Apakah pengobatan/perawatan dirumah yang paling baik untuk bisa cepat meringankan Sinusitis ?

Dilihat 277 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ada banyak pilihan, tergantung KENAPA kamu terkena sinusitis . . . Kalau sinusitismu dikarenakan infeksi sinus kronis karena antibiotik resisten bakteri atau candida, kamu memiliki masalah lain daripada kalau disebabkan oleh alergi atau masalah lingkungan (seperti rendahnya kelembaban udara.) Sebagai tambahan, beberapa makanan alergi dapat memiliki gejala sinusitis. Mencari dan mengeliminasi penyebabnya akan jauh lebih baik daripada mengobati gejala itu sendiri. Walaupun begitu, ada banyak pilih untuk meringankan gejala dan menyamankanmu lebih selagi kamu mencari tahu penyebabnya. Semua saran dari Kamuyu Mwai dan Pooja Patil itu sangat membantu, dan ini tambahannya:

  • Menggunakan pot neti: 
    Pot neti mengirigasi sinus dan membuang mukus berlebih. Ini juga membantu dalam kasus infeksi, karena banyak bakteri juga dapat dibersihkan. JANGAN PERNAH menggunakan pot neti dengan air keran, Kamu hanya boleh menggunakan air suling karena air lain bisa memperparah situasinya. Air keran dapat menimbulkan patogen lebih, dan mendidihkan air tidak membunuh semua masalahnya. 

  • Menggunakan semprotan hidung saline yang steril: 
    yang ini tidak seefektif pot neti, tapi bisa membantu menjaga rongga hidup tetap bersih dan tidak terlalu kering. Semprotan hidung herba yang dibuaat dengan antibiotik herba juga bisa membantu, dan dapat dibeli di toko belanja organik atau online, atau bisa kamu buat sendiri dengan tincture.

  • Minyak Lavender: 
    Aku telah menemukan kalau satu tetes minyak lavender yang dioleskan kekulit bagian rongga sinus dapat membantu hidung mampat. Berhati-hatilah supaya tidak terkena matamu. Ini adalah salah satu dari beberapa minyak yang bisa digunakan untuk tanpa perlu diencerkan, tapi biasanya aku mengencerkannya dengan beberapa tetes minyak zaitun karena akan membuat kulitku merasa "kencang" kalau aku tidak melakukannya. (JANGAN menaruh minyak esensial kedalam hidung! Tidak hanya sangat menyakitnya, minyak itu dapat merusak membran mukus dan secara permanen menghancurkan indra penciumanmu.)

  • Hot Pack:
    Menaruh handuk basah (sepanas yang bisa kamu tahan) disekiatr sinusmu beberapa kali sehari (sekitar 10 menit) akan membantu memicu drainase. 

  • Hindari produk susu:
    Susu, keju, dll meningkatkan produksi mukus dan kemampatan. 

Sebagai tambahan, ada banyak herba yang dapat membantu. Lakukan penelitian, masukkan semua kemungkinan yang berhubungan dengan obat medis yang kamu ambil. Herba dalam dosis terapeutik dapat dan berhubungan dengan obat medis, makanan, suplemen, dan herba lainnya.


Disclaimer: Postingan disini tidak ditujukan sebagai saran medis. Smua saran harus didiskusikan dengan praktisi berkualifikasi (dokter) sebelum penggunakan.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang