Apakah pengobatan diagnostik (seperti dalam film House, MD) adalah disiplin ilmu yang nyata?

Dilihat 277 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Tidak ada keahlian medis "Diagnostik". Yang paling mirip dinamakan "Pencitraan Diagnostik" (istilah baru untuk Radiologi), yang membutuhkan keahlian terutama dalam pencitraan, dan Pengobatan Internal, yang anggotanya dengan bangga menjadi ahli diagnostik akut untuk berbagai macam penyakit. Dan saya ragu jika ada bidang khusus seperti itu.


Masalahnya adalah ini. Cukup mudah untuk memahami mengapa familiaritas pada satu sistem organ tertentu - dan bukan lainnya - membuat anda lebih baik dalam mendiagnosa dan menangani pasien yang menderita penyakit pada sistem itu. Saya akan sangat benci jika seorang ahli bedah usus menangani seseorang dengan penyakit otak.


Namun tak banyak manfaat dengan menjadi spesialis pada bidang "Diagnostik" yang berlawanan dengan "Terapeutik". Pemisahan diantara keduanya itu dibuat-buat, karena seringkali ada semacam permainan antara keduanya dalam pengobatan klinik yang sebenarnya. Sebagai contoh, orang awam sering dikejutkan dengan begitu seringnya kita tak yakin dengan sebuah diagnosa, namun masih saja kita memulai pengobatannya. Atau begitu seringnya kita mengganti diagnosa, berdasarkan kurangnya respon pada terapinya. Faktanya, ada beberapa penyakit yang kepastian diagnosanya tergantung pada sebuah respon terhadap terapi tertentu yang diberikan. Contohnya, pada penyakit Parkinson, jika tak ada respon terhadap pengobatan I-DOPA (sebuah obat), seseorang harus mempertanyakan diagnosanya dengan serius.


Sedangkan untuk film House - film itu menampilkan bagaimana pengenalan pola merupakan keahlian terpisah dalam pengobatan, dan beberapa (langka sekali) orang sangat ahli di bidang itu! Saya pernah melihat orang semacam itu pada beragam keahlian, dan anggaplah itu bukanlah sesuatu yang bisa dilatih (itu bukanlah sesuatu yang bisa anda ajarkan, sungguh) seperti kemampuan sejak lahir.

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang