Apakah osteoartritis itu?

Dilihat 917 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Osteoartritis dikenal juga dengan nama artitis tulang yang merupakan kondisi kronis dan degeneratif yang menyebabkan hilangnya tulang rawan pada persendian. Sering disebut juga dengan artitis habis pakai. Biasanya, osteoartitis disebabkan ketika tidak berfungsinya lapisan pelindung tulang rawan karena faktor usia atau cedera. Osteoartitis bisa menyerang seluruh sendi pada tubuh. Lokasi umumnya adalahh tangan, leher, punggung bawah, lutut, dan pinggul. Sering terjadi pada wanita. Etiologi dari kondisi tersebut belum diketahui, dugaannya ada pada kelainan multi faktor. Terlihat korelasi antara faktor resiko seperti jenis kelamin, usia, obesitas, pekerjaan yang melibatkan menekuk lutut, hereditari, kekurangan vitamin D dan cedera sendi.

Artitis degeneratif semakin lama semakin buruk. Penyakit ini belum bisa diobati, namun jika dirawat tepat ada waktunya akan mengurangi efek perusakan sendi. JIka tidak ditangani dengan baik, osteoartitis bisa menyebabkan penyakit lain karena mobilitas penderita terbatas seperti obesitas, diabetes, resiko kanker, kolesterol tinggi.

Bagaimana kamu tahu kamu punya osteoartitis? Simptom umum artitis lutut adalah nyeri sendi dan rasa kaku pada daerah lutut atau pinggul. Tergantung dari tipe artitisnya seperti rematik artitis atau osteoartitis. Hati-hatilah jika memiliki simptom seperi ini: nyeri, kurang leluasa bergerak, lutut kaku, bengkak pada persendian lutut, sendi lutut melunak.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang