Apakah pengobatan untuk konstipasi (sembelit) dan/atau ambeien (wasir) ?

Dilihat 3,26 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Konstipasi atau sembelit adalah salah satu jenis penyakit yang sangat umum yang terjadi di kalangan masyarakat. Tingkat keseriusan penyakit ini berbeda pada setiap penderitanya. Ada beberapa orang yang mengalami masalah ini dalam waktu yang singkat, akan tetapi ada juga sebagian orang yang mengalaminya dalam waktu jangka panjang atau kronis. Biasanya masalah sulit buang air besar jangka panjang akan menimbulkan rasa sakit serta rasa ketidaknyamanan yang dapat mengganggu dan mempengaruhi aktifitas anda sehari-hari. Pada umumnya kaum wanita akan lebih sering mengalami sembelit dibandingkan dengan laki-laki dan anak-anak juga yang lebih sering memiliki masalah ini dari pada orang dewasa.

Sembelit adalah permasalahan yang terjadi pada bagian organ pencernaan, dimana terjadi penurunan motilitas (pergerakan) usus. Kondisi tubuh yang mengalami sembelit akan mengalami kesulitan buang air besar. Normalnya, tinja yang terdapat di dalam usus akan didorong dengan kontraksi otot usus. Air dan garam pada usus besar  akan diserap kembali karena sangat penting bagi tubuh. pada saat usus besar menyerap terlalu banyak air, atau juga kontraksi dari otot usus besar melambat sehingga tinja akan menjadi keras dan kering. Maka pergerakan usus besarpun akan menjadi terlalu lambat. Kondisi sulit buang air besar dialami oleh banyak orang yang  kurang menjaga kesehatan pencernaannya dengan baik.



Gejala Konstipasi

Sembelit ditandai dengan tidak buang air besar selama berhari hari lamanya karena tidak ada rasa keinginan untuk buang air besar atau ketika ingin buang air besar, maka akan sulit untuk mengeluarkan feses dari dalam tubuh. Feses yang sulit dikeluarkan pada saat smbelit karena tekstur feses yang keras dan juga ukuran feses yang besar. Keadaan seperti itu terjadi karena dalam waktu yang lama tubuh tidak mengeluarkannya sehingga lama kelamaan menumpuk. Oleh karena itu akan semakin banyak feses atau kotoran di dalam tubuh yang tidak terbuang pada saat konstipasi. Sembelit tidak baik untuk kesehatan rektum, karena feses yang besar dan keras akan menekan pembuluh darah rektum yang akan menyebabkan penyakit ambeien apabila sering terjadi.


Gejala yang paling umum terjadi pada penderita sembelit yaitu  perut akan terasa penuh bahkan kaku dan susah buang air besar. Susah buang air besar yang biasanya dialami bagi penderita konstipasi yang disebabkan oleh feses yang mengeras yang terkadang bisa melukai dinding anus. Ciri ciri dari sembelit adalah selain adanya feses yang mengeras sehingga sulitnya pada saat membuang, terkadang juga terbentuknya feses yang berwarna tidak biasanya yaitu berupa kecokelatan. Gejala yang lain dirasakan seperti buang angin yang mengeluarkan bau menyengat dan perut yang terasa bunyi yang tidak seperti biasanya.


Nah, sudah tahukan apa itu sembelit yang menjadi keluhan banyak orang, jika anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi sembelit dengan menggunakan cara  yang benar, teruslah anda menyimak artikel berikut.


Faktor penyebab konstipasi


Terdapat  beberapa penyebab dan juga faktor risiko yang dapat mengakibatkan  sembelit, seperti yang diuraikan di bawah ini :

  • Kurangnya serat dalam tubuh
  • Kurangnya cairan dalam tubuh
  • Penggunaaan akan obat pereda nyeri dan anti depresan dalam jangka panjang
  • Pola buang air besar yang kurang baik
  • Stress
  • Kurang berolahraga
  • Mengkonsumsi secara berlebih minuman  yang mengandung alkohol dan cafein, coklat
  • Penggunaan pencahar secara berlebihan
  • Obesitas
  • Hipotiroid (tidak aktifnya kelenjar tiroid)
  • Diabetes yang tidak dikendalikan
  • Kehamilan dan persalinan
  • Terlalu banyak mengkonsumsi daging
  • Vitamin zat besi dan kalsium


Cara Mengatasi Sembelit


Bahaya yang dialami pada saat mengalami sembelit dapat  menyebabkan perut akan membesar dan kembung,  mengganggu kesehatan usus, hilangnya nafsu makan serta  dapat akan menyebabkan sakit perut yang akan membuat perut akan kram. Jika keadaan ini   dibiarkan beralut-larut dan  jika tidak segera ditangani dengan tindakan  yang tepat dan cepat dapat  menjadi semakin parah dan memicu timbulnya wasir atau ambeien

Jika  anda  mengalami sembelit (konstraksi otot-otot kolon melemah  atau sulit berkonstraksi secara normal) sebaiknya anda menemui dokter.  Terdapat  berbagai cara mengatasi sembelit, di samping mengkonsumsi obat yang akan membuat feses menjadi lunak sehingga feses dapat dikeluarkan dengan mudah, karena pemaksaan buang air besar (karena feses yang keras) dapat menyebabkan ambeien atau wasir.


  • Penuhi  kebutuhan serat tubuh
      

Kurangnya pola makan yang mengandung serat dan sering mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging, telur, keju dapat membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat. Memakan makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran  akan menyehatkan pencernaan dan juga akan membantu mengeluarkan feses yang terjebak di dalam tubuh dalam waktu yang lama. Untuk mendapatkan feses yang lembut di perlukan 20-35 gr serat setiap hari. Hindari memakan makanan yang mengandung protein tinggi tanpa diimbangi dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan serat.


  • Perbanyak minum air putih
                          

Air bagus untuk tubuh karena dapat mencegah kekeringan  pada kulit atau pun pada feses. Air putih akan mendorong feses yang keras dan yang sulit untuk di buang. Minumlah air putih 8 gelas sehari, karena kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan feses menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan.


  • Kurangi penggunaan obat-obatan kimia

Banyak orang mengalami sembelit sebagai akibat dari  penggunaan obat pereda nyeri dalam jangka panjang. Kurangi penggunaan obat kimia, usahakan gunakan obat herbal agar tidak menimbulkan efek samping pada tubuh. Sembelit  juga terkait dengan anti-depresan golongan serotonin reuptake inhibitir, obat maag yang mengandung aluminium hidroksida dan kalsium hidroksida, obat antispasmodic, suplemen zat besi dan obat tertentu lainnya.


  • Tidak menahan buang air besar

Jika rasa alami ingin buang air besar datang segera lakukan untuk mencegah fases mengering. karena jika fases mengering akan sulit untuk dikeluarkan. Biasakanlah buang air besar pada jam dan waktu yang sama setiap hari atau lebih baik lagi jika buang air besar  dilakukan setelah makan.


  • Menjaga kesehatan mental 
            

Gangguan kesehatan mental berupa stress atau rasa cemas dapat menyebabkan sembelit karena hal tersebut akan menurunkan fungsi organ tubuh. Oleh karena itu kelolalah stress dengan baik agar tidak  menghambat proses buang air besar, alihkan stress dengan kegaiatan yang positif sehingga tubuh tetap sehat.


  • Olahraga

Lakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari. Dengan melakukan olah raga secara rutin yang juga diimbangi dengan mengkosumsi air putih 8 gelas setiap hari, dapat memicu keinginan untuk melakukan buang air besar. Kurang olah raga dapat menyebabkan organ tubuh akan mengalami penurunan fungsinya sehingga dapat menyebabkan sembelit.

  • Kurangi  mengkonsumsi coklat dan minuman alkohol dan kafein

Meminum satu gelas kopi, teh atau alkohol harus diimbangi dengan meminum segelas air (di luar dari 7-8 gelas setiap hari). Minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat menyebabkan kecing lebih sering yang dapat mengakibatkan berkurangnya air untuk menjaga agar feses tetap lembut.  Juga kurangi konsumsi cokelat secara berlebih karena cokelat bisa menyebabkan sulitnya buang air besar.


  • Pencahar

Pencahar diberikan hanya bila cara mengatasi sembelit yang telah disebutkan di atas tidak berhasil. Pencahar maksimal digunakan selama tujuh hari secara berturut-turut. Hindari penggunaan pencahar untuk waktu jangka panjang karena hal tersebut dapat mengakibatkan ketergantungan dan dapat menghilangkan kemampuan untuk dapat buang air besar secara normal. Hindari penggunaan  obat pencahar yang diminum bagi ibu hamil.



Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Gangguan susah buang air besar juga dapat dialami oleh bayi. Ketika menghadapi masalah seperti ini, biasanya para orang tua akan panik dan khawatir. Namun, anda jangan merasa khawatir, karena dengan terus membaca artikel ini anda akan memilik informasi  yang cukup  bagamana cara mengatasi sembelit pada bayi.

Ketika bayi anda mengalami konstipasi, anda jangan merasa panik karena terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan agar bayi anda bebas dari gangguan pencernaan yang satu ini.  Berikut penjelasannya :

  • Obat pencahar alami   

Buah plum, apel,  pir, persik, kacang polong, dan bayam dikenal dapat mengobati sembelit secara alami pada bayi. Senyawa yang terkandung dalam buah  tersebut dapat melunakkan tinja jika dberikan pada bayi secara teratur. Anda dapat mencoba mengambil air dari buah pir kemudian memberikan dua sampai tiga sendok jus buah pir tersebut atau dengan merendam buah plum dengan air panas, biarkan semalaman kemudian minumkan satu sendok teh air rendaman buah plum tersebut pada bayi sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi.


  • Pengobatan melalui ASI

Bayi dapat merasakan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya melalui ASI yang diminumnya. Sehingga ibu perlu meningkatkan asupan air minumnya hingga 6 atau 7 gelas air mineral setiap hari. Ibu juga perlu mengambil obat pencahar alami seperti jus apel atau buah plum. Selain itu Anda perlu menambah asupan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan agar pencernaan bayi lancar dan terhindar dari sembelit.


  • Berikan cukup serat

Jika bayi Anda sudah mulai menerima makanan padat dan memiliki sistem pencernaan yang aman untuk makan, maka berikan sumber serat yang sehat. Anda dapat mencoba memberikan beberapa makanan yang mengandung serat tinggi seperti beras merah, wortel, brokoli dan jeruk.  Perhatikan untuk memasak semua sayuran ini dengan baik. Hindari memberikan bahan tambahan seperti garam secara berlebihan yang bisa membuat perut bayi kurang sehat.


  • Hindari makanan tertentu untuk bayi

Meskipun beberapa makanan lembut dan aman untuk bayi, namun beberapa jenis makanan dapat menyebabkan sembelit. Makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi yang sedang sembelit adalah seperti pisang, nasi puth, telur dan roti. Jika bu memberikan ASI, maka makanan tersebut sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh ibu secara berlebihan.


  • Memijat perut bayi
Pijatan lembut pada bagian perut juga merupakan cara mengatasi sembelit pada bayi. Lakukan pijatan menggunakan tiga jari utama Anda, kemudian tekan lembut pada bagian bawah pusar, kiri bawah pusar dan lakukan gerakan memutar dari atas ke bawah. Berikan tekanan yang lembut saat memijat dan jangan terlalu keras. Jika perlu gunakan minyak telon atau minyak penghangat lain kemudian mandikan bayi dengan air hangat. Hal ini dapat membuat tubuh bayi menjadi relaks dan panas sehingga memperlancar kembali pencernaan dan pembuangan tinja yang terhambat. Lakukan pijatan selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

  • Latihan kaki                                                                                               Bantu bayi untuk melakukan latihan ringan dengan membaringkannya dan membuat bayi bergerak menendang-nendang seperti sedang bersepeda. Hal ini dapat membantu melonggarkan gesekan pada saluran usus dan baik untuk mengurangi gas.

    


Itulah penjelasan tentang masalah, penyebab serta  juga cara mengatasi sembelit  yang dapat anda pelajari, sehingga apabila anda ataupun salah satu keluarga anda mengalaminya, akan segera dapat diatasi dengan mudah. Pada prinsipnya sebagaian besar sembelit  terjadi karena pola makan dan gaya hidup yang tidak teratur, namun perlu diwaspadai kondisi  sembelit  serius memerlukan penanganan medis lebih lanjut. Dampak sembelit  dapat menurunkan kemampuan kerja organ tubuh dan jika dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan wasir bahkan kanker kolon. Oleh sebab itu, Anda harus dapat  menjaga kondisi kesehatan tubuh serta asupan makanan yang baik dan sehat, agar tidak mudah mengalami penyakit ini. Yang intinya, penyakit ini dapat menjadi berbahaya dan dapat  menyebabkan penyakit lain, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat




Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang