Apakah pada umumnya orang-orang mengira pembalap mobil itu adalah atlit profesional?

Dilihat 1,21 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Iya. Di tahun 2009, Associated Press memberikan voting kepada Jimmy Johnson sebagai atlit pria terbaik tahun itu. Johnson mengalahkan Roger Federer dan Usain Bolt di pemungutan suara tahun 2009 itu. Johnson adalah seorang juara NASCAR Sprint Cup lima kali berturut-turut (2006, 2007, 2008, 2009, dan 2010) dan merupakan seorang pengemudi Lowe's 48 Chevrolet untuk tim Hendrick Motorsports.


Satu keanehan dari balapan mobil, setidaknya di NASCAR, adalah pengemudi itu sebenarnya bukan kompetitor. Secara teknis -- yang diwakili oleh angka -- adalah kompetitornya. Pembalap adalah bagian dari tim balapan, yang terdiri dari kepala kru, peninjau, dan kru pit. Kepala kru Johnson, yang bernama Chad Knaus, dianggap satu yang paling brilian dan tentu saja merupakan faktor terbesar pada kesuksesan 48.


Keahlian terbesar yang dibutuhkan seorang pembalap NASCAR selain dari kondisi fisik, adalah kemampuan berkomunikasi. Sang pembalap harus mengetahui dan memberikan respon konstan melalui radio tentang kondisi mobil, lintasan balap dan para kompetitor selama balapan, supaya awak kru dapat melakukan pengaturan-pengaturan setiap mobil balap itu datang ke pit stop. Persepsi dan kerjasama sering menjadi atribut yang berguna bagi atlit.


Bukti lain bahwa orang-orang menganggap pembalap mobil sebagai atlit profesional yakni aura kompetitif dan kualitas seorang bintang di bidang pekerjaan itu. Anak-anak kecil mengatakan mereka ingin menjadi pembalap mobil, karena itu menyenangkan.


Jawaban dari pertanyaan ini juga tergantung pada budaya dan geografis. Di Eropa, atlit balap dan lapangan sudah layaknya bintang rock. Secara kontras, di Amerika Serikat, penyelenggaraan balapan bukan apa-apa dibanding olahraga dengan uang besar seperti baseball dan football. Begitu juga, balapan mobil dipahami lebih baik di region tertentu.


Bagi siapa yang tidak menganggap pembalap mobil sebagai atlit, saya rasa itu tergantung definisi mereka tentang atlit dan dengan fakta bahwa banyak orang mengendarai mobil. Hanya karena saya berlari untuk kesenangan atau melewati bandara udara, bukan berarti kemudian orang-orang mengaggap remeh Usain Bolt sebagai atlit profesional.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang