Apakah pengobatan dengan operasi menguntungkan untuk menyembuhkan wasir?

Dilihat 845 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

cara mengobati wasir

Ambeien atau hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar atau benjolan pada anus baik yang berasal dari mukosa dalam anus (interna) maupun yang berasal dari luar (eksterna)  dengan berbagai macam keluhan mulai dari  rasa gatal, perdarahan, nyeri ataupun benjolan yang kadang keluar dan masuk sendiri, sehingga membuat penderita merasa tidak nyaman dan tersiksa. Pembuluh darah yang terkena hemoroid dapat berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Pembuluh darah dapat membengkak di dalam anus dan tidak terlihat, ini disebut sebagai hemoroid internal. Pembengkakan juga dapat terjadi di luar anus yang terasa lebih nyeri, yaitu di dekat lubang anus, disebut sebagai hemoroid eksternal.

Ambeien atau hemoroid seringkali mengganggu bahkan dapat sangat menyiksa. Namun, sebenarnya terdapat usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan meringankan gejala ambeien tersebut. Secara umum cara mengatasi ambeien  dibagi atas tindakan operasi dan non operasi. Prosedur operasi ambeien dianjurkan hanya untuk pasien yang memiliki wasir yang besar atau prosedur  non operasi untuk mengobati ambeien yang telah gagal.  Nah simak dengan baik artikel berikut untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam mengatasi masalah hemoroid anda.


Pengobatan Ambeien Tanpa Operasi

Gejala hemoroid dapat  hilang dengan sendirinya tanpa penanganan. Selain itu, kondisi ini bisa disembuhkan dengan pengobatan sederhana yang dapat dibeli di apotek tanpa memakai resep. Namun gaya hidup sehatdan tepat dapat mencegah munculnya hemoroid  atau mengurangi risiko hemoroid untuk kambuh.  Beberapa obat-obatan  yang dapat dibeli atau diresepkan oleh dokter. untuk mengurangi gatal-gatal dan rasa tidak nyaman yang muncul :

  • Obat oles yang bisa dibeli secara bebas

Berbagai macam krim, salep, dan obat suppositoria tersedia di toko obat tanpa memerlukan resep dokter. Suppositoria adalah jenis obat-obatan yang dimasukkan langsung ke dalam anus. Obat-obatan sejenis ini dapat dipakai untuk meredakan pembengkakan atau ketidaknyamanan yang dirasakan pasien. Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang produk yang cocok untuk anda.


  • Pemakaian krim kortikosteroid

Jika Anda mengalami peradangan atau inflamasi di dalam atau pun di sekitar anus, dokter akan menyarankan penggunaan krim kortikosteroid. Jangan gunakan krim ini lebih dari tujuh hari berturut-turut. Krim ini dapat membuat kulit di sekitar anus menipis dan memperburuk iritasi.


  • Obat pereda rasa sakit
obat oenghilang rasa sakit

Paracetamol sebagai salah satu obat pereda rasa sakit, dapat membantu meredakan rasa sakit akibat hemoroid. Hindari obat pereda rasa sakit sejenis kodein, karena obat ini dapat menyebabkan dan memperburuk konstipasi.


  • Penggunaan laksatif atau obat pencahar

Jika anda mengalami konstipasi, dokter akan memberikan resep laksatif atau pencahar. Jenis pengobatan ini akan membantu memperlancar proses buang air besar anda.


  • Pengikatan hemoroid

Untuk mengatasi hemoroid yang lebih parah, dapat digunakan beberapa jenis pengobatan lain, salah satunya adalah dengan pengikatan wasir. Ini adalah proses tanpa operasi. Jika hemoroid ditemukan berada di atas garis dentate,  prosedur tanpa operasi seperti pengikatan atau skleroterapi akan disarankan.  Pengikatan ini melibatkan tali yang elastis diikatkan dengan kuat pada bagian bawah dari hemoroid  yang bertujuan untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, hemoroid akan terlepas setelah seminggu menjalani perawatan ini. Proses pengikatan ini adalah prosedur harian. Proses ini tidak memerlukan pembiusan dan pasien bisa kembali beraktivitas normal keesokan harinya. Rasa tidak nyaman dan nyeri mungkin akan muncul selama satu atau dua hari. Obat pereda rasa sakit biasa cukup efektif untuk mengatasi rasa sakit ini. Jika perlu, dokter akan memberi resep obat dengan dosis yang jauh lebih kuat. Anda mungkin tidak menyadari ketika hemoroid sudah terlepas. Biasanya akan terlepas saat Anda buang air besar. Jika Anda melihat adanya lendir atau mukosa pada tujuh hari setelah prosedur pengikatan, berarti hemoroid sudah terlepas. Setelah melakukan pengikatan, akan ada sedikit darah pada kertas toilet. Itu hal yang normal. Jika Anda mengeluarkan banyak darah berwarna merah terang atau gumpalan darah, segera pergi ke unit gawat darurat terdekat. Tukak atau luka bisa saja muncul pada lokasi pengikatan. Tukak biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan.


  • Suntikan skleroterapi

Penanganan dengan sebutan skleroterapi mungkin digunakan sebagai pengganti pengikatan wasir. Pada proses skleroterapi, larutan kimia disuntikkan ke dalam pembuluh darah pada anus. Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf menjadi mati rasa (kebas) pada lokasi penyuntikan. Suntikan ini juga membuat jaringan hemoroid mengeras dan akhirnya terbentuk sebuah luka. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran hemoroid akan mengecil atau menyusut. Setelah penyuntikan, hindari olahraga yang melelahkan sepanjang hari.  Anda mungkin merasakan rasa nyeri sementara atau sedikit mengalami pendarahan, namun anda tetap dapat melanjutkan aktivitas normal, termasuk bekerja, sehari setelah suntikan skleroterapi.


  • Koagulasi dengan inframerah

Koagulasi dengan inframerah terkadang juga dipakai untuk menangani hemoroid. Pada prosesnya, sebuah alat yang memancarkan sinar infra merah dipakai untuk membakar jaringan hemoroid. Langkah ini juga berfungsi untuk memotong aliran darah. Selain inframerah, prosedur yang sama juga bisa dilakukan memakai arus listrik. Metode ini lebih dikenal dengan nama diatermi atau elektroterapi untuk wasir.


penyembuhan wasir

Namun demikian kadang kala  diperlukan juga cara mengatasi ambeian  yang lebih invasif. Perawatan ini tergantung kepada letak hemoroid. Apakah hemoroid berada di atas, di bawah, atau pada tepat berada pada garis dentate. Garis dentate adalah garis batas pada dinding kanal anus  yang memisahkan area yang mampu merasakan rasa sakit dari area yang tidak mampu merasakan. Penanganan tanpa operasi pada hemoroid akan sangat menyakitkan jika hemoroid tumbuh pada atau di bawah garis dentate. Karena saraf pada area itu bisa mendeteksi rasa sakit. Jika hal ini terjadi, operasi hemoroid akan disarankan untuk dilakukan. Operasi dengan pembiusan umum kadang dilakukan. Operasi hemoroid ini bertujuan untuk mengangkat atau menyusutkan hemoroid yang besar atau jenis eksternal.


Pengobatan Ambeien Dengan Cara Operasi

Meski kebanyakan hemoroid dapat ditangani dengan metode yang sudah dijelaskan di atas, terdapat 10 persen dari seluruh pasien hemoroid yang akhirnya harus menjalani operasi. Operasi ambeien akan disarankan jika pengobatan dan penanganan lain untuk  hemoroid telah dicoba dan tidak berhasil. Operasi juga dapat dilakukan jika hemoroid tidak cocok untuk pengobatan tanpa operasi. Pengobatan dengan operasi itu sangat menguntungkan karena cara ini lebih efektif.  Terdapat 3 pilihan operasi yang lazim di lakukan di dunia kedokteran bedah yaitu hemorrhoidectomy, ligasi arteri hemoroid dan stapler haemorrhoidectomy. Simak terus artikel di bawah ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing masing  tindakan operasi tersebut.


  • Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah operasi pengangkatan hemoroid yang biasanya dilakukan dengan bius umum. Anda akan tertidur dan tidak merasa sakit saat pengangkatan. Hemoroidektomi konvensional melibatkan pembukaan kecil dari anus, ini berfungsi untuk memotong hemoroid. Pembedahan akan dilakukan pada jaringan di sekitar hemoroid. Pembuluh darah yang membengkak di dalam hemoroid akan diikat untuk mencegah pendarahan. Setelah itu, dilakukan pengangkatan hemoroid. Area operasi mungkin dijahit tertutup atau dibiarkan terbuka. Kain kasa medis dipakai untuk menutupi lukanya. Anda akan merasakan sakit dan nyeri setelah operasi atau bahkan berminggu-minggu setelahnya. Namun hal  ini dapat diatasi dengan obat pereda rasa sakit. Konsultasikan kepada dokter jika rasa sakit berlanjut. Kemungkinan hemoroid kembali setelah hemoroidektomi adalah 5 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan penanganan hemoroid tanpa operasi. Untuk mengurangi risiko munculnya kembali hemoroid, menambah asupan serat dalam makanan sangatlah penting.  Beberapa komplikasi seperti infeksi saluran kemih atau sudah buang air kecil dapat terjadi untuk sementara waktu pasca  tindakan operasi.


  • Ligasi Arteri Hemoroid

Ligasi arteri hemoroid adalah tindakan operasi ambeien yang bertujuan untuk mengurangi aliran darah ke hemoroid anda. Biasanya dilakukan dengan pembiusan umum. Prosedur ini melibatkan memasukkan alat pemeriksa ultrasonografi kecil ke dalam anus. Alat ini menghasilkan gelombang suara yang tinggi, gelombang inilah yang membantu dokter bedah menemukan lokasi pembuluh darah  yang membengkak di dalam dan sekitar anus. Pembuluh darah inilah yang memasok darah ke hemoroid. Setiap pembuluh darah dijahit agar aliran darah ke hemoroid terputus. Proses ini membuat hemoroid menyusut atau mengecil beberapa hari setelahnya. Prosedur penjahitan ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi hemoroid yang tergantung di luar anus. Ligasi arteri hemoroid merupakan operasi alternatif  yang terbukti efektif selain hemoroidektomi. Ligasi arteri hemoroid menyebabkan rasa sakit yang lebih sedikit dibanding hemoroidektomi.Sebagian besar orang yang menjalani ligasi arteri hemoroid dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari lebih cepat dari pada mereka yang menjalani prosedur operasi lain dalam penanganan wasir. Terdapat  risiko kecil terjadinya pendarahan dan rasa nyeri saat buang air besar setelah prosedur ini, tapi gejala ini akan membaik dalam beberapa minggu.


  • Stapled hemorrhoidopexy

Tindakan operasi ini juga dikenal dengan istilah stapling. Ini adalah pilihan lain selain hemoroidektomi konvensional. Prosedur ini dilakukan untuk menangani hemoroid yang menggantung di luar anus. Langkah ini dilakukan dengan pembiusan umum, tapi prosedur ini jarang dilakukan karena memiliki risiko komplikasi yang serius. Pada saat operasi, bagian dari anorektum atau bagian terakhir dari usus besar akan dijepit atau di-staple. Dengan begitu, kemungkinan hemoroid untuk menggantung di luar anus menjadi lebih kecil. Selain itu, pasokan darah ke hemoroid juga berkurang. Ini berakibat pada penyusutan hemoroid. Waktu pemulihan prosedur penjepitan ini lebih cepat dari hemoroidektomi. Anda juga bisa kembali bekerja lebih cepat, yaitu sekitar tujuh hari setelah pelaksanaan operasi. Prosedur ini juga cenderung tidak terlalu menyakitkan. Tapi setelah penjepitan ini, lebih banyak pasien yang mengalami hemoroid yang menggantung di luar anus jika dibandingkan setelah operasi hemoroidektomi. Terdapat sedikit komplikasi yang juga bisa terjadi setelah operasi ini, misalnya munculnya fistula pada vagina wanita. Fistula adalah saluran yang terbentuk antara lubang anus dan vagina. Komplikasi yang lain akibat dari prosedur stapling adalah perforasi atau lubang pada rektum.

Demikian beberapa tindakan yang dapat anda lakukakan sebagai cara mengatasi ambeien  serta  tiga pilihan operasi ambeien yang tersedia pada saat ini. Semoga artikel  ini dapat menjadi guide bagi anda atau keluarga ana yang mungkin saat ini terkena masalah hemoroid  bahkan  keputusan operasi telah jatuh ke tangan anda. Mungkin masih terdapat  tehnik-tehnik lain yang dapat  kita jumpai untuk pilihan operasi, namun yang tiga ini adalah yang sering di lakukan di kamar operasi. Tanyakan risiko yang mungkin terjadi pada dokter bedah, sebelum anda memilih untuk melakukan operasi.


Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang