Apakah penggunaan probiotik dalam jangka panjang aman?

Dilihat 1,95 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Makanlah banyak sayuran, buah - buahan dan kacang - kacangan, bakteri di ususmu akan sangat baik dan kan tidak akan membutuhkan probiorik. Probiotik mendefinisikan mikroorganisme hidup, yang ketika diberikan dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan.


Berikut adalah hal - hal yang perlu kamu ketahui tentang probiotik:

  • Istilah antibiorik berarti "pro-kehidupan" diciptakan sebagai lawan dari kata "antibiotik". Selama berabad - abad, orang - orang memakan makan yang difermentasi menggunakan bakteri hidup. Berdasarkan sejarah, makan - makan tersebut memiliki manfaat kesehatan. Tapi dalam beberapa puluh tahun terakhir, probiotik  sudah mengundang perhatian dari para peneliti dan komunitas medis. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik berperan  dalam melindungi dan mencegah dari penyakit jamur di usus.
  • Probiotik memperngaruhi bakteri di usus  dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dan menurunkan jumlah mikrooranisme patogen. Probiotik membantu mengembalik keseimbangan alami dari bakteria baik pada usus.
  • Secara umum.bukti paling kuat dari probiotik berhubungan penggunaannya untuk meningkatkan kesehatan usus dan menstimulasi fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Menggambarkan tubuh manusia sebagai inang bagi bakteri dan mikroorganisme lain dapat membantu dalam memahami probiotik. Kenbanyakan probiotik adalah bakteri seupa dengan bakteri baik yang dapat ditemukan di dalam usus.
  • Tubuh kita, terutama saluran pencernaan yang lebih rendah, terdiri dari berbagai maca komunitas mikroflora yang dinamis. Pada tubuh orang dewasa yang sehat, sel - sel mikroorganisme diperkirakan melebihi sel - sel lainnya di tubuh dengan rasio 10 :1. Meskipun kita cenderung berpikir bahwa bakteri adalah kuman yang berbahaya, sebenarnya banyak bakteri yang membantu tubuh berfungsi dengan benar. Bakteri - bakteri tersebut mengubah lingkungan di usus dengan mengurangi  bakteri berbahaya, memproduksi senyawa antimikroba, dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh.
  • Kamu tidak perlu mengkonsumsi probiotik jika kesehatan tubuhmu baik dan sering mengkonsumsi sayur dan buah. Mikroflora yang ada di ususmu mendapatkan makanan dan terpelihatan melalui makanan yang kamu konsumsi. Makan banyak sayur, buah dan kacang - kacangan menyeimbangkan flora di usus secara alami. Faktor - faktor yang dapat menurunkan kekebalan tubuh seseorang dan kemampuannya dalam melawan efek dari mikroba patogenik antara lain pola makan yang tinggi protein hewani dan lemak, rendah serat, penggunaan antibiotik, usia, stress, kondisi peradangan, kekurangan nutrisi, masalah pencernaa dan kekebalan tubuh. 

Siapa yang perlu mengkonsumsi probiotik? Probiotik dapat berguna dalam mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk diare yang berhubungan dengan konsumsi antibiotik, infeksi diare akut, sindrom iritasi usu besar, dan penyakit radang usus.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang