Apakah Otak Masih Bekerja Saat Seseorang Mati?

Dilihat 0 • Ditanyakan 1 menit lalu

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ketika baru saja meninggal, otak seseorang masih bekerja. Berikut sumber beritanya yang saya kutip dari detik dan liputan6.


Pernahkah Anda membayangkan apa yang berjalan pada otak sehabis seseorang meninggal? Apakah kemungkinan otak segera tidak bekerja? Ternyata tersedia hal mengagumkan pada otak sehabis seseorang meninggal. Hal ini bahkan dikonfirmasi para ilmuwan melalui berbagai penelitian.


Pada 2013, para peneliti berasal dari University of Michigan menemukan bahwa sehabis kematian klinis berjalan pada tikus, aktivitas otak mereka terlampau berkobar. Hal itu memperlihatkan adanya listrik khas berasal dari kesadaran yang melampaui tingkat yang pernah ditemukan pada hewan hidup.


"Alasannya adalah kalau pengalaman menjelang kematian berasal berasal dari aktivitas otak, korelasi kesadaran saraf wajib mampu dikenali pada manusia atau hewan bahkan sehabis penghentian aliran darah berasal dari serebral otak," kata Jimo Borjigin, pakar saraf yang terlibat dalam penelitian tersebut dikutip berasal dari Science Alert, Senin (25/12/2017).

Hanya satu berasal dari empat orang yang udah meninggal memperlihatkan aktivitas otak dalam jangka lama dan misterius. Otak mereka memperlihatkan aktivitas yang berlainan sebagian menit sehabis meninggal. Hal itu meningkatkan misteri tentang apa yang berjalan pada mereka sehabis kematian berlangsung.

Para dokter untuk saat ini belum mengerti tujuan berasal dari aktivitas otak tersebut. Mereka termasuk waspada untuk menarik banyak asumsi berasal dari sampel yang kecil.

Namun mereka mengatakan, aktivitas otak tersebut kemungkinan tidak berjalan dikarenakan kesalahan, mengingat seluruh peralatan tampaknya bekerja dengan baik.

Para peneliti di awalnya berpikir bahwa hampir seluruh aktivitas otak berakhir dalam satu gelombang misterius yang berjalan sekitar satu menit sehabis kematian. Namun studi yang dijalankan pada tikus itu tak punyai efek sepadan dengan manusia.

Apa yang berjalan pada tubuh dan asumsi sehabis kematian hampir semuanya tetap menjadi misteri bagi ilmuwan. Dalam penelitian dua tahun lalu, peneliti menemukan bahwa gen senantiasa berfungsi dan bahkan lebih aktif pada hari-hari sehabis seseorang meninggal.


Jika benar, maka ketika orang tersebut dibacakan doa tahlil dalam ajaran Islam atau ayat alkitab tentang kematian dalam ajaran Kristen, berarti mereka masih merespon, dong?

Jadilah yang pertama untuk menjawab!
Tulis jawaban sekarang