapi jangan khawatir, minuman ini mudah dijumpai di berbagai bar di Indonesia. 

Pina colada biasanya disajikan dengan diblender atau dikocok dengan es, lalu sebagai sentuhan akhir ditambahkan potongan nanas dan maraschino cherry.


minuman beralkohol tinggi


11. Long Island Iced Tea


Long Island adalah minuman yang cukup populer di kalangan pecinta alkohol. Karena terbuat dari campuran vodka, tequila, rum, triple sec, gin, dan sedikit cola, Long Island Iced Tea dapat dikategorikan ke dalam salah satu minuman beralkohol tinggi, namun tetap cocok untuk pemula.

Apabila takarannya benar, maka minuman ini benar-benar terasa seperti es teh manis. Namun ada juga (meskipun jarang) bartender yang mengganti cola dengan teh sungguhan.


minuman alkohol paling enak


12. Mojito


Banyak orang Indonesia yang tidak mengetahui bahwa aslinya mojito adalah minuman beralkohol karena banyak restoran di Indonesia yang menyediakan mojito 100% soda. Sebenarnya, Mojito adalah minuman alkohol khas Cuba yang terbuat dari campuran rum putih, limun, soda, air gula, dan daun mint yang dimemarkan sedikit. Karena rasa rumnya yang tidak terlalu kuat dan lebih cenderung segar, minuman ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba alkohol untuk pertama kalinya.


minuman alkohol paling enak


13. Kahlua


Minuman alkohol paling enak yang selanjutnya adalah Kahlua. Minuman yang pertama kali diperkenalkan 82 tahun yang lalu ini terbuat dari rum yang dicampur dengan kopi arabika, gula, dan biji vanilla. Kahlua mengandung 20% alkohol dan enak dikonsumsi begitu saja dengan es batu, tapi banyak juga orang yang meminumnya sebagai campuran koktail, misalnya espresso martini.

Selain itu, para koki juga sering menggunakan Kahlua sebagai topping es krim, untuk campuran bahan kue, dan juga sebagai topping cheese cake.



Minum Alkohol Untuk Mabuk



Alkohol memang merupakan tempat pelarian bagi sebagian orang, tempat pelairan dari berbagai permasalahan kehidupan. Mengapa demikian?


Konon katanya kepala akan terasa lebih ringan dan rileks jika kita sudah mulai merasakan efek hangat dari alkohol dan mabuk. Memang tak dapat dipungkiri bahwa alkohol memang sedikit banyak bermanfaat bagi kesehatan manusia, namun tetap dilarang dalam agama Islam.


JIka minum alkohol hanya untuk sekadar mabuk dan santai tanpa mempedulikan cita rasa dan kualitas, ada beberapa jenis alkohol murah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah, seperti:


1. Bir Kalengan/Botolan


Rasanya sedikit keras dengan bau yang menyengat, tapi bir kaleng seperti bir Bintang dan Heineken mudah didapatkan di toko atau warung sekitar rumah Anda. Namun ingat untuk tidak mengonsumsinya sembarangan di jalan jika tidak mau terciduk polisi.


2. Ciu


Minuman beralkohol tinggi khas Solo ini harganya murah, kurang dari 10.000 rupiah per liter. Pada awalnya kandungan alkohol di ciu hanya sekitar 40%, namun seiring dengan perkembangan jaman, alkohol dalam ciu bisa mencapai lebih dari 60%. Karena tingginya kadar alkohol ini, seringkali terdengar kabar segerombolan anak muda tewas karena menenggak ciu sembarangan.


3. Vodka


Vodka murah seperti Mix Max yang dijual di Alfamart dan Indomaret memang tidak akan seenak vodka Rusia asli, tapi lumayanlah jika hanya untuk sekedar santai, apalagi jika red vodka Smirnoff. 

Vodka ini juga bisa Anda campur dengan susu kental manis, Fanta/Sprite, atau red wine jika Anda punya modal lebih banyak.


4. Rum dan Whisky


Rum dan whisky memang tidak murah, bisa mencapai sekitar Rp 400.000/botol. Namun penggunaannya juga tidak banyak, normalnya orang meminum whisky dan rum menggunakan sloki dan cukup 2-4 sloki per hari.



-


Jadi jika Anda bertanya-tanya, apakah orang meminum alkohol karena rasanya yang enak atau ingin sekedar mabuk saja, maka jawaban untuk kedua kemungkinan tersebut adalah ya.


Alkohol memang rasanya pahit dan baunya seperti obat, namun dengan racikan yang tepat, rasanya juga akan sangat luar biasa. Bahkan ada beberapa racikan yang tidak terasa seperti alkohol sama sekali karena kesegarannya dan rasanya yang manis.


Jadi mudahnya, ada alkohol dengan rasa yang bisa dinikmati, ada juga alkohol yang 'kasar' dan seolah-olah tercipta hanya untuk membuat orang mabuk. Namun tentu saja ada orang yang menyukai rasa alkohol yang 'kasar' tersebut.


Jika Anda ingin mencoba alkohol, pilihlah salah satu dari beberpa daftar di atas, dan jangan berhenti hanya dengan sekali mencoba. Cobalah beberapa kali di beberapa tempat yang berbeda hingga Anda menemukan yang pas dengan lidah Anda. Tapi jika tetap tidak ada yang menarik, ya sudah, mungkin alkohol memang bukan selera :D


Tetap berhati-hati karena tubuh memiliki batasan dalam menerima asupan alkohol. Semoga bermanfaat!

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang